Pengaruh Pendekatan Model Eliciting Aktivities Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gender

Ade Rahayu, Hayatun Nufus, Yulia Zahara, Rohantizani Rohantizani, Mursalin Mursalin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan model eliciting aktivities terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa ulasan dari gender pada siswa SMA Negeri 1 Lhokseumawe. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan adalah non-equivalent posttest only control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X dengan sampel yang dipilih 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian adalah kelas X8 sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data adalah tes kemampuaan komunikasi matematis siswa.Dari hasil analisis data posttest yang diuji menggunakan uji non parametrik Mann Whitney dengan bantuan software IBM SPSS 25, diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,078 > 0,05 berarti Ho diterima. Maka tidak terdapat pengaruh pendekatan MEA terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa review dari gender pada siswa SMA Negeri 1 Lhokseumawe dan hasil pengujian product moment memperoleh nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,695 > 0,005 berarti Ho diterima, maka tidak terdapat hubungan antara pendekatan MEAs dan gender terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMA Negeri 1 Lhokseumawe.


Keywords


Gender; Kemampuan Komunikasi Matematis; Model Eliciting Activities (MEAs)

Full Text:

PDF

References


Akhmad, G. P. A., & Masriyah. (2014). Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel Di Kelas VII-A SMP Neger 1 Lamongan. 3(2), 97–102.

Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Anggralia, R., Deswita, R., Erita, S., Habibi, M., & Putra, A. (2019). Pengaruh Pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. 09(02), 40–48.

Budiman, H., & Syayyidah, K. N. (2018). Penerapan Pembelajaran Model Eliciting Activities ( MEAS ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa.

Darkasyi, M., Johar, R., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. 21–34.

Firawati, N. Al. (2019). Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Statistika Ditinjau dari Perbedaan Gender Di SMP Negeri 5 Pallangga. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Gafur, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Problem Solving Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Daei Gender. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

Hanipah, N., Yuliani, A., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Berfikir Kreatif Matematika Siswa MTs Pada Materi Lingkaran. 7(1).

Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. 7(1).

Juniantari, M., Sukajaya, I. N., & Wulandari, L. P. E. R. (2019). Pengaruh Penerapan Model Eliciting Activities Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. 3, 9–14.

Martinah, A. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran MASTER (Motivating, Acquiring, searching, Triggering, Exhibiting, And Reflecting) Terhadap Literasi Matematis Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Nugraha, T. H., Nindiasari, H., & Syamsuri. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Berdasarkan Gender. 4(1), 16–27.

Pane, N. S., Jaya, I., & Lubis, M. S. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Penyajian Data Di Kelas VII MTs Islamiyah Medan T.P 2017/2018. 97–109.

Purwanto, N. (2010). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Susanti, A., & Janattaka, N. (2020). Analisis Keterampilan Guru Dalam Mengadakan Variasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 SDN 1 Gondang Kabupaten Tulungagung. VI(1), 51–62.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i2.12655

Article Metrics

 Abstract Views : 195 times
 PDF Downloaded : 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ade Rahayu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats