Pengaruh Pemberian Pupuk NPK dan Kompos Kulit Kopi Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kentang (Solanum Tuberosum L.)

Athea Bellangi, Ismadi Ismadi, Hafifah Hafifah, Muhammad Yusuf N, Laila Nazirah

Abstract


Kentang merupakan salah satu komoditas penting dan mendapat prioritas untuk dikembangkan karena bernilai ekonomi tinggi serta mempunyai potensi untuk mendukung diversifikasi pangan, namun produksinya masih tergolong rendah karena masih belum optimal penggunaan teknologi budidaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk NPK dan kompos kulit kopi terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kentang. Penelitian dilaksanakan di Kampung Tingkem Bersatu Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah dengan ketinggian tempat 1300 m dpl. Bahan utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah bibit tanaman kentang varietas Granola, pupuk NPK dan kompos kulit kopi. Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) faktorial dengan dua faktor yaitu faktor pupuk NPK (N) yang terdiri dari empat taraf (0, 1, 1,5 dan 2 ton/ha) dan faktor kompos kulit kopi (K) yang terdiri dari tiga taraf (0, 15 dan 20 ton/ha). Hasil penelitian menunjukkan terdapat interaksi yang sangat nyata pada pemberian NPK dengan kompos kulit kopi terhadap tinggi tanaman umur 30 HST dan bobot umbi tanaman sampel, berinteraksi nyata terhadap tinggi tanaman umur 45 HST dan indeks panen. Pemberian pupuk NPK secara tunggal berpengaruh nyata terhadap bobot umbi tanaman sampel dan berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman umur 30 HST, 45 HST dan 60 HST, kandungan klorofil, jumlah umbi, bobot umbi perplot dan indeks panen. Pemberian kompos kulit kopi secara tunggal berpengaruh sangat nyata terhadap kandungan klorofil dan berpengaruh nyata terhadap bobot umbi perplot. Interaksi antara pupuk NPK dosis 2 ton/ha dan kompos kulit kopi dosis 20 ton/ha memberikan hasil terbaik terhadap tinggi tanaman umur 30 HST dan bobot umbi perplot.

Keywords


Kentang; Limbah Kopi; Varietas

Full Text:

PDF

References


Amarullah, M. R., & Amarillis, S. (2019). Produksi dan budidaya umbi bibit kentang (Solanum tuberosum L.) di Pangalengan, Bandung, Jawa Barat. Buletin Agrohorti, 7(1), 93-99.

Adi, I. A., Barunawati, N., & Wardiyati, T. (2018). Pengaruh Kombinasi Pupuk Npk Dengan Jenis Pupuk Kandang Pada Pertumbuhan Dan Hasil Kentang (Solanum tuberosum L.) Di Dataran Medium. Jurnal Produksi Tanaman, 5(4).

Anggun, A., Supriyono, S., & Syamsiyah, J. (2017). Pengaruh jarak tanam dan pupuk N, P, K terhadap pertumbuhan dan hasil garut (Maranta arundinacea L.). Agrotechnology Research Journal, 1(2), 33-38.

Badan Pusat Statistik. (2019). Luas Panen dan Produksi Kentang 2017-2019. Provinsi Jambi.

Effendi, D., Sufardi, S., & Muyassir, M. (2014). Aplikasi biochar dan kompos kulit kopi untuk meningkatkan hasil kentang pada andisol atu lintang kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Manajemen Sumberdaya Lahan, 3(2), 452-458.

Falahuddin, I., Raharjeng, A. R., & Harmeni, L. (2016). Pengaruh pupuk organik limbah kulit kopi (Coffea arabica L.) terhadap pertumbuhan bibit kopi. Jurnal Bioilmi, 2(02).

Hidayat, S.Y. (2014). Karakterisasi Morfologi Beberapa Genotipe Kentang (Solanum tuberosum) Yang Dibudidayakan Di Indonesia (Skripsi). Program Sarjana Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Jawa Barat.

Napitupulu, I. (2014). Pengaruh Kerapatan Tanam Dan Ukuran Umbi Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Kentang. Jurnal Kultura Pertanian USU 27 (1): 34-38.

Rosyidah, A. (2018). Respon Pertumbuhan Dan Hasil Tiga Varietas Kentang (Solanum Tuberosum L.) Akibat Aplikasi Pupuk Kalium Di Dataran Medium. Folium Jurnal Ilmu Pertanian, 2(2), 22-31..

Sutrisna, N., & Surdianto, Y. (2014). Kajian formula pupuk NPK pada pertanaman kentang lahan dataran tinggi di Lembang Jawa Barat. Jurnal Hortikultura, 24(2), 124-132.

Salori, A., & Barunawati, N. (2018). Pengaruh Dosis Kompos dan Pupuk Fosfor terhadap Pertumbuhan dan Hasil Kentang (Solanum tuberosum L.) Varietas DTO 28 di Dataran Medium. Jurnal Produksi Tanaman, 6(5).

Tumangger, R. F., Hapsoh, H., & Sukemi, S. (2017). Pengaruh Pemberian Kompos Kulit Kopi dan Pupuk Npk terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit (Elaeis guineensis jacq.) di Pembibitan Utama (Doctoral dissertation, Riau University).

Valentiah, F. V., Listyarini, E., & Prijono, S. (2017). Aplikasi kompos kulit kopi untuk perbaikan sifat kimia dan fisika tanah inceptisol serta meningkatkan produksi brokoli. Jurnal Tanah dan Sumberdaya Lahan, 2(1), 147-154.




DOI: https://doi.org/10.29103/jimatek.v1i1.8460

Article Metrics

 Abstract Views : 670 times
 PDF Downloaded : 199 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Athea Bellangi, Ismadi Ismadi, Hafifah Hafifah, Muhammad Yusuf N, Laila Nazirah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroekoteknologi (JIMATEK)