PKM Peningkatan Kesadaran Etika Dalam Penggunaan Media Sosial Kalangan Santri Dayah Nurul Iman di Gampong Alue Bungkoh Kecamatan Pirak Timu
Abstract
Pentingnya Meningkatkan Kesadaran Etika Penggunaan Media Sosial di Kalangan Santri Dayah Nurul Iman sangat berguna dalam memilah berita. Hasil survei menunjukkan bahwa banyak masyarakat Indonesia yang menerima berita hoax setiap harinya dan harus bijak dalam menggunakan media dalam berinteraksi. Pengabdian ini bertujuan untuk menghindari / mengurangi penyebaran berita bohong dan etika dalam menyadarkan penggunaan media sosial di kalangan Santri Dayah Nurul Iman. Media online serta faktor penghambat dan pendukung dalam melaksanakan upaya pencegahan bahaya penyebaran berita bohong serta dampaknya terhadap media online jika salah memilih berita. Tujuan dari layanan ini adalah untuk membahas peraturan terkait berita bohong atau hoax dan dampaknya terhadap pelaku tindak pidana penyebaran berita hoax terhadap beberapa pihak yang turut terlibat dalam penyebaran berita bohong. Hasil dari pengabdian ini adalah meningkatnya kesadaran dan pemahaman pengetahuan santri di Dayah Nurul Iman mengenai berita hoax, ada sebagian masyarakat yang mengetahui apakah itu berita hoax atau bukan, dan ada juga yang sudah mengetahui bahwa berita tersebut adalah hoax. penyebaran melalui penyebaran berita tidak benar dan hal ini sudah ada dalam undang-undang dan ada strategi untuk mencegah berita menyebar luas
Full Text:
PDFReferences
Fatanti, M. N., Ananda, K. S., Prabawangi, R. P., & Yuniar, A. D. (2021). Peningkatan kesadaran beretika di media sosial bagi peserta didik pada sekolah menengah atas di Kota Malang. Aptekmas Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4), 79-85.
Monita, Y., Rosmidah, R., & Hafrida, H. (2020, February). Literasi Cerdas Bermedia Sosial Guna Pencegahan Penyebaran Berita Hoax Di Kalangan Pelajar Di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. In Serumpun: Prosiding Seminar Hukum dan Jurnal Nasional (Vol. 1, No. 1, pp. 374-389). Fakultas hukum Universitas Bangka Belitung.
Nasrullah, R. (2016). Media Sosial. Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama.
Pakpahan, R. (2017). Analisis Fenomena Hoax Diberbagai Media Sosial Dan Cara Menanggulangi Hoax. Konferensi Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi, 1(1).
Rahadi, D. R. (2017). Perilaku Pengguna Dan Informasi Hoax Di Media Sosial. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 58–70. https://doi.org/10.26905/jmdk.v5i1.1342
Raharja, T. (2020). Strategi Penanggulangan Informasi Hoax di Media Sosial oleh Unit Cyber Crime di Kota Makassar. Skripsi. Makassar: Jurusan Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Makassar
Rudi, A. (2017). Kenapa "Hoax" Mudah Tersebar di Indonesia? Diakses dari situs: http://megapolitan.kompas.com/read/2017/02/08/21 160841/kenapa.hoax.mudah.tersebar.di.indonesia tanggal 23 April 2017.
Situngkir, H. & Maulana, A. (2010). “Some Inquiries to Spontaneous Opinions: A case with Twitter in Indonesia”. BFI Working Paper Series WP‐10‐2010. Situngkir, H. (2017). Spread of hoax in Sosial Media A report on empirical case. Journal of Economic Perspectives—Volume 31, Number 2—Spring 2017—Pages 211–236.
Sutantohadi, A., & Wakhidah, R. (2018). Bahaya Berita Hoax Dan Ujaran Kebencian Pada Media Sosial Terhadap Toleransi Bermasyarakat. DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 1–5. https://doi.org/10.32486/jd.v1i1.153
Salamor, Y. B., & Salamor, A. M. (2021). Etika Bermedia sosial Bagi Generasi Muda Gereja. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 228-231.
Suyanto, T., Prasetyo, K., Isbandono, P., Zain, I. M., Purba, I. P., & Gamaputra, G. (2018). Persepsi mahasiswa terhadap kemunculan berita bohong di media sosial. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 52-61.
Wahid, Abdul dan Mohammad Labib, 2010 Kejahatan Mayantara (Cybercrime), Bandung: Refika Aditama.
Widodo. 2013. Memerangi Cybercrime (Karakteristik, Motifasi, dan Strategi Penanganannya dalam Perspektif Kriminologi). Yogyakarta: Aswaja Pressindo
DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v2i2.14830
Article Metrics
Abstract Views : 170 timesPDF Downloaded : 44 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Arief Rahman, Rini Meiyanti, Syibral Malasyi, Maryana Maryana, Muhammad Muhammad, Angga Pratama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-ISSN : 2829-6141