EFEKTIVITAS PSIKOEDUKASI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PERSONAL SAFETY SKILL PADA SISWA SMP X LHOKSEUMAWE

Binti Fatonah, Widi Astuti, Ella Suzanna, Muhammad Fikri Jaka Pratama

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas psikoedukasi pada siswa SMP X Lhokseumawe untuk meningkatkan pengetahuan personal safety skill. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP X Lhokseumawe berjumlah 30 orang. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen yang menggunakan one-group pretest-posttest. Psikoedukasi ini dilakukan dengan metode ceramah dan menampilkan cuplikan video mengenai personal safety skill. Psikoedukasi ini diharapkan bisa menjadi intervensi untuk meningkatkan pengetahuan siswa mengenai perlindungan diri terhadap kekerasan seksual. Materi yang disampaikan dalam psikoedukasi ini meliputi aspek-aspek yang terdapat dalam personal safety skill oleh Bagely & King (2004) yaitu recognize(mengenali), resist (bertahan) dan report (melaporkan). Hasil menunjukkan bahwa adanya perubahan perbedaan sebelum (pretest) dan setelah (posttest) diberikannya treatment. Hal ini dibuktikan dengan uji paired sample t-test dengan nilai sig.(2 tailed) 0.000 < 0.05. Dengan hasil tersebut membuktikan bahwa psikoedukasi cukup efektif dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan siswa mengenai personal safety skill.


Keywords


Personal safety skill, Psikoedukasi, Siswa SMP.

Full Text:

PDF

References


Bagley, C & King, K. (2004). Child Sexual Abuse: The Search for Healing. Routledge.

Center for Disease Control and Prevention (CDC): Teen Dating Violence. https://www.cdc.gov/violenceprevention/intimatepartnerviolence/teendatingviolence/fastfact.html.

Ellsworth, L. (2007). Choosing to Heal: Using Reality Therapy in the Treatment of Sexually Abused Children. Routledge

Nanda Aufa, Krisna. (2021). Kedudukan undang-undang perlindungan anak terhadap anak sebagai korban pelecehan seksual di Aceh. Jurnal Ilmu Syariah dan Hukum. 6(2), 113-125.

Noviana, I. (2015). Kekerasan Seksual Terhadap Anak: Dampak dan Penanganannya. Sosio Informa. 1(1), 13-28.

Purwati., Japar, M., Asih, S.S., & Rifki, Z.Z. Implementasi psikoedukasi untuk meningkatkan penanaman sikap peduli sosial pada siswa SMP Islam Sarbini Grabag. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat. 7 (1), 825-831.

Sesca, E.M., dan Hamidah. (2018). Posttraumatic growth pada wanita dewasa awal korban kekerasan seksual. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental. 7 (pp), 1-13.

Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak (SIMFONI PPA). https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkasan. (diakses pada tanggal 9 September 2022).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Supratiknya, A. Merancang Program dan Modul Psikoedukasi Edisi Revisi. Universitas Sanata Dharma

Wurtele, S.K., & Owens, J.S. (1997). Teaching Personal Safety Skills to Young Children: An Investigation og Age and Gender Across Five Studies. Elseivier Svience Ltd. 21(8), 805-814.




DOI: https://doi.org/10.2910/insight.v2i2.15676

Article Metrics

 Abstract Views : 56 times
 PDF Downloaded : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Binti Fatonah, Widi Astuti, Ella Suzanna, Muhammad Fikri Jaka Pratama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.