Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Siti Maryam, Mutia Fonna, Marhami Marhami, Nuraina Nuraina, Aklimawati Aklimawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemahaman konsep maematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen design dengan menggunakan rancangan penelitian the nonequivalent posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Gandapura. Adapun yang menjadi sampelnya yaitu siswa kelas VIII/a sebagai kelas eksperimen sebanyak 24 siswa dan VIII/b sebagai kelas control sebanyak 21 siswa dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Analisis data yang dilakukan untuk tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang digunakan yaitu uji non parametrik dikarenakan salah satu data yang di uji berdistribusi tidak normal dengan nilai signifikan kelas eksperimen 0,001 dan kelas control 0,133. Uji non parametrik yang digunakan yaitu uji mann whitney U test menggunakan software SPSS 22, berdasarkan analisis data di peroleh hasil pengujian data 0,000. Maka sesuai dengan kriteria pengujiannya yang berarti  di tolak dan  diterima dikarenakan nilai signifikannya kurang dari 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.


Keywords


Problem Based Learning (PBL), kemampuan pemahaman konsep matematis

Full Text:

PDF

References


Abiyasa, P.K. Yulianto, Y. R. D, dan Pratini, S. H. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Pada Materi SPLDV Dengan Ilustrasi Kegiatan Jual Beli Pakaian Adat. Proiding Seminar Nasional Etnomatematika.

Ditasari, D. D., Ulya. H., Wana buliandasari. S. (2022). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Core. Jurnal ilmu sosial dan Pendidikan.

Fitaloka, R. D., Netriwati., Fadila.A (2022). “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Metakognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Matematis”. Journal Of Research Mathematics Education Vol. 5 No.2.

Hadi. S., Novaliyosi (2019). TIMSS Indonesia (Trends In International Mathematic And ScienceStudy).JurnalUnsil,1:563,(Https://Jurnal.Unsil.Ac.Id/Index.Php/Sncp/Article/Viewfile/1096/754)

Hidayat, R., Dan Nurrohmah. (2016). Analisis Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Mts Lewat Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. 9(1):12.

UU Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003.Sistem pendidikan nasional. (https://pusdiklat.perpusnas.go.id).

Wahyuni. S., Rahmadhani. E., (2020). “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dengan Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Geogebra”. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Volume 3. No. 6.

Wahyuni. F.T., Sholichah. N.M., (2022), “Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Kahoot Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI MA Mu’allimat Nu Kudus”.Jurnal Pendidikan Indonesia.Volume 2, No. 2.

Yunita., Santoso, F. G. I. (2019). “Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Active Knowledge Sharing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Kelas XII”.Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika. Volume 5, No.1.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i1.11350

Article Metrics

 Abstract Views : 524 times
 PDF Downloaded : 116 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Siti Maryam, Mutia Fonna, Marhami Marhami, Nuraina Nuraina, Aklimawati Aklimawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats