PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Hilma Shalihat, Hayatun Nufus, Fitri Ayu Ningtiyas, Mutia Fonna, Aklimawati Aklimawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh model (ARIAS) berbantuan video animasi terhadap kemampuan pemecahan masalah  matematis siswa. Penelitian ini menggunakan  pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Posttest-Only Design.. Sampel dalam    penelitian  ini diambil dua kelas yaitu kelas VIII/C dan  kelas VIII/D yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Analisis tes kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan uji t dan data diolah menggunakan software SPSS 29, kemudian data diolah menggunakan Software SPSS 29. Sesuai dengan kriteria pengujiannya adalah  jika nilai sig.< 0,05 maka 𝐻𝑜 ditolak. Berdasarkan hasil signifikan statistic equal variances assumed adalah 0,011  lebih kecil dari 0,05, maka 𝐻𝑜 ditolak dan terima 𝐻a. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model  (ARIAS) berbantuan video animasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Keywords


Model (ARIAS) Berbantuan video animasi, Kemampuan pemecahan masalah matematis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i2.13768

Article Metrics

 Abstract Views : 115 times
 PDF Downloaded : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hilma Shalihat, Hayatun Nufus, Fitri Ayu Ningtiyas, Mutia Fonna, Aklimawati Aklimawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats