PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR

Rahmatillah Rahmatillah, Hayatun Nufus, Wulandari Wulandari, Nuraina Nuraina, Yeni Listiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan representasi matematis siswa pada materi limit fungsi aljabar di kelas XI MAN Lhokseumawe. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, sehingga data yang diperoleh berupa angka. Adapun desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah the nonequivalent posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN Lhokseumawe dengan sampel yang dipilih 2 kelas dari 6 kelas yang tersedia. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional dan kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching. Soal posttest sebanyak 6 butir soal uraian diberikan kepada 28 siswa di kelas eksperimen dan 30 siswa di kelas kontrol di MAN Lhokseumawe. Data yang diperoleh dari hasil posttest dianalisis dengan uji normalitas data selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji non parametrik Mann Whitney karena data tidak berdistribusi normal, dilakukan uji tersebut adalah untuk melihat adanya pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan representasi matematis siswa pada materi limit fungsi aljabar secara signifikan. Dari hasil analisis dan data nilai posttest yang diuji menggunakan uji non parametrik Mann Whitney dengan bantuan software IBM SPSS 25 diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan dari penggunaan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan representasi matematis siswa pada materi limit fungsi aljabar.


Full Text:

PDF

References


Aisyi, U. (2020). Pengaruh Penerapan Model Reciprocal Teaching Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Jambi. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin, Jambi.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Atika, F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Thingking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Berbantuan Software Autograph Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Kelas VIII.

Bepi, M. (2013). Pengaruh Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Komunikasi Matematika Siswa Pada Sekolah Menengah Pertama. STAIN MALIKUSSALEH.

Damayanti, R. (2016). Penggunaan Quantum Teaching Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII Smp Negeri 7 Lhokseumawe. STAIN Malikussaleh, Lhokseumawe.

Hwang, W. Y., Chen, N. S., Dung, J. J., & Yang, Y. L. (2007). Multiple representation skills and creativity effects on mathematical problem solving using a multimedia whiteboard system. Educational Technology and Society, 10(2), 191–212.

Munandar, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Siswa MTs. UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Wirdaturrahmah. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. In Skripsi.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i1.11125

Article Metrics

 Abstract Views : 244 times
 PDF Downloaded : 85 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hayatun Nufus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats