ANALISIS KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN LURING PASCA COVID-19 PADA MAHASISWA TADRIS MATEMATIKA STIT AL-HIKMAH TEBING TINGGI

Isra Suna Hasibuan

Abstract


Artikel ini membahas tentang keefektifan proses pembelajaran luring pasca pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif. Responden dalam penelitian ini sebanyak 30 orang mahasiswa Program Studi Tadris Matematika STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi pada Semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 60% dosen menggunakan luring, Hubungan mahasiswa dengan dosen lebih dekat saat proses pembelajaran luring sebesar 10% meyatakan setuju, Mahasiswa kesulitan berdiskusi terkait materi pembelajaran sebesar 50%, dan sebanyak 6,67% mahasiswa setuju bahwa lebih mudah memahami materi pembelajaran dengan pembelajaran luring. Pembelajaran luring yang diberikan dosen sangat memuaskan sebesar 26,67% yang meyatakan setuju, sehingga media pembelajaran yang digunakan saat ini efektif untuk mencapai harapan mahasiswa dengan persentase sebesar 36,67%. Fasilitas Hp mahasiswa yang menjadi salah satu kendala yang mendasar untuk tidak terdukungnya proses pembelajaran online dengan persentase sebesar 56,67%.

Keywords


Covid-19; Keefektifan; Pembelajaran Luring

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Rineke Cipta.

Adijaya, N., & Santosa, L. P. (2018). Persepsi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online. Wanastra, 10(2), 550. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/wanastrahttp://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/wanastra

Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidian (Edisi Revisi). Bumi Aksara.

Astuti, M. (2021). Analisis Efektifitas Penyelenggaraan Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Integrated Elementary Education, 1(1), 41–49. https://doi.org/10.21580/jieed.v1i1.7224

Dadang, D. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang. Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 6(1), 15. https://doi.org/10.32493/eduka.v6i1.7812

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503. file:///C:/Users/win10/Downloads/8503-Article Text-27609-1-10-20200629 (1).pdf

Handayani, L. (2020). Keuntungan, kendala, dan solusi pembelajaran online selama pandemi covid-19: studi ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus {Advantages, constraints, and solutions for online learning during the covid-19 pandemic: An explorative study at SMPN 3 Bae Kudus}. Journal Industrial Engineering & Management Research, 1(2), 16.

Hasibuan, I. S., & Amry, Z. (2017). Differences of students mathematical communication ability between problems based learning , realistic mathematical education and inquiri learning in Smp negeri 1 Labuhan Deli. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 7(6), 54–60. https://doi.org/10.9790/7388-0706015460

Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19–33. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.667

Maulana, H. A. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring di Pendidikan Tinggi Vokasi: Studi Perbandingan antara Penggunaan Google Classroom dan Zoom Meeting. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 188–195. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.259

Maulana, H. A., & Hamidi, M. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2), 224–231. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3443

Purniawan, & Sumarni, W. (2020). Analisis Respon Siswa Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19. Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 784–789.

Rahmi Rizqi, N., Hidayah Putri, J., & Suna Hasibuan, I. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Istana Maimun Di Sumatera Utara Ethnomathematical Exploration of the Maimun Place in North Sumatera. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 8(1), 1–7.

Rosali, E. S. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Geography Science Education Journal (GEOSEE), 1(1), 21–30. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/geosee/index




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i1.10479

Article Metrics

 Abstract Views : 237 times
 PDF Downloaded : 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Isra Suna Hasibuan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats