Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini: Belajar Aman, Bermain Aman

Hidayatus Shalehah, Balqis Di'ab Ibthihaq, Siti Kholifah, Ade Irfan, Safriana Safriana

Abstract


Pengabaian orang tua secara tidak sengaja telah menempatkan anak pada situasi berbahaya, seperti menjadi korban pelecehan seksual saat masih anak-anak. Pendidikan seks pada anak usia dini tentunya disajikan sesuai dengan perkembangan usia  dan gaya belajar yang sesuai untuk anak usia dini. Pendidikan seks ini dapat dilakukan dengan cara bercerita, bermain ataupun bernyanyi. penulis menggunakan metode presentasi terkait anggota tubuh manusia yang boleh disentuh dan tidak boleh disentuh oleh orang lain dengan menggunakan media gambar, lagu, dan video. Tujuan dari penggunaan metode presentasi dengan media gambar, lagu, dan video terkait bagian tubuh manusia yang boleh dan tidak boleh disentuh di kelas 3 SDN 3 Banda Baro adalah untuk membantu siswa memahami konsep tentang bagian tubuh manusia yang boleh dan tidak boleh disentuh. Dalam hal ini, media gambar, lagu, dan video dapat membantu siswa memvisualisasikan dan memahami konsep tersebut dengan lebih baik. Berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan, siswa sangat antusias dalam mengikuti rangkaian proses mengenai pembelajaran tentang pengenalan seks pada usia dini. Pendidikan seks pada anak tidak hanya diberikan pada anak, tapi juga pada orang tua dan guru di sekolah. Pengajaran tentang pendidikan seks harus sesuai perkembangan kognitif anak. Penggunaan media pembelajaran yang berbau visual dan suara seperti lagu dapat menarik perhatian anak


Keywords


Pendidikan seks, anak usia dini, media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Aisyiah, N. (2020, October 16). Menelisik Kasus Kekerasan Seksual di Birem Serambi Indonesia. https://aceh.tribunnews.com/2020/10/16/menelisik-kasus-kekerasan-seksual-di-birem diakses pada 28 Desember 2023.

Alucyana. (2020). Urgensi Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 71-87, 6 (1).

Fitriani, D., Fajriah, H., & Wardani, A. (2021). Mengenalkan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Melaluibuku Lift The Flap “Auratku”. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 33-45, 7(1).

Ratnasari, R. F., & Alias, M. (2016). Pentingnya pendidikan seks untuk anak usia dini. Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2).

Solihin. 2015. Pendidikan Seks Untuk Anak Usiadini (Studi Kasus Di Tk Bina Anaprasa Melati Jakarta Pusat). JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 1(2), 56-73.

Vonda, P. I., & Fitri, C. D. (2017). Pelaksanaan Perlindungan Anak Di Kota Banda Aceh. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 3(1), 61–68.




DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v3i1.16000

Article Metrics

 Abstract Views : 25 times
 PDF Downloaded : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Safriana Safriana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Malikussaleh Mengabdi

E-ISSN : 2829-6141

Web Analytics
Stat Counter