PERBANDINGAN MODEL TREFFINGER DAN QUICK ON THE DRAW DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa antara yang mendapatkan perlakuan dengan model pembelajaran treffinger dan model pembelajaran quick on the draw. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji non parametrik. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 adalah 69,04 dan 56,09 dengan standar deviasi 26,834 dan 24,678. Berdasarkan kriteria uji non parametrik jika nilai signifikan < 0,05 maka H0 ditolak. Hasil pengujian mann whitney dengan nilai signifikan < 0,05 terhadap nilai posttest diperoleh nilai Asymp.sig.(2-tailed) sebesar 0,024 Hal ini berarti bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model pembelajaran treffinger lebih baik dari pada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model pembelajaran quick on the draw.
Keywords
References
Delpdiknas. (2006). Pelrmelndiknas Nolmolr 22 Tahun 2006 Telntang Standar Isi Selkollah Melnelngah Atas. Jakarta: Delpdiknas.
Karimah, F., I., Abidin, Z., & Fuady, A. (2019). Kemampuan Komunikasi Metematis Tulis Siswa Kelas VII Pada Materi Perbandingan Melalui Model Pembelajaran Quick On The Draw. JP3, 14(7), 22–27.
Kartika, Y. (2018). Analisis Kelmampuan Pelmahaman Kolnselp Matelmatis Pelselrta Didik Kellas VII SMP Pada Matelri Belntuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 777-785.
Manul, M. G., Susilo, D. A., & Fayeldi, T. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal SPLDV Kelas X. RAINSTEK (Jurnal Terapan Sains & Teknologi). 1(4), 45–53.
https://doi.org/10.21067/jtst.v1i4.3655
Marhami. (2016). Pelngaruh Stratelgi Pelmbellajaran Kolnflik Kolgnitif Telrhadap Kelmampuan Pelmahaman Rellasiolnal dan Kolmunikasi Matelmatis Selrta Sellf-Relqulatioln Siswa SMP. Telsis. Bandung : Univelrsitas Pelndidikan Indolnelsia.
Olctariantari, El., D., Fitriani, S., & Aisyah, (2019). Pelrbandingan Kelmampuan Pelmahaman Kolnselp Matelmatis Siswa Melnggunakan Moldell Pelmbellajaran Trelffingelr Delngan Moldell Pelmbellajaran Langsung Pada Siswa Kellas VIII SMP Nolmmelnseln Kolta Jambi. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 25–29.
http://dx.doi.org/10.33087/phi.v3i1.60
Pratama, S., Rusman, T., & Winatha, I., K. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Model Core, Treffinger dan Scramble Siswa Kelas XI IPS. Economic Education and Entrepreneurship Journal, 3(1), 89–99.
http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/49745
Rudi, Murdani El., & Mariyam, (2019). Pelngaruh Moldell Pelmbellajaran Think Pair Sharel Telrhadap Kelmampuan Pelmahaman Kolnselp Matelmatis Siswa Kellas VII MTs Yasti Shalahuddin Singkawang. Journal of Educational Review and Research, 2(1), 27–34. http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1681
Safitri, P., T. (2018). Pelrbandingan Kelmampuan Pelmelcahan Masalah Matelmatis Siswa SMP Yang Melmpelrollelh Moldell Pelmbellajaran Quick Oln Thel Draw Dan Trelffingelr. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 1(1A), 325–331.
https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2157
Shoimin, A. (2022). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: ArRuzz Media.
Simanjuntak, F., E., Erviyenni, & Noer, A., M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Tipe Treffinger Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga. Jurnal Pembelajaran Kimia, 4(3), 81–87.
http://dx.doi.org/10.17977/um026v4i22019p081
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tampubolon, C. (2018). Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kraetif Siswa di Kelas X SMA Negeri 2 Siabu. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 1(2), 91–100.
https://www.journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/559
Wiratama, W., M., P. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Quick on The Draw. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 187–197.
https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p187-197
Zulmaulida, R. (2022). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Quick On The Draw Dan Dreadlines Pada Materi Operasi Aljabar Bentuk Akar. Jurnal Pemikiran Pendidikan, 12(1), 1-6.
https://doi.org/10.54604/tdb.v12i1.96
DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i1.12528
Article Metrics
Abstract Views : 133 timesPDF Downloaded : 12 times PDF Downloaded : 13 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 sadriaton muliana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats