Analisis Kepuasan Wajib Pajak Dan Kepatuhan Wajib Pajak Terhadap Fasilitas Program Si Jempol (Jemput Pajak Online) Di Samsat Kota Lhokseumawe

Mislaturrina Mislaturrina, Razif Razif, Muammar Khaddafi, Rany Gesta Putri Rais

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kepuasan wajib pajak dan kepatuhan wajib pajak dapat meningkat dengan adanya fasilitas program si Jempol (Jemput Pajak Online) di Samsat kota Lhokseumawe, serta untuk mengetahui perbandingan pembayaran pajak sebelum adanya si Jempol dengan setelah adanya si Jempol di Samsat Kota Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif Deskriptif yang bersifat berusaha untuk memaparkan dan menafsirkan data yang di peroleh dari lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui sumber primer yaitu dengan melakukan wawancara terhadap 50 responden/ wajib pajak dan sumber sekunder yaitu dengan mengambil data dari Kantor Samsat terkait laporan sebelum adanya si Jempol dengan setelah adanya si Jempol di Samsat Kota Lhokseumawe. Instrumen penelitian dalam penetian ini adalah peneliti itu sendiri, artinya peneliti yang mengamati dan mengambil data penelitian dari lokasi penelitian. Pengujiaan kredibilitas data dalam penelitian ini adalah perpanjangan pengamatan oleh peneliti terkait data sekunder yang diperoleh, apakah data yang sebelumnya diperoleh sudah benar dan dicek kembali, jika data yang diperoleh selanjutnya sudah benar maka data sudah kredibel sehingga waktu perpanjangan pengamatan dapat diakhiri. Hasil dari penelitian yang dilakukan terkait si Jempol adalah program si Jempol berdampak baik dan positif terhadap pembayaran pajak. Artinya, program si Jempol ini dapat meningkatkan kepuasan wajib pajak dan kepatuhan wajib pajak, sehingga dengan adanya si Jempol ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak.


Keywords


Taxpayer satisfaction, Taxpayer compliance, the Jempol program (Online Tax Pickup).

Full Text:

PDF

References


Sumber Penulisan Artikel Jurnal

Pratama, R. A., & Mulyani, E. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Pajak, Sanksi Perpajakan, Dan Biaya Kepatuhan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Di Kota Padang. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(3), 1293–1306. https://doi.org/10.24036/jea.v1i3.143

Waha, G. G., Pangemanan, S. S., & Warongan, J. D. . (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Sebagai Upaya Peningkatan Kepuasan Wajib Pajak Dalam Pembayaran Pajak Pada Uptd Samsat Tomohon. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(2), 2511–2520. https://doi.org/10.35794/emba.v7i2.23547

Wati, L. J., MS, M., & Pandjaitan, D. R. H. (2018). analisis Kualitas Pelayanan Ladies Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Mall Bumi Kedaton Bandar Lampung. Bisnis Dan Manajemen, 11(1), 20–32.

I Gusti Ayu Mas Rosita Dewi; Kadek Wulandari Laksmi P. (2019). Efektivitas E-Samsat, Pajak Progresif dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 4(1), 50–61. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/akuntansi

Mustapa, J., & Lubis, T. (2020). Analisis analisis kepuasan wajib pajak terhadap pelayanan samsat lubuk pakam. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1, 101–107.

Sumber Penulisan dari buku

Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan (M. Anwar (ed.); Vol. 53, Issue 9). CV. Nata Karya. Ponorogo. http://repository. iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

Sumber Penulisan Media Online

Mubarak, Z. (2021). Samsat Lhokseumawe Luncurkan Sijempol, Kendaraan Sistem Jemput Pajak dan Print Nota di Tempat Artikel ini telah tayang di SerambiNews.com dengan judul Samsat Lhokseumawe Luncurkan Sijempol, Kendaraan Sistem Jemput Pajak dan Print Nota di Tempat. Serambinews.Com. https://aceh.tribunnews.com/2021/09/21/samsat-lhokseumawe-luncurkan-sijempol-kendaraan-sistem-jemput-pajak-dan-print-nota-di-tempat

Rahmad. (2021a). Aksi siJempol Jemput pajak Kendaraan. Antarafoto.Com. https://www.antarafoto.com/foto-cerita/v1635919534/aksi-sijempol-jemput-bola-pajak-kendaraan




DOI: https://doi.org/10.29103/jam.v1i2.8651

DOI (PDF): https://doi.org/10.29103/jam.v1i2.8651.g4419

Article Metrics

 Abstract Views : 348 times
 PDF Downloaded : 53 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2962-6927

Flag Counter

 

 

 

 

Stat Counter Jurnal Akuntansi Malikussaleh