MEDIA LITERASI DIGITAL SEBAGAI POJOK BACA SISWA PADA SEKOLAH SMK

Mundzir Mundzir, Riski Zulkarnain, Ririn Kusdyawati, Rana Zabrina, Richki Hardi

Abstract


Dalam era digital saat ini, keterampilan literasi digital menjadi kebutuhan utama bagi generasi muda, terutama siswa di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Literasi digital tidak hanya mencakup kemampuan teknis dalam menggunakan perangkat teknologi, tetapi juga kemampuan untuk memahami, mengevaluasi, dan menggunakan informasi secara kritis dan etis. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji peran media literasi digital sebagai bagian dari pojok baca di SMK, yang dapat menjadi sarana efektif dalam mengembangkan keterampilan literasi digital siswa. Dengan menggunakan pendekatan partisipatif, artikel ini menjelaskan bagaimana pojok baca digital dapat diintegrasikan dalam kegiatan belajar mengajar di SMK, serta bagaimana media digital dapat mendukung pengembangan literasi informasi, peningkatan kemampuan berpikir kritis, dan pemanfaatan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa pojok baca digital di SMK dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai literasi digital, yang pada gilirannya membantu mereka dalam mengakses dan mengelola informasi secara efektif.

Keywords


Media literasi digital; Pojok baca digital; Literasi digital; Sekolah Menengah Kejuruan

Full Text:

PDF

References


Bankston, N., Jarkas, S., Jubran, T., Pape, N., Walker, S., Brooks, T., & Mahmoud, M. (2021). Engineering Cloud Applications for the Workplace. Proceedings - 2021 International Conference on Computational Science and Computational Intelligence, CSCI 2021. https://doi.org/10.1109/CSCI54926.2021.00138

Hanafi, Pujastuti, E., Laksito, A., Hardi, R., Perwira, R., Arfriandi, A., & Asroni. (2022). Handling Sparse Rating Matrix for E-commerce Recommender System Using Hybrid Deep Learning Based on LSTM, SDAE and Latent Factor. International Journal of Intelligent Engineering and Systems, 15(2). https://doi.org/10.22266/ijies2022.0430.35

Hardi, R., Pee, A. N. C., Abdullah, M. H. L. Bin, Pitogo, V. A., Pribadi, A. S., & Rusdi, J. F. (2022). Academic Smart Chatbot to Support Emerging Artificial Intelligence Conversation. 2022 International Conference of Science and Information Technology in Smart Administration, ICSINTESA 2022. https://doi.org/10.1109/ICSINTESA56431.2022.10041632

Hardi, R., Pribadi, A. S., Mundzir, Noertjahyana, A., & Rusdi, J. F. (2022). Increasing the importance of digital technology as a technopreneurship media in higher education. AIP Conference Proceedings, 2658. https://doi.org/10.1063/5.0106818

Islam, R., Patamsetti, V., Gadhi, A., Gondu, R. M., Bandaru, C. M., Kesani, S. C., & Abiona, O. (2023). The Future of Cloud Computing: Benefits and Challenges. International Journal of Communications, Network and System Sciences, 16(04). https://doi.org/10.4236/ijcns.2023.164004

Rusdi, J. F., Abu, N. A., Salam, S., Gusdevi, H., Hardi, R., & Nugraha, D. G. (2022). An international tourist behaviour on mobile smartphone usage. AIP Conference Proceedings, 2658. https://doi.org/10.1063/5.0106824

Ula, M., Pratama, A., Asbar, Y., Fuadi, W., Fajri, R., & Hardi, R. (2021). A New Model of the Student Attendance Monitoring System Using RFID Technology. Journal of Physics: Conference Series, 1807(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1807/1/012026

Wen, J., Wu, X., & Lam, S. (2015). Implementation of a Collaborative Document Processing in the Cloud. Proceedings - IEEE 29th International Conference on Advanced Information Networking and Applications Workshops, WAINA 2015. https://doi.org/10.1109/WAINA.2015.21




DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v3i2.19942

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mundzir Mundzir, Riski Zulkarnain, Ririn Kusdyawati, Rana Zabrina, Richki Hardi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Malikussaleh Mengabdi

E-ISSN : 2829-6141

Web Analytics
Stat Counter