Pelatihan Penggunaan Aplikasi Pertanian untuk Mendukung Usaha Petani dan Pencapaian SDGs Desa

Desvina Yulisda, Ar Razi, Rizka Mulyawan, Erna Muliana, Yulia Nosari, Sri Wilujeng

Abstract


Desa Kenine merupakan Desa yang sebagian besar mata pencaharian penduduknya adalah bertani, hasil pertanian menjadi sumber untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakatnya. Berdasarkan kondisi Desa Kenine saat ini, untuk menghasilkan hasil pertanian yang mencukupi bahkan menjadi usaha tani berkelanjutan atau wirausaha bidang pertanian dibutuhkan strategi untuk menghasilkan hasil pertanian yang melimpah. Saat ini masyarakat hanya menggunakan pengetahuan terkait solusi masalah dalam bercocok tanam melalui pengalaman secara turun temurun tanpa adanya pakar di bidang pertanian. Dengan demikian untuk mengatasi permasalahan serta meningkatkan pengetahuan masyarakat dapat dicapai dengan penerapan teknologi untuk kemandirian masyarakat melalui aplikasi yang dapat mendukung usaha tani dalam memperoleh pengetahuan bercocok tanam berdasarkan ilmu pakar serta dapat mendukung upaya pemerintah dalam peningkatan pendidikan melalui kegiatan pembangunan berkelanjutan era Sustainable Development Goals (SDGs). Untuk mendukung petani dalam pengembangan pengetahuan pertanian melalui teknologi digital saat ini maka dilakukan kegiatan pelatihan penggunaan aplikasi pertanian yang bertujuan untuk mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan melalui perolehan pengetahuan keterampilan teknik dan kewirausahan yang relevan dengan pemanfaatan teknologi menggunakan smartphone. Kegiatan ini dilakukan secara bertahap mulai dari persiapan, pelaksanaan hingga tahap evaluasi. Hasil dari kegiatan yang telah dilakukan adalah pengetahuan dan pengalaman  yang diterima oleh masyarakat dalam penggunaan aplikasi serta implementasinya pada tanaman di sekitar perkebunan masyarakat dengan uji coba aplikasi dalam mendeteksi hama penyakit serta tanggapan postif dari masyarakat melalui hasil evaluasi yaitu bertambahnya pengetahuan masyarakat terkait cara mengaplikasikan software secara langsung yang nantinya dapat membantu masyarakat dalam mengatasi permasalahan pertanian secara mandiri baik melalui fitur aplikasi maupun melalui jaringan pakar petanian pada aplikasi.

 


Keywords


Teknologi, pertanian, aplikasi, smartphone, Sustainable Development Goals

Full Text:

PDF

References


Awad, Y. A. & Labatar, S. C. (2017). Pemanfaatan smartphone sebagai sumber informasi pertanian oleh kelompok tani di kampung Desay Distrik Prafi Kabupaten Manokwari. Jurnal Triton. 8(2).

Christian, A. I., & Subejo. (2018). Akses, fungsi, dan pola penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) oleh petani pada kawasan pertanian komersial di Kabupaten Bantul. JSEP. 11(2).

Landoy, A. (2020). Collaboration in designing a pedagogical approach in information literacy. Springer Texts in Education.

Pradhan, P., Costa, L., Rybski, D., Lucht, W., & Kropp, J. P. (2017). A Systematic Study of Sustainable Development Goal (SDG) Interactions. Earth’s Future, 5(11). https://doi.org/10.1002/2017EF000632.

Setianingtias, R., Baiquni, M., & Kurniawan, A. (2019). PEMODELAN INDIKATOR TUJUAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI INDONESIA. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 27(2), 61-74. https://doi.org/10.14202/jep.27.2.2019

Sukur, M., & Soesanto (2014). Model sistem inovasi pertanian berbasis IT dengan teknologi mobile. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK. 19(2), 191-200.

Suweantara, E., Martana, I G. S. A., Suarya, A., Widiartha I M. (2017). Aplikasi e-tani sebagai strategi peningkatan kualitas dan kesejahteraan para petani. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi & Aplikasinya. Bali.

https://sid.kemendesa.go.id/sdgs. Diakses tanggal 7 Juni 2023




DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v3i1.15654

Article Metrics

 Abstract Views : 46 times
 PDF Downloaded : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Desvina Yulisda, Ar Razi, Rizka Mulyawan, Erna Muliana, Yulia Nosari, Sri Wilujeng

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Malikussaleh Mengabdi

E-ISSN : 2829-6141

Web Analytics
Stat Counter