Pengaruh Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa

Khairun Amalia, Rohantizani Rohantizani, Zainul Mujtahid, Mutia Fonna, Nur Elisyah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu permasalahan yaitu rendahnya kemampuan literasi matematis siswa. Dengan demikian akan diberikan solusi dengan menerapkan model pembelajaran Means-Ends Analysis. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Means-Ends Analysis terhadap kemampuan literasi matematis siswa pada materi barisan dan deret di kelas XI MAS Ulumuddin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Desain dengan rancangan penelitian The Non-Equivalent Posttest-Only Control Group Design. Adapun populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MAS Ulumuddindengan jumlah keseluruhan siswa yaitu 78 siswa. Sedangkan sampelnya yaitu siswa kelas XI.E sebagai kelas eksperimen sebanyak 25 siswa dan siswa kelas XI.D sebagai kelas kontrol sebanyak 22 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Adapun dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan literasi matematis siswa. Analisis data yang digunakan untuk tes kemampuan literasi matematis siswa menggunakan uji non parametrik Mann-Whitney karena salah satu data tidak berdistribusi normal, dan data diolah menggunakan SPSS 24. Hasil dari rataan nilai tes kelas eksperimen adalah 25,40 dan rataan nilai tes kelas kontrol adalah 19,14. Berdasarkan hasil darisignifikan statistik (Mann-Whitney) dengan nilai asymp sig (2-tailed) yaitu 0,000 lebih kecil dari 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Means-Ends Analysis terhadap kemampuan literasi matematis siswa pada materi barisan dan deret di kelas XI MAS Ulumuddin.

Keywords


Barisan dan deret; kemampuan literasi matematis; Means-Ends Analysis

Full Text:

PDF

References


Asih, N., & Ramdhani, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Means End Analysis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 435–446. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.534

Auliya, L. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Matematis Berbasis Budaya Betawi untuk Siswa SMP/MTs. (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Jannah, M. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Means-Ends Analysis (MEA) untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Barisan dan Deret. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Hewi, L. & Shaleh, M. (2020). Refleksi hasil PISA (The Programme For International Student Sssesment): Upaya perbaikan bertumpu pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4 (01), 30–41. https://doi.org /10.33387/dpi.v9i2.2276

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Marhami. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif terhadap Kemampuan Pemahaman Relasional dan Komunikasi Matematis serta Self-Regulation Siswa SMP. Tesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

OECD. (2018). PISA 2021 mathematics framework.

Shoimin, A. (2016). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukawati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) Terhadap Kemampuan Numerik Ditinjau dari Intelligence Quotient (IQ) Siswa. (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematis, 9(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.605

Suyanto & Gio, P. U. (2017). Statistika Nonparametrik dengan SPSS, Minitab, dan r.

Wahyuni, T. (2021). Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Memecahkan Masalah Barisan dan Deret Geometri Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa di Ma’Arif Udanawu Blitar.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i2.13225

Article Metrics

 Abstract Views : 191 times
 PDF Downloaded : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Khairun Amalia -

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats