Dampak penyuluhan dan pendampingan pembukuan akuntansi dengan EFA bagi pelaku umkm mikro gampong kutablang Kota Lhokseumawe

Rayyan Firdaus, Murtala Murtala, Chairil Achyar, Mukhlish M Nur, Amru Usman, Munardi Munardi

Abstract


Kajian hasil survey dan indetifikasi lapangan bagi pelaku usaha UMKM Mikro ditemukan banyak pelaku usaha yang masih mencatat pembukuan secara manual, untuk membantu UMKM Mikro tsb timPKM melakukan audiensi dan berdiskusi dengan pemangku kebijakan piblik gampong Kutablang untuk memberikan penyuluhan dan pengelolaan manajemen pencatatan pembukuan akuntansi berbasis komputer dan dalam rangka memenuhi kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi melalui Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) maka kegiatan penyuluhan dan pelatihan ini diselenggarakan. Penyuluhan dan pelatihan dilakukan pada bulan Oktober 2023. Dalam penyuluhan dan pelatihan ini materi yang disampaikan mengenai pemanfaatan aplikasi komputer excel dan aplikasi excel pada smartphone untuk mencatat transaksi penjualan melalui pengembangan aplikasi EFA dengan peserta pelaku usaha UMKMMikro gampong kutablang. Sesi tanya jawab dan diskusi dilakukan untuk membantu pelaku usaha UMKMmikro dalam sistem pencatatan pembukuan akuntansi untuk transaksi penjualan guna kelancaran kegiatan dalam berusaha/berdagang.

 

 


Keywords


Kata Kunci: Akuntansi, Sistem pembukuan, efa

Full Text:

PDF

References


Fahmi, Irham, 2012. Analisis Kinerja Keuangan. Alfabeta. Bandung.

Halim, Abdul, dkk. 2009. Analisis Laporan Keuangan. UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

Herawati Khotmi, Rusli Amrul, 2017, Penerapan Aplikasi Accurate dalam Penyusunan Laporan Keuangan UKM, Jurnal Valid, Vol.14, No. 1, Januari 2017, Hal : 61-70.

Hery, 2011. Teori Akuntansi. Kencana. Yogyakarta.

Hidayat VN, Santoso PB, Tantrika CFM. 2016. Pemanfaatan Software Accurate Accounting Untuk Mendukung Sistem Informasi Akuntansi Di Unit Usaha Pengolahan Susu KUD Dau. JurnalRekayasa dan Manajemen Sistem Industri.Vol 4, No.2 (2016).

Ikatan Akuntansi Indonesia, 2018. Standar Akuntansi Keuangan. PSAK No.1, Penyajian LaporanKeuangan.

Salemba Empat. Jakarta.

Mahmudi, Ali, 2009, MYOB Accounting dan premier (edisi kedua),PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.

Mulyadi. 2017. Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Saputra ES. 2012. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan dan Penggunaan Software Akuntansi

- Studi Empiris: Mahasiswa Akuntansi S1 Dan D3 Fakultas Ekonomi UNS Dengan Pendekatan Technology AcceptanceModel (TAM). Surakarta: SkripsiUniversitas Sebelas Maret Surakarta.

Supriyono. 2014. Analisis Pengaruh Perangkat Lunak Accurate Pada Siklus Penjualan. Matics: Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. Vol 1, No 1 (2014).




DOI: https://doi.org/10.29103/jpek.v3i1.13621

Article Metrics

 Abstract Views : 1 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2962-5823 (Online - Elektronik)

Stat Counter

Flag Counter