PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS SISWA MIS HAJIJAH AMALIA SARI PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berbasis masalah terhadap disposisi matematika siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-eksperimen dengan teknik sampel cluster random sampling. Penelitian dilaksanakan di MIS Hajijah Amalia Sari Padangsidimpuan dengan populasi keseluruhan siswa semester genap tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri dari 10 kelas sebanyak 193 siswa, sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas V berjumlah 40 siswa. Instrumen menggunakan angket yang terlebih dahulu divalidasi. Kelas penelitian diberikan pretes sebelum perlakuan dan postes setelah perlakuan. Pembelajaran berbasis masalah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap disposisi matematika siswa. Hal ini ditunjukkan dengan melakukan uji-t yang diperoleh = 9,8 dan = 2,022. Data tersebut memenuhi uji hipotesis yang menyatakan apabila maka ditolak dan diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan pembelajaran berbasis masalah terhadap disposisi matematika siswa kelas V MIS Hajijah Amalia Sari Padangsidimpuan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrilianto, M., & Rosyana, T. (2014). Strategi Thinking Aroud Pair Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Kelancaran Berprosedur dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. 2, 45–53.
Atallah, F., Bryant, S. L., & Dada, R. (2010). A research framework for studying conceptions and dispositions of mathematics: A dialogue to help students learn. Research in Higher Education Journal, 7, 1.
Beyers, J. (The C. of N. J. (2011). Development and evaluation of an instrument to assess prospective teachers ’ dispositions with respect to mathematics. International Journal of Business and Social Science, 2(16), 20–33.
Hendriana, H., Johanto, T., & Sumarmo, U. (2018). The role of problem-based learning to improve students’ mathematical problem-solving ability and self confidence. Journal on Mathematics Education, 9(2), 291–299. https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5394.291-300
Mahmuzah, R., & Aklimawati, A. (2022). Pengembangan Instrumen Skala Disposisi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 2(1), 229. https://doi.org/10.29103/jpmm.v2i1.7462
Padmavathy, R. D. (2013). Effectiveness of Problem Based Learning In Mathematics. International Multidisciplinary E-Journal, II(1), 45–51. www.shreeprakashan.com
Rohmah, G. S., & Mahardika, N. G. (2018). Siswa Smp Melalui Pendekatan Problem Based. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4), 591–598.
Wahyuni. (2014). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi matematika antara Siswa Kelas Heterogen Gender dengan Kelas Homogen Gender melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah di MTs Kota Langsa.
Wulandari, & Listiana, Y. (2021). Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematik Pada Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Math Education Nusantara, 4(1), 38–51.
DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i1.11019
Article Metrics
Abstract Views : 280 timesPDF Downloaded : 43 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Syarif Hidayat Matondang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats