Edukasi K3 Bidang Kelistrikan Bagi Anak-Anak di Desa Cot Mee, Kecamatan Nisam, Kabupaten Aceh Utara

Nanda Sitti Nurfebruary, Fidyatun Nisa, Muhammad Ikhwani, Yohana Dian Putri, Siti Maimunah, Lidya Rosnita

Abstract


Pengetahuan mengenai Kesehatan dan Keselamat Kerja (K3) bidang kelistrikan sangat penting dalam kehidupan sekarang ini. Ditambah lagi dengan semakin banyaknya penggunaan peralatan elektronik. Ketergantungan pada listrik tidak hanya terbatas pada aktivitas rumah tangga, tetapi juga berdampak pada anak-anak yang tentunya bisa membahayakan bagi anak-anak tersebut jika tidak dibekali dengan pemahaman yang baik mengenai penggunaan peralatan elektronik. Desa Cot Mee merupakan salah satu desa di Kecamatan Nisam, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh memiliki kurang lebih 50 anak-anak usia sekolah dalam rentang usia 5-14 tahun. Kegiatan sehari-hari banyak dihabiskan dengan menggunakan peralatan elektronik dan juga kegiatan bermain di luar ruangan yang dekat area aliran listrik seperti gardu listrik. Apabila anak-anak tidak diberikan pengetahuan mengenai penggunaan peralatan elektronik yang benar, maka akan sangat rentan terhadap kecelakaan. Oleh karena itu, dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk mengedukasi K3 kelistrikan bagi anak-anak di Desa Cot Mee. Diharapkan melalui kegiatan edukasi ini, anak-anak di Desa Cot Mee menjadi lebih paham tentang K3 kelistrikan dan selalu waspada terhadap pengunaan peralatan elektronik dalam kehidupan sehari-hari.


Keywords


K3 Kelistrikan, Edukasi, Anak-anak, Peralatan Elektronik

Full Text:

PDF

References


Gunarsa, S.D. (2016). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Mindhayani, Iva. (2022). Sosialisasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja Dasar bagi Siswa Sekolah Dasar. Masyarakat Berdaya dan Inovasi (MAYADANI), ISSN 2721-8228.

Novrikasari, dkk. (2017). Pembinaan Siswa Sekolah Dasar Dalam Keselaamatan Listrik di Kecaamatan Kayu Agung. Jurnal Pengabdian Sriwijaya.

Saefudin, Tubagus Hedi, dkk (2020). Sosialisasi K3 tentang Bahaya Kelistrikan dan Kebakaran pada Desa Kedung Pengawas, Babelan Bekasi. Jurnal Sains Teknologi dalam Pemberdayaan Masyarakat e-ISSN: 2722-3957 Vol. 1 No. 1 (Juli 2020), Hal: 45-50.

Sumargi, A.M.,Kurniawan, Y., Sasongko, J.W., Simanjuntak, E. (2015). Apa yang Diketahui Anak-anak Sekolah Dasar tentang Keselamatan Dirinya: Studi Pendahuluan tentang Pemahaman akan Keselamatan Diri. INSAN7 (3)

Syamsiah, S., Fachrin, S. A., & Wahyu, A. (2021). Pengaruh Edukasi Modul Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Dasar Terhadap Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar Negeri Utama 2 Kota Tarakan. Journal of Muslim Community Health.

Virgiyanti, Lisa, Neny Sukmawatie dan Neny Fidayanti (2023). Edukasi Mengenai Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) Untuk Menunjang Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Bagi Siswa Dan Masyarakat di Kelurahan Danau Tundai Kota Palangka Raya. Diteksi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya. Volume 1, Nomor 1, Mei 2023, pp. 70-78.




DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v3i1.16200

Article Metrics

 Abstract Views : 17 times
 PDF Downloaded : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fidyatun Nisa, Nanda Sitti Nurfebruary, Muhammad Ikhwani, Yohana Dian Putri, Siti Maimunah, Lidya Rosnita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Malikussaleh Mengabdi

E-ISSN : 2829-6141

Web Analytics
Stat Counter