Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Stres pada Mahasiswa Tingkat Akhir
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan kecerdasan emosional dengan stres pada mahasiswa tingkat akhir Universitas Malikussaleh. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis korelasi. Jumlah sampel dalam penelitian ini ialah sebanyak tiga ratus enam puluh tiga mahasiswa tingkat akhir Universitas Malikussaleh. Pengambilan jumlah sampel menggunakan probability sampling yaitu simple random sampling. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan korelasi Pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan kecerdasan emosional dengan stres pada mahasiswa tingkat akhir di Universitas Malikussaleh. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai 0,000 (<0,05), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini dapat dipahami bahwa ketika mahasiswa memiliki kecerdasan emosional yang tinggi dia mampu mengenali perasaan diri sendiri, memotivasi diri sendiri dan mampu mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri maupun pada orang lain, sehingga mahasiswa mampu beradaptasi dengan lingkungannya dan akan menurunkan tingkat stres pada mahasiswa tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apipudin, A., Rahman, I. A., & Suarningsih, P. A. (2021). Gambaran tingkat stres mahasiswa tingkat IV dalam menyusun skripsi di STIKes Muhammadiyah Ciamis. Jurnal kesehatan.8(2),37-49. https://ojs.stikesmucis.ac.id/index.php/jurkes/article/download/134/91
Bariyyah, K., & Latifah, L. (2019). Kecerdasan Emosional Siswa Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Jenjang Kelas. Jurnal penelitian guru Indonesia-JPGI. 4(2), 68-75. http://doi.org/10.29210/02379jpgi0005
Fatchurrahmi, R. & Urbayatun, S. (2022). Peran kecerdasan emosi terhadap quarter life crisis pada mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 13(2), 102- 113. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jptt/article/download/13524/8194
Franyanti, A. (2022). Hubungan kecerdasan emosional dengan stres pada mahasiswa yang mengalami quarterlife crisis (QLC) di Fakultas Psikologi Universitas Medan Area Stambuk 2017. Skripsi. Universitas Medan Area Medan. https://repositori.uma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/17132/1/178600204%2 0-%20Alvira%20Franyanti-%20Fulltext.pdf
Gobel, S. R. (2018). Kecerdasan emosi dan stres akademik pada mahasiswa tingkat akhir di Yogyakarta. Skripsi. Universitas islam Indonesia Yogyakarta. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/14159
Goleman, D. (2003). Kecerdasan emosi untuk mencapai puncak prestasi. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Ismiati. (2015). Problematika dan coping stress mahasiswa dalam menyusun skripsi. Jurnal Al- Bayan, 21(32), 15-27. http://dx.doi.org/10.22373/albayan.v21i32.420
Kristanti, N. L. G. T., Cahyawati, P. N., & Kurniawan, I. G. Y. (2022). Hubungan kecerdasan emosional terhadap tingkat stres mahasiswa fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan Universitas Warmadewa di masa pandemic COVID-19. Journal AMJ (Aesculapius Medical Journal), 2(3), 174-180. https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/amj/article/download/5445/3 944/
Lestari, S. D. (2016). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan stres dalam menyusun skripsi pada mahasiswa fakultas psikologi universitas muhammadiyah Surakarta. Skripsi. Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://eprints.ums.ac.id/48457/13/NASKAH%20PUBLIKASI-septi.pdf
Lukman, H. (2007). Sarjana kebut skripsi. Transmedia.
Nafiati, D. A. (2015). Lingkungan belajar dan kecerdasan emosional sebagai faktor yang mempengaruhi stres kuliah mahasiswa. Jurnal penelitian dan wacana pendidikan, 9(1), 8-12.
INSIGHT: Jurnal Penelitian Psikologi, Vol.2, No. 1 (2024)
https://cakrawala.upstegal.ac.id/index.php/cakrawala/article/download/77/ 59
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health Psychology (7h editions). Jhon Wiley & Sons, Inc. Santrock, J. W. (2012). Life-span development (Perkembangan masa hidup). Erlangga.
Yoga, P. D., Febi, K., & Grace, E. C. (2018). Hubungan Jenis Kelamin dan Pengaruh Teman Sebaya dengan Tingkat Stres Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Kesmas, 7(5), 1-7. http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/kesmas/article/view/22558/22249
DOI: https://doi.org/10.2910/insight.v2i1.14987
Article Metrics
Abstract Views : 292 timesPDF Downloaded : 94 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Yersi, Ika Amalia, Rini Julistia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.