PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh model (ARIAS) berbantuan video animasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Posttest-Only Design.. Sampel dalam penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas VIII/C dan kelas VIII/D yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Analisis tes kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan uji t dan data diolah menggunakan software SPSS 29, kemudian data diolah menggunakan Software SPSS 29. Sesuai dengan kriteria pengujiannya adalah jika nilai sig.< 0,05 maka 𝐻𝑜 ditolak. Berdasarkan hasil signifikan statistic equal variances assumed adalah 0,011 lebih kecil dari 0,05, maka 𝐻𝑜 ditolak dan terima 𝐻a. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model (ARIAS) berbantuan video animasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Keywords
Model (ARIAS) Berbantuan video animasi, Kemampuan pemecahan masalah matematis
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i2.13768
Article Metrics
Abstract Views : 183 timesPDF Downloaded : 53 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Hilma Shalihat, Hayatun Nufus, Fitri Ayu Ningtiyas, Mutia Fonna, Aklimawati Aklimawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats