PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKA-TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKAPADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Authors

  • Riska Kumala Sari Department of Mathematics Education, Universitas Malikussaleh, Indonesia
  • Maryana Maryana Department of Mathematics Education, Universitas Malikussaleh, Indonesia
  • Haves Qausar
  • Fajriana Fajriana Department of Mathematics Education, Universitas Malikussaleh, Indonesia
  • Yeni Listiana Department of Mathematics Education, Universitas Malikussaleh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i2.13259

Keywords:

Hasil Belajar Matematis Siswa, Media Pembelajaran, Media Teka-Teki Silang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Teka-Teki Silang materi Bangun Ruang Sisi Datar kelas VIII MTsS Darul Falah. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek peneliti ini adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-B MTsS Darul Falah yang berjumlah 25 orang. Kelayakan media pembelajaran merujuk pada hasil penilaian ahli media dan ahli materi. Kelayakan terlihat dari hasil penilaian produk oleh ahli media sebesar 82% dengan kategori sangat layak, hasil persentase penilaian produk oleh ahli materi sebesar 86% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penilaian produk oleh semua validator yang menyatakan layak maka media pembelajaran Teka-Teki Silang yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria layak digunakan untuk siswa kelas VIII MTsS Darul Falah. Keefektifan penggunaan produk terlihat dari hasil ketuntasan belajar siswa melalui posttest. Produk yang dihasilkan efektif dalam hasil belajar matematis siswa kelas VIII MTsS Darul Falah, terbukti nilai persentase posttest sebesar100%. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan terlihat bahwa produk media pembelajaran Teka-Teki Silang yang dikembangkan pada materi Bangun Ruang Sisi Datar layak dan efektif digunakan dalam hasil belajar matematis siswa kelas VIII MTsS Darul Falah.

References

Damayanti, N. (2018). Pengembangan Buku Saku Berbasis Problem Based Learning untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Pertama Negeri 13 Kota Jambi. Skripsi. Jambi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin. .

Depdiknas. (2004). Kerangka Dasar Kurikulum 2004, Jakarta

Fadieny, N., Widya, W., Andriani, R., & Hidayat, A. T. (2023). Efektivitas Modul Elektronik Fisika Berbasis Experiential Learning Berbantuan Smartphone terhadap Peningkatan Kompetensi peserta Didik. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 13(2), 486-494.

Irdam Idrus, & Sri Irawati. (2019). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa-Biologi. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.532

Listiana, Yeni, Wulandari Wulandari, Aklimawati Aklimawati, And Erna Isfayani. (2022). Pengembangan Modul Berbantuan Software Geogebra pada Mata Kuliah Kalkulus Integral. Jurnal Math Education Nusantara. 5(1): 72-74

Maesyarah, I. A. (2018). Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis powtoon pada materi dinamika untuk SMA Kelas X (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Mustofa, S. S. & Abdullah, M. H. (2017). Penggunaan Media Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas VSdn Songgokerto 01 Batu. Jurnal PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya, Volume 05, No 03 Tahun 2017 .

Pane, A. & M. D. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman.03:(2). 378-345. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Riyani, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Teka Teki Silang Materi Alat Gerak Dan Fungsinya Pada HewanUntuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi. Kediri: Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Widoyoko, E. P. (2009). Analisis pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Umpwr, 5(2), 1-16.

Yumila, R., Megasyani, A., & Yanti, I. R. (2017). Pengaruh Penerapan Teka-teki silang Dalam Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI MIPA SMAN 14 Padang. Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains, 3 (2), 75- 86. https://doi.org/https://doi.org/10.22202/jrfes.2017.v3i2.2501

Zulfajri, M., & Amelia, R. (2016). Pengaruh Model Discovery learning Dengan Media Teka-Teki Silang Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Koloid. Jurnal Edukasi Kimia, 1(1), 12-18.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Sari, R. K., Maryana, M., Qausar, H., Fajriana, F., & Listiana, Y. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKA-TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKAPADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 3(2), 121–131. https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i2.13259