Optimalisasi Kompetensi Guru dalam Menggunakan Pendekatan Diagnostik untuk Mengidentifikasi dan Mengoreksi Miskonsepsi di Sekolah Menengah

Ratna Unaida

Abstract


Miskonsepsi siswa merupakan salah satu tantangan besar dalam proses pembelajaran. Miskonsepsi adalah pemahaman yang salah atau tidak tepat yang dimiliki siswa terhadap konsep tertentu. Jika tidak diidentifikasi dan dikoreksi, miskonsepsi ini dapat menghambat pemahaman yang benar dan mengakibatkan hasil belajar yang rendah. Untuk itu, guru perlu memiliki kompetensi dalam menggunakan pendekatan diagnostik untuk mengidentifikasi dan mengoreksi miskonsepsi secara efektif. Proposal ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan pendekatan diagnostik guna mengidentifikasi dan mengoreksi miskonsepsi siswa. Dengan meningkatkan keterampilan guru, diharapkan mereka mampu melakukan pembelajaran yang lebih efektif dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Penguatan kompetensi guru dalam menggunakan pendekatan diagnostik merupakan langkah penting dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Dengan kompetensi yang lebih baik, guru dapat mengidentifikasi miskonsepsi siswa sejak dini dan mengoreksinya, sehingga siswa memperoleh pemahaman yang lebih akurat terhadap materi yang diajarkan. Program ini tidak hanya akan meningkatkan kualitas pengajaran, tetapi juga mendukung keberhasilan akademik siswa secara keseluruhan. Target Luaran yang ingin dicapai melalui kegiatan ini adalah guru dapat kompeten dalam menggunakan pendekatan diagnostik.

Keywords


Kompetensi Guru, Pendekatan Diagnostik, Miskonsepsi.

Full Text:

PDF

References


Abd Muis, Hartati, & Sukmawati. (2023). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Sekolah Menengah Atas pada Konsep Substansi Genetik Menggunakan Metode CRI (Certainty of Response Index). … Nasional Biologi: Inovasi Sains & …, 23, 89–100. https://journal.unm.ac.id/index.php/semnasbio/article/view/864%0Ahttps://journal.unm.ac.id/index.php/semnasbio/article/download/864/532

AGUSTIN WULANDARI, Sumarno, & Joko Siswanto. (2022). Analisis Kemampuan Kognitif Dan Miskonsepsi Guru Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Ipa Materi Fotosintesis. Ibtidai’Y Datokarama: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 19–26. https://doi.org/10.24239/ibtidaiy.vol3.iss2.45

Anggara, B. (2020). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills Sebagai Tes Diagnostik Miskonsepsi Matematis Siswa Sma. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 2(2), 176–191. https://doi.org/10.15408/ajme.v2i2.18387

Cintia Fitriani Rumapea, & Ramlan Silaban. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Three-Tier Multiple Choice Berbasis Android Based Test Untuk Mengukur Miskonsepsi Siswa Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI SMA. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 95–104. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i2.44

Dewi, S. M., & Marianti, A. (2023). Identifikasi Tingkat Pemahaman Siswa Kelas Xi Menggunakan Soal Diagnostik Four-Tier Multiple Choice Test pada Materi Sistem Imun. Prosiding Seminar Nasional Biologi Biologi, 11, 247–252.

Elvia, R., Rohiat, S., & Ginting, S. M. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Matematika Kimia Melalui Tes Diagnostik Three Tier Multiple Choice. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 9(2), 84. https://doi.org/10.33394/hjkk.v9i2.4422

Inggit, S. M., Liliawati, W., & Suryana, I. (2021). Identifikasi Miskonsepsi dan Penyebabnya Menggunakan Instrumen Five-Tier Fluid Static Test (5TFST) pada Peserta Didik Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Journal of Teaching and Learning Physics, 6(1), 49–68. https://doi.org/10.15575/jotalp.v6i1.11016

Karim, F., Ischak, N. I., Mohamad, E., & Aman, L. O. (2022). Identifikasi Miskonsepsi Ikatan Kimia Menggunakan Diagnostic Test Multiple Choice Berbantuan Certainty of Response Index. Jambura Journal of Educational Chemistry, 4(1), 19–25. https://doi.org/10.34312/jjec.v4i1.13239

Lukum, A., Dilapanga, W., Kilo, A. La, Aman, L. O., Alio, L., & Sukamto, K. (2023). Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Menggunakan Tes Diagnostik Three Tier Multiple Choice Di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Telaga Biru. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(1), 67–82. https://doi.org/10.34312/jjec.v5i1.18984

Nazura, Saputri, D. F., & Angraeni, L. (2021). Pengembangan Tes Diagnostik Three Tier Test pada Materi Pesawat Sederhana untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Sains Dan Aplikasinya (JPSA), 4(2), 54–60.




DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v3i2.19374

Article Metrics

 Abstract Views : 1 times
 PDF Downloaded : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ratna Unaida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Malikussaleh Mengabdi

E-ISSN : 2829-6141

Web Analytics
Stat Counter