Gambaran Harga Diri Dewasa Awal Yang mengalami Nomophobia

Muhammad Farhan Alkhairi, Zurratul Muna, Riza Musni

Abstract


Penggunaan smartphone berlebihan telah mempengaruhi mahasiswa sehingga mengalami nomophobia pada perkembangan jati diri. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran harga diri yang mengalami nomophobia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknikpengambilan sampel Non-Probability Sampling. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu individu yang masuk dalam kategori dewasa awal yang berusia 18-25 tahun dan nilai nomophobia dalam kategori tinggi dengan menggunakan rumus Cochran. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner atau skala yang disusun sendiri oleh peneliti berdasarkan aspek nomophobia. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa tingkat harga diri pada usia dewasa awal subjek berjenis kelamin laki-laki berada pada kategori tinggi, sementara subjek berjenis kelamin perempuan memiliki tingkat harga diri yang lebih rendah. 


Keywords


Nomophobia, Harga Diri, Dewasa Awal

Full Text:

PDF

References


Aguilera-Manrique, G., Ma´rquez-Herna´ndez, V. V., Co´rdoba, T. A.-, GranadosGa´mez, G., Gutie´rrez-Puertas, V., & Gutie´rrez-Puertas, L. (2018). The relationship between nomophobia and the distraction associated with smartphone use among nursing students in their clinical practicum. Journal Plos One, 1–14.

Bhattacharya, S., Bashar, M. A., Srivastava, A., & Singh, A. (2019). Commentary NOMOPHOBIA: NO MObile PHone PhoBIA. Journal of Family Medicine and Primary Care, 1297–1300.

Coopersmith. (2017). Self-Esteem Inventory (Coopersmith) (E. of personality and individual Differences (ed.)). Springer International Publishing.

Diri, K., & Sosial, M. (2021). On College Students: Testing The Relationship Intensity Of Social Media Use And Self-Control. Jurnal Psikologi, 17 Nomor 1, 47–58.

Hafni, N. D. (2018). Nomophobhia, Penyakit Masyarakat Modern. Jurnal AlHikmah,6(2),41–50.

Khoiriyah, L. (2022). Intervensi Tim Kepedulian Masyarakat UI dalam Fenomena Nomophobia yang Merajalela. Kompasiana, 1–2.

Khoirunafik, U. (2018). Hubungan Harga Diri Dengan Penyesuaian Sosial Pada Remaja. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Oktaviani, M. A. (2019). Hubungan Penerimaan Diri Dengan Harga Diri Pada Remaja Pengguna Instagram. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(4), 549– 556.

Puswati, D., & Sari, N. P. (2021). Hubungan Nomophobia Dengan Konsentrasi Belajar pada Mahasiswa. Jurnal Kesehatan, 10(1), 1–6.

Rosenberg, M. (2015). Society and the adolescent self-image. Society and the Adolescent Self-Image, 1–326.

Suhron, M. (2017). Asuhan Keperawatan Konsep Diri: Self Esteem (T. K. U. Press (ed.); 1st ed.). Unmuh Ponorogo Press.

Thahir, A. (2020). Psikologi Perkembangan (1st ed.). Fakultas Tarbiyah.

Usman, G. J. P. (2019). Konsep Diri Pada Pasien Luka Kaki Diabetik (Ananda (ed.)). Oksana Publishing.

Yildirim and Cooreia. (2014). Exploring The Dimensions Of Nomophobia. Computers in Human Behavior, 5.




DOI: https://doi.org/10.2910/insight.v2i1.14773

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhammad Farhan Alkhairi, Zurratul Muna, Riza Musni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.