Pengaruh Media Tanam dan Varietas Terhadap Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (Brassica Rapa L.)

Nazimah Nazimah, Faisal Faisal, Hafifah Hafifah, Muhammad Nazaruddin, nelly Fridayanti, Wirda Amelia

Abstract


Pakcoy (Brassica rapa L.) merupakan salah satu tumbuhan yang dimanfaatkan daunnya sebagai sayuran. Menurunnya produksi pakcoy karena terbatasnya media tumbuh dan keragaman komoditas di lahan yang sempit, mengakibatkan produktivitas tanaman tidak maksimal dan tidak berkelanjutan. Penanaman bisa dilakukan di lapangan, pot, polybag, atau secara hidroponik. Pertanian organik adalah sistem produksi pertanian yang mempromosikan produksi makanan dan serat lingkungan, sosial dan ekonomi, dan tidak termasuk penggunaan pupuk sintetis, pestisida, pengatur tumbuh, pakan ternak dan aditif, dan organisme hasil rekayasa genetika. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh media tanam dan varietas terhadap pertumbuhan tanaman pakcoy. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh pada bulan Januari 2023 sampai dengan Februari 2023. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAL) faktorial dengan 3 ulangan. Perlakuan yang diuji terdiri dari dua faktor yaitu faktor pertama, penggunaan media tanam (M) terdiri atas 3 taraf yaitu, M0: Tanah, M2: Pupuk kandang + tanah (1:1), M3: Arang sekam + tanah (1:1), faktor kedua, penggunaan varietas pakcoy (V) terdiri atas 3 taraf yaitu: V1: varietas Nauli F1, V2: varietas urban, V3: varietas Sylphy tx F1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan media tanam tidak mempengaruhi tinggi tanaman dan jumlah daun kecuali kadar klorofil yang berpengaruh sangat nyata. Media tanam yang terbaik terdapat pada perlakuan media tanah + Pupuk Kandang. Perlakuan varietas tanaman pakcoy berpengaruh nyata pada jumlah daun, tetapi berpengaruh sangat nyata pada kadar klorofil tetapi tidak berpengaruh pada tinggi tanaman. Varietas yang terbaik terdapat pada varietas Nauli F1. Adanya interaksi antara media tanam dengan varietas, hal ini dapat dilihat pada tinggi tanaman dan kadar klorofil.

Keywords


Benih; Arang sekam; Pupuk kandang; Tanah

Full Text:

PDF

References


Anthonio, M. M., Boampong, E. Y., Coleman, F. N., & Anthonio, F. A. (2018). The impact of different growth media on cocoa (Theobroma cacao L.) seedling. Journal of Energy and Natural Resource Management, 5(1), 1-4

Ameriana, M. (1998). Perbaikan kualitas sayuran berdasarkan preferensi konsumen. Balai Penelitian Tanaman Sayuran, Litbang Pertanian, Bandung.

Borges, F. R. M., Bezerra, F. M. L., Marinho, A. B., Ramos, E. G., & Adriano, J. D. N. J. (2019). Goat manure fertilization and irrigation on production components of sunflower. Revista Caatinga, 32, 211-221.

Barrett, G. E., Alexander, P. D., Robinson, J. S., & Bragg, N. C. (2016). Achieving environmentally sustainable growing media for soilless plant cultivation systems–A review. Scientia horticulturae, 212, 220-234.

Direktorat Jenderal Hortikultura. (2015). Statistik Produksi Hortikultura Tahun 2014. Jakarta: Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian.

Junia, L. S. (2017). Uji pertumbuhan dan hasil tanaman pakcoy (Brassica rapa L.) dengan pemberian pupuk organik cair pada system hidroponik. Agrifor, 16(1), 65-74.

Kurniasih, F. P., & Soedradjad, R. (2019). Pengaruh Kompos Dan PGPR (Plant Growth Promoting Rhizobacteria) Pada Lahan Kering Terhadap Produksi Sawi (Brassica rapa L.). Berkala Ilmiah Pertanian. 2(4), 159–163

Oktafia, T. J., & Maghfoer, M. D. (2018). Respon Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Pakcoy (Brassica Rapa L.) Terhadap Aplikasi Em dan PGPR. Jurnal Produksi Tanaman. 6(8), 1974–1981.

Utomo, W. Y., Bayu, E. S., & Nuriadi, I. (2014). Keragaan beberapa varietas pakchoy (Brassica rapa L. ssp. chinensis (L.)) pada dua jenis larutan hara dengan metode hidroponik terapung. Jurnal Agroekoteknologi Universitas Sumatera Utara, 2(4), 1661-1666.

Yuanita, V. R., Kurniastuti, T., & Puspitorini, P. (2016). Respon pupuk kandang kambing dan pupuk NPK pada pertumbuhan dan hasil tanaman terung hijau (Solanum melongena L.). VIABEL: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Pertanian, 10(1), 53-62.




DOI: https://doi.org/10.29103/jimatek.v2i3.15455

Article Metrics

 Abstract Views : 115 times
 PDF Downloaded : 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nazimah Nazimah, Faisal Faisal, Hafifah Hafifah, Muhammad Nazaruddin, nelly Fridayanti, Wirda Amelia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroekoteknologi (JIMATEK)