Pendampingan Proyek Profil Pelajar Pancasila Melalui Implementasi Kegiatan Sesuai Pancasila untuk Membentuk Karakter Siswa SD

Safriana Safriana, shanti Hardiyatni, Elis Nur Faida, Eka Aprilia, Amanda Putri, Ade Irfan

Abstract


Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan manusia. Sejak tahun 2022 Indonesia menggunakan dan menerapkan Kurikulum Merdeka yang dimana di dalam kurikulum tersebut menekankan adanya Pendidikan Pancasila yang termuat dalam Profil Pelajar Pancasila. Pendidikan Pancasila bertujuan untuk membentuk pribadi yang bermoral dan berwawasan luas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Namun, masih dijumpai kurangnya pemhamahan siswa terutama di sekolah dasar di daerah terpencil dikarenakan keterbatasan sarana dan media pembelajaran tentang Pancasila, sehingga diperlukan metode yang tepat dalam mengenalkan Profil Pelajar Pancasila dengan tepat. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan metode demonstrasi, unjuk kerja, diskusi dan tanya jawab. Dalam kegiatan pengabdian ini dihasilkan sebuah produk yaitu bahan ajar atau media pembelajaran berupa poster lambang Pancasila beserta teks sila dari lambang Pancasila yang sesuai dengan tujuan agar peserta didik dapat memahami dan mengerti isi dari Pancasila

Keywords


Pendidikan, Profil Pelajar Pancasila, Karakter Siswa SD

Full Text:

PDF

References


Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Di Era Globalisasi. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 440. https://doi.org/10.25273/citizenship.v4i2.1077

Hidayat, N. (2015). Peran Dan Tantangan Pendidikan Agama Islam Di Era Global. El-Tarbawi, 8(2), 131–145. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss2.art2

Kemendiknas. (2013). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Undang-Undang Republik Indonesia. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Permendikbud Nomor 20 Tahun 2020, (2020) (testimony of Menteri Pendidikan dan Kebudayaan).

Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617

Nabila, W., Andriana, E., & Rokkmanah, S. (2023). Kesulitan Guru dalam Menerapkan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Dikdaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(5), 2865–2874.

Pradana, Y. (2016). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah (Studi Deskriptif di SD Amaliah Ciawi Bogor). Untirta Civic Education Journal, 1(1), 55–67.

Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Jurnal moral kemasyarakatan Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116–132. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309

Wahyono, I. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Sdn 1 Sekarsuli. Basic Education, 2(7), 133–139.




DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v3i1.16019

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Shanti Hardiyatni, Elis Nur Faida, Eka Aprilia, Amanda Putri, Cindenia Puspasari, Safriana Safriana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Malikussaleh Mengabdi

E-ISSN : 2829-6141

Web Analytics
Stat Counter