Analisis kesalahan siswa SMP Negeri 1 Bandar Dua Dalam Menyelesaikan Soal Teorema Phytagoras

Rahmatul Ulia, Maryana Maryana, Nur Elisyah, Rohantizani Rohantizani, Wulandari Wulandari

Abstract


Abstrak

Rendahnnya kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika pada materi Teorema Phytagoras. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan peserta didik dan untuk mengetahui penyebab tejadinya kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal matematika materi Teorema Phytagoras. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes, dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Bandar Dua yang berjumlah 19 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan presentase soal matematika terkait materi Teorema Phytagoras berdasarkan prosedur Newman adalah: (a) presentase kesalahan membaca tertinggi sebesar 33% yaitu peserta didik tidak dapat memaknai kata, istilah atau simbol dalam soal, (b) Presentase kesalahan memahami tertinggi sebesar  41% yaitu peserta didik tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanya pada soal (c) Presentase kesalahan transformasi tertinggi sebesar 46% yaitu peserta didik tidak menuliskan  model  matematika atau rumus dalam menyelesaikan soal, (d) Presentase kesalahan ketrampilan proses tertinggi sebesar 34% yaitu peserta didik tidak dapat melakukan perhitungan dalam menyelesaikan soal sama sekali, dan (e) presentase kesalahan penulisan jawaban akhir tertinggi sebesar 61% yaitu peserta didik tidak dapat menuliskan kesimpulan jawaban sama sekali. Penyebab kesalahan peserta didik adalah kurang teliti membaca soal serta kurang teliti dalam menggunakan simbol, tidak memiliki kemampuan menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dalam soal dengan benar, tidak minat dalam pelajaran matematika, tidak paham dengan materi yang diujikan, tidak paham dengan rumus yang digunakan, buru-buru dalam menuliskan jawaban, tidak terbiasa menyimpulkan jawaban.

 

Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Prosedur Newan, Teorema Phytagoras.


Keywords


Analisis; Kesalahan Prosedur Newan; Teorema Phytagoras

Full Text:

PDF

References


Ayuiwirdayana,C.(2019). Analisis Keisalahan Siswa Dalam Meinyeileisaikan Soal Ceirita Mateimatika Beirdasarkan Proseiduir Neiwman Di MTsN 4 Banda Aceih. (Skripsi). Uiniveirsitas Islam Neigeiri Ar- Raniry.

Cahyani, C. A., & Suitriyono. (2018). Analisis Keisalahan Siswa Dalam Meinyeileisaikan Soal pada Mateiri Opeirasi Puinjuimlahan dan Peinguirangan Beintuik Aljabar Bagi Siswa Keilas VII SMP Kristein 2 Salatiga. JTAM: Juirnal Teiori dan Aplikasi Mateimatika, 2(1):26-30 (DOI:http://doi.org/10.31764/jtam.v2il.257)

Damayanti, N. (2018). Eifeiktivitas Strateigi Peimbeilajaran Individuial Meilaluii Onlinei (Daring) Dan Keimandirian Beilajar Peiseirta Didik. Uiniveirsitas Peindidikan Indoneisia.

Dila, O. R, &Zanthy, L.S (2020). Ideintifikasi Keisuilitan Siswa Dalam Meinyeileisaikan Soal Aritmatika Sosial. Teioreima: Teiori dan Riseit Mateimatika, 5 (1): 17-26.

Eilisyah, N., Zahra, A., & Astuiti, W, 2023. Peimbeilajaran Seigitiga dan Seigieimpat Beirbasis Peindidikan Mateimatika Ralistik Indoneisia (PMRI) deingan Konteiks Keirtas Origami. Juirnal Ceindikia: Juirnal Peindidikan Mateimatika, Vol. 07, No. 2

Hoar, A, Y., Amsikan, S., & Nahak, S, 2021. Analisis Keisalahan Siswa Dalam Meinyeileisaikan Soal Ceirita Peirbandingan, Juirnal Ilmui Peindidikan Mateimatika, Vol 6, No 1 Hal 01.doi: https://doi.org/10.32938/jipm.6.1.2021.1-7

Jaya, A R. (2019) Analisis Keisalahan Siswa Dalam Meinyeileisaikan Soal Ceirita Himpuinan Ditinjaui Dari Taksonomi Solo Pada Siswa Keilas VII MTsN Suirakarta tahuin 2018/2019. (Skripsi). Uiniveirsitas Muihammadiyah Suirakarta .https://eiprints.uims.ac.id/70919

Karnasih, I. (2019). Analisis keisalahan Neiwman pada soal ceirita mateimatis (Neiwmans eirror analysis in matheimatical word probleims). Juirnal Paradikma (Onlinei) Vol. 8 No. 01

Kuirnia, L., & Yuispriyati, D. N. 2020. Analisis Keisuilitan Siswa SMP Dalam Meinyeileisaikan Soal Aritmatika Sosial Beirdasarkan Analisis Neiwman. Juirnal Matheimatics Paeidagogic, 4(2).

Kuirniawan, A., & Fitriani, N. (2020). Analisis keisalahan siswa dalam meinyeileisaikan soal aritmatika sosial. Jouirnal on Eiduication, 2(2), 225-232. DOI: https://doi.org/10.31004/joei.v2i2.308

Marpauing, N R. (2018). Analisis Keisalahan Siswa Dalam Meinyeileisaikan Soal Mateimatika Di MTs Swasta Aisyiyah Suimateira Uitara. (Skripsi). Uiniveirsitas Islam Neigeiri Suimateira Uitara, Meidan. (http://reipository.uiinsui.ac.id/id/sprint/5672)

Suigiyono. (2018). Meitodei Peineilitian Kombinasi (Mixeid Meithods). Banduing: CV

Alfabeita.

Uitami, L. (2016). Analisis Keisuilitan Siswa Keilas VII Dalam Meinyeileisaikan Soal Opeirasi Hituing Bilangan dan Soluisi peimeicahannya.KNPMPI




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i2.12794

Article Metrics

 Abstract Views : 149 times
 PDF Downloaded : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rahmatul Ulia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats