Respon Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Selada Merah (Lactuca sativa L.) Terhadap Pemberian Pupuk Kandang Sapi dan Pupuk Organik Cair Daun Lamtoro

Muhammad Ridho, Hafifah Hafifah, Nilahayati Nilahayati, Ismadi Ismadi, Nasruddin Nasruddin

Abstract


Penggunaan pupuk kimia secara terus-menerus dengan konsentrasi dan dosis tinggi dapat menyebabkan penurunan kesuburan tanah serta menurunnya kandungan bahan organik tanah. Untuk mengatasi masalah ini, penggunaan pupuk organik, seperti pupuk kandang sapi dan pupuk organik cair dari daun lamtoro, dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman selada merah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh aplikasi pupuk kandang sapi dan pupuk organik cair dari daun lamtoro terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada merah. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tambun Tunong, Kecamatan Dewantara, dan di Laboratorium Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh. Metode penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok dengan dua faktor. Faktor pertama adalah dosis pupuk kandang sapi, yang terdiri dari: S0 = 0 g/polybag, S1 = 50 g/polybag, dan S2 = 100 g/polybag. Faktor kedua adalah dosis pupuk organik cair daun lamtoro, yang terdiri dari: C0 = 0 ml/liter, C1 = 100 ml/liter, dan C2 = 200 ml/liter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk kandang sapi berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil selada merah, khususnya pada parameter panjang daun, berat segar tanaman, dan klorofil daun. Perlakuan terbaik ditemukan pada dosis pupuk kandang sapi S2 (100 gram/polybag). Pemberian pupuk organik cair daun lamtoro juga berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil selada merah, terutama pada parameter panjang daun, berat segar tanaman, panjang akar, dan volume akar. Perlakuan terbaik ditemukan pada dosis pupuk organik cair daun lamtoro C2 (200 ml/liter air). Tidak terdapat interaksi signifikan antara pupuk kandang sapi dan pupuk organik cair daun lamtoro terhadap pertumbuhan dan hasil selada merah pada semua parameter yang diamati.

Keywords


Selada Merah; Kotoran Sapi; Pupuk Organik Cair; Daun Lamtoro

Full Text:

PDF

References


Elfarisna, N., Putri, N. O. S., & Rahmayuni, N. E. (2023). Aplikasi Pupuk Organik Cair Daun Lamtoro terhadap Pertumbuhan dan Produksi Selada Merah. Jurnal Hortikultura Indonesia, 14(3), 177–183.

Evelyn, E., Hindarto, K. S., & Inoriah, E. (2018). Pertumbuhan dan Hasil Selada (Lactuca sativa L.) dengan Pemberian Pupuk Kandang dan Abu Sekam Padi di Inceptisol. Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian Indonesia, 20(2), 46–50.

Hafifah, H., Sudiarso, S., Maghfoer, M. D., & Prasetya, B. (2016). The potential of Tithonia diversifolia green manure for improving soil quality for cauliflower (Brassica oleracea var. Brotrytis L.). Journal of Degraded and Mining Lands Management, 3(2), 499–506.

Hasibuan, H. G., Jamidi, J., Hafifah, H., Rafli, M., & Handayani, R. S. (2022). Respon Pertumbuhan Bibit Kakao (Theobroma Cacao L.) Akibat Pemberian Pupuk Organik Cair Lamtoro dan Pupuk Fosfor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroekoteknologi, 1(3), 68-72.

Hayati, E. (2010). Pengaruh Pupuk Organik dan Anorganik terhadap Kandungan Logam Berat dalam Tanah dan Jaringan Tanaman Selada. Jurnal Floratek, 5, 113–123.

Jeksen, J., & Mutiara, C. (2017). Analisis Kualitas Pupuk Organik Cair dari Beberapa Jenis Tanaman Leguminosa. Jurnal Pendidikan MIPA, 7(2), 124–130.

Riyawati. (2015). Pengaruh Residu Pupuk Kandang Ayam dan Sapi pada Pertumbuhan Sawi (Brassica juncea L.) di Media Gambut, Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau.

Roidi, A. (2016). Pengaruh Pemberian Pupuk Cair Daun Lamtoro (Leucaena leucocephala) terhadap Pertumbuhan dan Produktivitas Tanaman Sawi Pakcoy (Brasicca chinensis L.). Skripsi Sarjana. Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Sanda, U., & Hasnelly. (2023). Respon Tanaman Selada (Lactuca Sativa. L) Terhadap Pupuk Kandang Sapi dan Konsentrasi Pupuk Organik Cair (POC). Jurnal Sains Agro, 8(1), 13–25.




DOI: https://doi.org/10.29103/jimatek.v3i1.18334

Article Metrics

 Abstract Views : 73 times
 PDF Downloaded : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhammad Ridho, Hafifah Hafifah, Nilahayati Nilahayati, Ismadi Ismadi, Nasruddin Nasruddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroekoteknologi (JIMATEK)