ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI BENTUK ALJABAR PADA SISWA SMP KELAS VII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami oleh siswa kelas VII pada materi Bentuk Aljabar, dan serta penyebab kesulitan yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal-soal Aljabar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 sebanyak 35 orang siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes essay. Kemudian dilakukan analisis jawaban siswa tentang kesulitan yang dihadapi siswa dan wawancara digunakan untuk mengetahui penyebab kesulitan yang dialami siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa MTsNĀ masih banyak yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal bentuk aljabar yaitu dari 35 siswa yang diteliti 40,41% siswa mengalami kesulitan memahami konsep, 15,41% siswa mengalami kesulitan memahami prinsip, dan 13,65% siswa mengalami kesulitan verbal. Penyebab kesulitan yang dialami siswa tersebut adalah karena: 1) materi yang sulit dipahami; 2) pemahaman konsep dasar bentuk aljabar yang masih rendah; 3) kemampuan siswa yang rendah; 4) kurangnya latihan pengerjaan soal aplikasi bentuk aljabar; 5) jarak pemberian tes dengan pemberian materi; dan 6) metode penyampaian materi yang tidak sesuai.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hasibuan, I. 2015. Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar di Kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Peluang, Vol. 4, No.1, hal 5-11.
Nasution, Andi Hakim .1982. Landasan Matematika, Bhratara, Jakarta.
Sabri, M. Alisuf. 2007. Psikologi Pendidikan Berdasarkan Kurikulum Nasional IAIN Fakultas Tarbiyah, Jakarta: CV. Pedoman Ilmu Jaya,
Setiawan, W. 2015. P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi, 2(1)
Sholeh, M. 1998. Pokok- pokok Pengajaran Matematika di Sekolah, Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI,
Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Soejono. 1984. Diagnosis Kesulitan dan Pengajaran Remedial Matematika. Jakarta: Depdikbud.
Warkitri, Dkk. 2010. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar. Jakarta: Karunika
DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i1.11177
Article Metrics
Abstract Views : 973 timesPDF Downloaded : 221 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Erna Isfayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats