Peningkatan Pemahaman Komputer Akuntansi Dengan Pembelajaran Zahir Accounting Sebagai Media Praktek Mahasiswa Akuntansi Universitas Malikussaleh

Reza Ramadoni, Rany Gesta Putri Rais, Nurhasanah Nurhasanah, Hendra Raza

Abstract


Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan tenoligi sangat berpengaruh pada berbagai aspek kehidupan, salah satunya perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan, termasuk dalam bidang akuntansi dari ma kemasa yang mengalami perubahan yang signfikan. Penelitian ini berfokus pada peningkatan pemahaman komputer akuntansi dengan pembelajaran zahir sebagai media praktek. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data premier yang diperoleh langsung dari lapangan lalui observasi dan wawancara mendalam. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tujuan digunakannya aplikasi zahir accounting sebagai media praktek dalam proses pembelajaran mahasiswa akuntansi yaitu sebagai acuan dalam dunia kerja kedepannya, serta untuk meningkatkan kemampuan dan softskill dalam bidang komputerisasi terkhusus pada zahir accounting, dengan adanya kemampuan yang dimiliki mahasasiswa akuntansi tentang zahir accounting tersebut diharapkan dapat membantu UMKM yang ada dalam membuat laporan keuangan dasar menggunakan aplikasi zahir accounting.

Keywords


Understanding, zahir, accounting

Full Text:

PDF

References


Afrizal. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Gafindo Persada.

Haeruddin. 2021. Pengantar Akuntansi (Proses Akuntansi Jasa, Dagang, Manufaktur) Dilengkapi Contoh Kasus dan Penyelesaiannya Serta Soal Praktek. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Hasanah, H. 2017. Media Pembelajaran. Jawa Timur: CV Pustaka Abadi.

Iswadi. Hendra Raza. Naz’aina. 2022. Analisis Kinerja Keuangan Sebelum Dan Sesudah Restrukturisasi Utang Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Malikussaleh. Vol 1. No 1.

Kustandi, C. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Divisi Prenadamedia Group.

Mulyani, Ade Sri. Ibnu Rusdi. Flora Marantika BR Karo. 2020. Penerapan Aplikasi Zahir Accounting Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Pada PT Havidz Sarana Utama Depok. Jurnal Akuntansi dan Bisnis Indonesia.Vol 1. No 2 (Hal 96-107).

Natsir. 1998. Buku Contoh Metode Peneltian. Jakarta: ghalia Indonesia.

Nurhasanah, 2017. Pengaruh Asset Growth Terhadap Profitabilitas Pada Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Visioner & Strategis. ISSN : 2338-2864. p.41-44.

Pratama, Fidya Arie., Odi Nurdiawan. 2019. Peningkatan Pemahaman Akuntansi Dengan Mengggunakan Software Zahir. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Vol 7. No 2. Hal 118-125.

Purnairawan, E. 2021. Pengantar Akuntansi. Bandung: CV Media Sains Indonesia.

Rahmawati, Mari. 2015. Peran Aplikasi Komputer Berbasis Akuntansi Untuk Badan Usaha Dalam Prespektif Sistem Informasi. Perspektif. Vol XIII. No 2. Hal 172-183.

Sari, Dian Indah & Rizky Ulya. 2019. Penerapan Zahir Acounting Versi 5.1 Dalam Penyusuna Laporan Keuangna Pada PT Citarum Borneo Quantum. Moneter. Vol 6. No 1. Hal 23-32.

Saryoko, Andi. Miftahul Jannah.Sulaeman Hadi Sukmana. Rahmat Hidayat. 2018. Penerapan Zahir Accounting Versi 5.1 Untuk Pengoahan Data Akuntansi Pada SMK Tridaya Jakarta.

Shasmeita, Elsa. 2021. Penggunaan Zair Acounting Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Manajemen Pada Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (PERBARINDO). Skripsi Program Studi D-III Keuangan Dan Perbankan, Politeknik Negeri Jakarta.

Sianturi, Lusi Rina Sukasih. 2017. Pengolahan Data Akuntansi Keuangan Pada PT Lagoa Nusantara Menggunakan Zahir Accounting Versi 5.1. Skripsi Program Studi Komputisasi Akuntansi, Akademi Manajemen Informatika dan Komputer, Jakarta.

Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Untuk penelitian yang bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yunita, Nur Afni. Rani Gesta Putri. Indrayani. 2022. Pengaruh Modal Usaha, Penggunaan Informasi Akuntansi Dan Sistem Penjualan E-Commerce Terhadap Kinerja Keuangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Stud Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Lhokseumawe). Jurnal Akuntansi Malikussaleh. Vol 1. No 1

Zeinora., Desy Septariani. 2020. Analisis Kelebihan Dan Kekurangan Serta Kebermanfaatan Menggunakan Software Accurate, MYO, Zahir Acounting Dan Penerapannya Di Unuversitas Indraprasta PGRI. Jurnal Of Applied Business And Economicss (JABE). Vol 6. No 4. Hal 341-353.




DOI: https://doi.org/10.29103/jam.v3i2.16744

DOI (PDF): https://doi.org/10.29103/jam.v3i2.16744.g7126

Article Metrics

 Abstract Views : 11 times
 PDF Downloaded : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2962-6927

Flag Counter

 

 

 

 

Stat Counter Jurnal Akuntansi Malikussaleh