Hubungan Regulasi Diri dengan Cinderella Complex pada Mahasiswi Universitas Malikussaleh

Irza Maulita, Rini Julistia, Ika Amalia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami hubungan antara regulasi diri dan pola perilaku cinderella complex.  Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional dengan jumlah sampel 387 mahasiswi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara regulasi diri dengan cinderella complex pada mahasiswi, dengan nilai korelasi negatif sebesar -0,547. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat regulasi diri, maka akan semakin rendah tingkat cinderella complex yang dialami. Hal ini menunjukkan adanya hubungan negatif antara regulasi diri dan cinderella complex pada mahasiswi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya hubungan negatif yang signifikan antara regulasi diri dan cinderella complex pada mahasiswi. Mahasiswi yang memiliki kemampuan regulasi diri yang tinggi cenderung memiliki tingkat cinderella complex yang lebih rendah.

Keywords


Regulasi Diri, Cinderella Complex, Mahasiswi

Full Text:

PDF

References


Baumeister, R.F., & Vohs, K.D. (2011). Handbook of self – regulation: Research, Theory, and Applications. Guilford.

Cleary, T. J., & Platten, P. (2013). Examining the correspondence between self-regulated learning and academic achievement: A case study analysis. Education Research International, 1-18. https://www.scirp.org/reference/referencespapers?referenceid=2505709

Dowling, C. (1981). Tantangan wanita modern. Erlangga.

Elfariani, I & Anastasya, y, A (2022). Regulasi diri dan kecemasan sosial pada remaja. Jurnal Psikologi Terapan [JPT]. 5(1). 57-67. http://dx.doi.org/10.29103/jpt.v5i1.10421

Feist, J., & Feist, G. J. (2010). Teori kepribadian (Edisi ketujuh). https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=689311

Hapsah, A. D. (2014). Cinderella Complex Pada Mahasiswi: Studi Deskriptif pada Mahasiswi di Universitas Negeri Semarang. 2 (2). 14-16. https://lib.unnes.ac.id/23572/

Hulukati, W & Djibran, M, R. (2018). Analisis tugas perkembangan mahasiswa fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal bikotetik. 2(1). 73-114. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jbk/article/download/1787/pdf

Mayangsari, M. D. (2013). Peranan pola asuh otoriter terhadap kecenderungan cinderella complex dan prokrastinasi akademik pada remaja perempuan. Proyeksi, 8 (1), 21-32 .

Nugraha, I., & Nurhasanah, N. (2018). Hubungan regulasi diri dengan kecemasan akademis pada siswa SMA Negeri 1 Banda Aceh. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 3(2). https://jim.usk.ac.id/pbk/article/view/3635/4204

Oktaviyanti, D. (2013). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Kecenderungan Cinderella Complex Pada Remaja Putri Kelas XI SMA Negeri 11 Purworejo. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri, Yogyakarta.

Putri, U, N, H., Nur’aini., Sari, U& Mawaddah, S. (2022). Modul Kesehatan mental. CV Azka Pustaka. https://shorturl.at/rxG08

Rosa, L, F. (2018). Hubungan antara harapan lulus tepat waktu dan regulasi diri pada mahasiswa yang aktif berorganisasi. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Umatera Utara. https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/7433

Saha, S & Safri, T, S. (2016). Cinderella complex: theoretical roots to psychological dependency syndrome in women. The International Journal Of Indian Psychology. 3(8)., https://www.researchgate.net/publication/323545152_Cinderella_Complex_Theoretical_Roots_to_Psychological_Dependency_Syndrome_in_Women

Santrock, J, W. (2018). Life-Span Development Perkembangan Masa Hidup. Erlangga.

Sofia, L., Mulyana, N., Firman, A, L., & Verlanda, A. (2017). “One hour rule” sebagai self-regulation pada mahasiswi dengan cinderella complex. Psikostudia: Jurnal Psikologi. 6(1). 10-16.

https://ejournals.unmul.ac.id/index.php/PSIKO/article/view/2358

Sulkha, D, U & Masykur, A, M. (201). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengn Kecemasan Jauh Dari Smartphone Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Tengaran. Jurnal Empati. 10(2). 108-105. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/31002

Yasdar, M & Muliyadi. Penerapan Teknik Regulaasi (Self-Regulation) Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling STKIP Muhammadiyag Enrekang. Jurnal Edomaspul. 2(2). 50-60. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/download/9/7/

Zain, T, S. (2016). Cinderella complex dalam perspektif psikologi perkembangan sosial Emosi. Jurnal Indigenous. 1(1). 92-98. Https://doi.org/10.23917/indigenous.v1i1.2222

Xu, H., Zhang Z., Wu L., & Wang C-J. (2019) The Cinderella Complex: Word embeddings reveal gender stereotypes in movies and books. PLoS ONE 14(11). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0225385




DOI: https://doi.org/10.2910/insight.v2i4.18056

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Irza maulita, Rini Julistia, Ika Amalia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.