PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 SYAMTALIRA BAYU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matematika berbasis Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan literasi matematis siswa SMA pada materi barisan dan deret aritmatika. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, model ADDIE terdiri dari 5 tahapan, yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrument pengumpulan data pada penelitian pengembangan ini adalah angket, yaitu angket validasi dosen ahli, guru ahli materi, dan angket respon siswa. Data kuantitatif diperoleh dari skor angket sedangkan data kualitatif diperoleh dari kritik dan saran validator. Berdasarkan hasil validasi dari dosen ahli diperoleh rata-rata presentase sebesar 79,8% dengan kategori “layak”, hasil validasi guru ahli materi diperoleh nilai rata-rata sebesar 89,7% dengan kategori “sangat layak”, hasil respon uji coba kelompok kecil diperoleh nilai rata-rata 80,8% dengan kategori “praktis” dan hasil respon uji coba kelompok besar diperoleh nilai rata-rata sebesar 89,6% dengan kategori “sangat praktis”. Jadi dapat disimpulkan bahwa modul matematika berbasis RME terhadap kemampuan literasi matematis siswa layak dan sangat praktis digunakan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, M. (2013). Pembelajaran Matematika SD/MI. Benteng Media.
Branch, R. . (2010). Intructional Desaign: The ADDIE appoarch. Springer Science +Business Media, LLC 2009.
Darmiatun, S. (2013). Menyusun Modul bahan Ajar Untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Gava Media.
Fauzi, M. (2013). Ragam Metode Mengajarkan Eksakta pada Murid. Diva Press.
Hilaliyah, N., Sudiana, R., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Modul Realistic Mathematics Education Bernilai Budaya Banten untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Didaktik Matematika, 6(2), 121–135. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i2.13359
Listiana, Y. (2018). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis dan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.54314/jmn.v1i1.1
Nirmalasari. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Islam pda Materi Himpunan Kelas X SMA Pesantren Modern Datok Sulaiman (PMDS) Putri Palopo. IAIN Palopo.
OECD. (2017). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy.
Putri, D. A., Susanti, V. D., & Apriandi, D. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Rme Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas Xi Smk. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 138–146. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.470
Rismaini, L., Erdriani, D., & Dewimarni, S. (2019). Pengembangan Handout Berorientasi Strategi Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 136–144.
Siregar, E., & Nara, H. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Ghalia Indonesia.
Stecey, K., & Turner, R. (2015). Assesing Mathematical Literacy: The PISA Experience.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep (Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan) Pendidikan. Kencana Prenada Media Grup.
Ulaimi, U., Muhammad, I., & Isfayani, E. (2021). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (Pmr) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Negeri 1 Dewantara. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 1(1), 55. https://doi.org/10.29103/jpmm.v1i1.4725
Wijaya, A. (2011). Pendidikan Matematika Realistik suatu Alternatif Pendekatan pembelajaran Matematika. Graha Ilmu.
Wulandari, S., Darma, Y., & Susiaty, U. D. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 8(1), 143. https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1179
DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i1.11105
Article Metrics
Abstract Views : 657 timesPDF Downloaded : 174 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Munawarah Munawarah, Fajriana Fajriana, Yeni Listiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats