Analisis Kepuasan Wajib Pajak Dan Kepatuhan Wajib Pajak Terhadap Fasilitas Program Si Jempol (Jemput Pajak Online) Di Samsat Kota Lhokseumawe
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kepuasan wajib pajak dan kepatuhan wajib pajak dapat meningkat dengan adanya fasilitas program si Jempol (Jemput Pajak Online) di Samsat kota Lhokseumawe, serta untuk mengetahui perbandingan pembayaran pajak sebelum adanya si Jempol dengan setelah adanya si Jempol di Samsat Kota Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif Deskriptif yang bersifat berusaha untuk memaparkan dan menafsirkan data yang di peroleh dari lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui sumber primer yaitu dengan melakukan wawancara terhadap 50 responden/ wajib pajak dan sumber sekunder yaitu dengan mengambil data dari Kantor Samsat terkait laporan sebelum adanya si Jempol dengan setelah adanya si Jempol di Samsat Kota Lhokseumawe. Instrumen penelitian dalam penetian ini adalah peneliti itu sendiri, artinya peneliti yang mengamati dan mengambil data penelitian dari lokasi penelitian. Pengujiaan kredibilitas data dalam penelitian ini adalah perpanjangan pengamatan oleh peneliti terkait data sekunder yang diperoleh, apakah data yang sebelumnya diperoleh sudah benar dan dicek kembali, jika data yang diperoleh selanjutnya sudah benar maka data sudah kredibel sehingga waktu perpanjangan pengamatan dapat diakhiri. Hasil dari penelitian yang dilakukan terkait si Jempol adalah program si Jempol berdampak baik dan positif terhadap pembayaran pajak. Artinya, program si Jempol ini dapat meningkatkan kepuasan wajib pajak dan kepatuhan wajib pajak, sehingga dengan adanya si Jempol ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Sumber Penulisan Artikel Jurnal
Pratama, R. A., & Mulyani, E. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Pajak, Sanksi Perpajakan, Dan Biaya Kepatuhan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Di Kota Padang. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(3), 1293–1306. https://doi.org/10.24036/jea.v1i3.143
Waha, G. G., Pangemanan, S. S., & Warongan, J. D. . (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Sebagai Upaya Peningkatan Kepuasan Wajib Pajak Dalam Pembayaran Pajak Pada Uptd Samsat Tomohon. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(2), 2511–2520. https://doi.org/10.35794/emba.v7i2.23547
Wati, L. J., MS, M., & Pandjaitan, D. R. H. (2018). analisis Kualitas Pelayanan Ladies Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Mall Bumi Kedaton Bandar Lampung. Bisnis Dan Manajemen, 11(1), 20–32.
I Gusti Ayu Mas Rosita Dewi; Kadek Wulandari Laksmi P. (2019). Efektivitas E-Samsat, Pajak Progresif dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 4(1), 50–61. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/akuntansi
Mustapa, J., & Lubis, T. (2020). Analisis analisis kepuasan wajib pajak terhadap pelayanan samsat lubuk pakam. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1, 101–107.
Sumber Penulisan dari buku
Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan (M. Anwar (ed.); Vol. 53, Issue 9). CV. Nata Karya. Ponorogo. http://repository. iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf
Sumber Penulisan Media Online
Mubarak, Z. (2021). Samsat Lhokseumawe Luncurkan Sijempol, Kendaraan Sistem Jemput Pajak dan Print Nota di Tempat Artikel ini telah tayang di SerambiNews.com dengan judul Samsat Lhokseumawe Luncurkan Sijempol, Kendaraan Sistem Jemput Pajak dan Print Nota di Tempat. Serambinews.Com. https://aceh.tribunnews.com/2021/09/21/samsat-lhokseumawe-luncurkan-sijempol-kendaraan-sistem-jemput-pajak-dan-print-nota-di-tempat
Rahmad. (2021a). Aksi siJempol Jemput pajak Kendaraan. Antarafoto.Com. https://www.antarafoto.com/foto-cerita/v1635919534/aksi-sijempol-jemput-bola-pajak-kendaraan
DOI: https://doi.org/10.29103/jam.v1i2.8651
DOI (PDF): https://doi.org/10.29103/jam.v1i2.8651.g4419
Article Metrics
Abstract Views : 348 timesPDF Downloaded : 53 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN: 2962-6927