PKM Pendampingan Monitoring Pengukuran Kualitas Air Laut Menggunakan Baumemeter di Kecamatan Dewantara

Mutammimul Ula, T Multazam, Muhammad Hatta, Ezwarsyah Ezwarsyah, Fakruddin Ahmad Nasution

Abstract


Pendampingan monitoring pengukuran kualitas air laut menggunakan baumemeter dalam melihat kualitas air garam di kabupaten Aceh Utara menawarkan solusi inovatif untuk meningkatkan pengawasan kualitas air pada masing-masing kolam garam di tambak garam. Dengan adanya monitoring pengukuran kualitas air laut menggunakan baumemeter dapat melakukan pengukuran kualitas air laut untuk melihat tingkatan air pada masing-masing kolam kualitas garam dapat dilakukan secara bertahap, memberikan data yang akurat dan terkini yang esensial untuk memastikan standar kualitas yang baik. dengan adanya pendampingan monitoring pengukuran kualitas air laut menggunakan baumemeter dalam pengukuran kadar garam dan kondisi penyimpanan dapat menghasilkan proses produksi dan distribusi yang lebih efisien, meskipun masih memerlukan peningkatan untuk mencapai ketepatan yang diinginkan. Selain itu, penerapan pengukuran kualitas ukuran air dengan alat pengukuran kualitas air alut ditambak dapat membantu dalam meminimalisir penurunan kadar air garam, yang merupakan aspek penting dalam kualitas garam. hasil pengabdian ini memungkinkan petani untuk mengawasi kondisi air laut di tambak pada masing-masing kolam garam. sehingga meningkatkan efisiensi kualitas garam. Kesadaran petani terhadap teknologi baru ini juga meningkat, yang membuka jalan bagi pengembangan model pertanian yang lebih berkelanjutan. Pendampingan yang dilakukan telah berhasil memperkenalkan konsep monitoring pengukuran kualitas air laut menggunakan baumemeter dalam petani tambak kepada komunitas petani garam, serta memperoleh umpan balik yang berharga dari pemangku kepentingan untuk perbaikan berkelanjutan.


Keywords


kualitas garam, baumemeter, penukuran kadar air laur

Full Text:

PDF

References


Amin, A. B., Astutik, R. P., & Irawan, D. (2023). monitoring dan pengendali kualitas air pada tambak udang secara otomatis berbasis telegram. E-Link: Jurnal Teknik Elektro dan Informatika.

Anggraeni, D., Nugroho, A. S., Rochadi, A., Suharjono, A., Nursyahid, A., Subagio, B. B., ... & Helmy, H. (2022, May). Pendampingan Implementasi Sistem Kontrol Kondisi Air Tambak Udang Berbasis Internet Of Things. In Prosiding Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (Vol. 4, No. 1).

Irdausy, F. M., Ramadhan, R. D., & Wulandari, S. A. (2020). Rancang Bangun Sistem Kontrol dan Monitor Produksi Garam Menggunakan Internet of Things. Jurnal Dinamika Penelitian Teknik, 7(2), 58-63

Mahasin, M. Z. (2021). Pengelolaan Komoditas Garam Berkelanjutan: Sebuah Tinjauan Historiografis.

Ramadhan, R. D., Firdausy, F. M., & Wulandari, S. A. (2019). Design of Salt Production Monitoring and Control System Based on the Internet of Things. Journal of Development and Processing Technology, 8(1), 1-6

Wulandari, S. A., Firdausy, F. M., Ramadhan, R. D., Maghfir, R. U., Setyawan, Y., &

Muslim, Z. A. (2021). Perancangan Sistem Monitoring dan Kontrol Produksi Garam Berbasis Internet of Things. Indonesian Journal of Halal, 4(2), 57-61

Wulandari, S. A., Ramadhan, R. D., Firdausy, F. M., Maghfi, R. U., Setyawan, Y., Paryanto, P., & Muslim, Z. A. (2021). Perancangan Sistem Monitoring dan Kontrol Produksi Garam Berbasis Internet of Things. Indonesia Journal of Halal.

Widowati, A. (2017). Rancang Bangun Sistem Monitoring Temperatur Pada Proses Rekristalisasi Di Plant Pemurnian Garam Rakyat Berbasis IoT. Diss. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.




DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v3i1.16697

Article Metrics

 Abstract Views : 14 times
 PDF Downloaded : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mutammimul Ula, T Multazam, Muhammad Hatta, Ezwarsyah Ezwarsyah, Fakruddin Fakruddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Malikussaleh Mengabdi

E-ISSN : 2829-6141

Web Analytics
Stat Counter