Pemanfaatan Augmented Reality (AR) untuk Pembelajaran Geometri Berbasis Android di MTsN 1 Kota Lhokseumawe

Yesy Afrillia, Amam Taufiq Hidayat, Veri Ilhadi, Fakhruddin Ahmad Nasution

Abstract


MTsN 1 Kota Lhokseumawe merupakan sekolah di bawah Kementerian Agama yang cenderung tertinggal dalam hal perkembangan teknologi dibandingkan sekolah-sekolah umum di bawah Kemendikbud. Program Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran pengenalan objek geometri berbasis Android. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menciptakan lingkungan pembelajaran Smart Education, dengan memanfaatkan teknologi AR untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi geometri dalam mata pelajaran Matematika. Metode yang digunakan mencakup observasi, koordinasi, dan pengumpulan data melalui teknik analisis data interaktif. Hasil kegiatan ini meliputi publikasi di media massa, submission ke jurnal Sinta 5, serta dokumen kerjasama dan penerbitan HKI. Inovasi utama yang dihasilkan adalah aplikasi AR berbasis Android, yang memberikan visualisasi objek geometri secara real-time kepada siswa, sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran baik bagi siswa maupun guru di madrasah. Hasil ini diharapkan dapat menyetarakan mutu pengajaran di madrasah dengan sekolah-sekolah umum.

Keywords


Android , Augmented Reality, Media pembelajaran, MTsN Lhokseumawe, Objek Geometri.

Full Text:

PDF

References


Abdulghani, T., & Sati, B. P. (2020). Pengenalan Rumah Adat Indonesia Menggunakan Teknologi Augmented Reality Dengan Metode Marker Based Tracking Sebagai Media Pembelajaran. Media Jurnal Informatika, 11(1), 43. https://doi.org/10.35194/mji.v11i1.770

Adiputra, I. G. B. A., Santiyasa, I. W., Gede Suhartana, I. K., Atmaja Darmawan, I. D. M. B., Astuti, L. G., & Raharja, M. A. (2022). Augmented Reality Kekarangan Bali dengan Natural Feature Tracking. JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), 11(2), 261. https://doi.org/10.24843/jlk.2022.v11.i02.p05

Aini, I. N. Q., Triayudi, A., & Sholihati, I. D. (2020). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Augmented Reality Tata Surya Sekolah Dasar Menggunakan Metode Marker Based Tracking. Jurnal Media Informatika Budidarma, 4(1), 178. https://doi.org/10.30865/mib.v4i1.1875

Al Hakim, R. R., & Annisa, I. (2021). Perancangan dan Pengembangan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Primatologi Berbasis Android. Prosiding Seminar Nasional Sains, 2(1), 36–44. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5313

Alisyafiq, S., Hardiyana, B., & Dhaniawaty, R. P. (2021). Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pembelajaran Multimedia Interaktif Algoritma dan Pemrograman Dasar Untuk Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(2), 135–143. https://doi.org/10.24036/jpkk.v5i2.594

Dikananda, A. R., Nurdiawan, O., & Subandi, H. (2022). Augmented Reality Dalam Mendeteksi Produk Rotan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). MEANS (Media Informasi Analisa Dan Sistem), 6(2), 135–141. https://doi.org/10.54367/means.v6i2.1512

Lestari, A., Trisnadoli, A., & Dewi, M. (2019). Analisis Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Untuk Pengenalan Organ Pernapasan Manusia. Jurnal Riset Komputer, 6(4), 429–433.

Mochamad Surya, C., Zulvian Iskandar, Y., & Marlina, L. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Dasar Pada Anak Kelompok a Melalui Metode Tebak Gambar. Jurnal Tahsinia, 2(1), 78–89. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.294

Muhammad Fauzan Sidik, & Vivianti. (2021). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Materi Instalasi Jaringan Komputer. Tematik, 8(1), 14–28. https://doi.org/10.38204/tematik.v8i1.542

Samosir, R. S., & Purwandari, N. (2020). Aplikasi Literasi Digital Berbasis Web Dengan Metode R&D dan MDLC. Techno.Com, 19(2), 157–167. https://doi.org/10.33633/tc.v19i2.3318




DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v3i2.18769

Article Metrics

 Abstract Views : 12 times
 PDF Downloaded : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yesy Afrillia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Malikussaleh Mengabdi

E-ISSN : 2829-6141

Web Analytics
Stat Counter