PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

rohantizani rohantizani, muliana muliana, Nurlaila Nurlaila

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri lebih baik dari pada kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan pembelajaran saintifik.  Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, yang mengunakan  pretes-postes control group desaign.  Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII UPTD SMP Negeri 1 Matangkuli, sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas. Akan dipilih secara sampling incidental yaitu kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model inkuiri dan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol menggunakan pendekatan  pembelajaran saintifik. pengolahan data mengunakan spss versi 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: nilai Sig (p-value) > α 0,05), maka H_0diterima yaitu 0,076 pada kelas kontrol dan 0,093 kelas eksperimen sehingga data bertribusi normal. Analisis uji-t kemampuan berpikir kritis matematis siswa di peroleh 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal itu berarti bahwa kemampuan berfikir kritis matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri lebih baik dari pada kemampuan berpikir kritis matematis matematis siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran saintifik.

Keywords


Model Inkuiri; Kemampuan Berpikir Kritis Matematis; Saintifik

Full Text:

PDF

References


Hendriana, H. (2016). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Ismaimuza, D. (2010). Kemampuan Berfikir Kritis Dan Kreatif Siswa Matematis siswa SMP Melalui Pembelajran Berbasis Masalah Dengan Stategi Konflik Kongnitif. Disertasi, Tidak Dipublikasikan, Universitas Pendidikan Bandung.

Lisa, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri Lhoksemawe Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Skripsi, Tidak Dipublikasikan, Universitas Negeri Medan.

Musfiqon, D. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Jakarta: Nizami Learning Center.

Nurjannah. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas X MAN di Aceh Utara. Aceh Utara: IAIN Lhoksuemawe.

Shoimin, A. (2016). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Somakim. (2012). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Dan Self- Efficacy Matematik Siwa Sekolah Menengah Pertama Dengan Mengunakan Pendekatan Matematika Realistic. Skripsi, Tidak Dipublikasikan, Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendeketan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, D. (2017). Hard Skills Daan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Wulan, D. E. A. A. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 RAJABASA RAYA BANDAR LAMPUNG. 2016.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i1.11103

Article Metrics

 Abstract Views : 243 times
 PDF Downloaded : 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 rohantizani rohantizani, muliana muliana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats