Dukungan Sosial pada Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Malikussaleh dalam Penyelesaian Skripsi

Lailatul Amaniah, Ella Suzanna, Nursan Junita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk dukungan sosial, serta faktor apa saja yang membuat mahasiswa menerima dukungan sosial. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik purposive sampling yang melibatkan lima mahasiswa, dosen pembimbing skripsi, teman dan juga pihak akademik Prodi Teknik Mesin. Hasil penelitian ini menunjukkan bentuk dukungan sosial yang diterima yaitu dukungan emosional  berupa perhatian, motivasi dan pengertian. Dukungan nyata yaitu berupa referensi, uang, transportasi, makan, peminjaman laptop dan printer. Dukungan informasi berupa saran, serta dukungan persahabatan yaitu ketersediaan teman ketika sedang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan skripsi. Faktor yang mempengaruhi mahasiswa menerima dukungan sosial yaitu terbuka tentang segala kondisi, memiliki hubungan yang baik dengan orang sekitar, saling membantu, sudah lewat masa studi, stres, dan juga kurangnya minat mengerjakan skripsi. Permasalahan yang dihadapi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi berasal dari faktor internal dan eksternal.


Keywords


Dukungan Sosial,mahasiswa, skripsi, teknik mesin

Full Text:

PDF

References


Aditama, D. (2017). Hubungan spiritual dan stres pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi. Jurnal Pendididkan Islam. 10,(2). http://journal.uii.a.id/Tarbawi/article/view/11908/8830

Astuti, T.P., & Hartati, S. (2013). Dukungan sosial pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Jurnal Psikologi UNDIP. 12,(1). https://sg.dockworkspace.com/I/sILbA-Z-Aefl-Z0G?sa=00&st=0t

Audhah, M. H. (2016). Hubungan dukungan emosional keluarga dengan keberhasilan pelaksanaan program pengobatan HIV/AIDS. The Indonesian Journal ofi nfectious Disease. 2,(40-44) https//media.neliti.com/media/publications/261803-none-9d4b54bb.pdf

Azizah, J. N., & Satwika, Y. W. (2021). Hubungan antara hardiness dengan stress akademik pada mahsiswa yang sedang mengerjakan skripsi selama pandemic COVID-19. Jurnal Penelitian Psikologi. 8,(1). http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/39116.

Christiana, E. (2020). Burnout akademik selama pandemi covid-19. Seminar bimbingan dan konseling mengukuhkaneksistensi peran BK pasca pandemi covid-19 di berbagai setting pendidikan. http://conference.um.ac.id/index.php/bk2/artile/view/74

Creswell, J. W. (2016). Research Design, Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. 4th ed. Pustaka Belajar.

Dayakisni, T. (2012). Psikologi Sosial. UMM Press.

Desmita. (2013). Psikologi Perkembangan. Remaja Rosdakarya.

Dhitanigrum, M. & Izzati, U.A. (2013). Hubungan antara persepsi mengenai dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajarsisa SMA N 1 Gondang Kabupaten Tulungagung. Jurnal Mahasiswa. 1,(2). http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/1887/5298

Doni, A. M. D & Pedhu, Y. (2022). Kontrol diri dan prokrastinasi akademik mahasiswa. Jurnal Psiko Edukasi. 20(2). http://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/psikoedukasi/article/download/3540/1810/14598

Fiedman, M.M., Bowden, O., & Jones, M. (2010). Buku ajar keperawatan keluarga, EGC. Ghufron, M. N., & Risnawati, S. R. (2011). Teori-teori psikologi. Ar-Ruzz Media.

Johnson, D.W. & Johnson, F.P. (2012). Dinamika Kelompok Teori dan Keterampilan. PT. Indeks.

Lestari, V. P., & Dewi, D. K. (2018). Hubunga efikasi diri dan kontrol diri dengan prokrastinasi skripsi pada mahasiswa Fakultas Imu Pendidikan. Jurnal Penelitian Psikologi. 1(6). http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/charater/article/view/25920

Nurfadilla, Basti, & Mansyur., A.Y. (2022). Hubungan dukungan sosial dosen pembimbing akademik dengan optimism menyusun skripsi pada mahasiswa. Jurnal Talenta Mahasiswa. 1,(4). https://sg.dockworkspace.com/I/slDXA-Z--AZZ251J0G?sa=00&st=0t

Poerwadarminta W.J.S. (2005). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Ratnawati, I. (2007). Pendapat mahasiswa jurusan seni dan desain tentang profil dosen pembimbing skripsi yang membantu penyelesaian skripsi. Jurnal bahasa dan seni. 35,(2). http://sastra.um.ac.id/wp-ontent/upload/2009/10/Pendapat-Mahasiswa-Jurusan-Seni-dan- Desain-tentang-Profil-Dosen-Pembimbing-Skripsi.

Ramadhani, D. Y. (2016). Karakteristik, dukungan keluarga dan efikasi diri pada lanjut usia diabetes mellitus tipe 2 di Kelurahan Padang Sari Semarang. Jurnal Ners. LENTERA. 4,(2). https://www.nelti.com/id/publications/231996/karakteristik-dukungan-keluarga-danefikasi- iri-pada-lanjut-usia-diabetes-militus.

Saragih, M., Silitonga, E., T. R., & Mislika, M. (2021). Hubungan dukungna keluarga dengan motivasi belajar mahasiswa selama pandemic covid-19 di program studi Ners Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan Universitas Sari Mutia Indonesia. Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda. 7(1). http:jurnal.uimedan.ac.id/index.pho/JURNALKEPERAWATAN

Sari, M.K. (2019). Dukungan keluarga, motivasi dan ketepatan waktu menyelesaikan skripsi mahasiswa keperawatan STIKES Karya Husada. Jurnal Adi Husada Noursing. 5,(2). https://adihusada.ac.id/jurnal/index.php/AHNJ/article/view/147

Saronson. (2005). Pengaruh Dukungan Sosial Terhdap Perilaku. Penerbit Kencana.

Zain, M. I., Radiusman, Syazali, M. Hasnawati & Amrullah, L. W. (2021). Identifikasi kesulitan mahasiswa dalam penyusunan skripsi prodi PGSD Universitas Mataram. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidika.4,(1). http://dx.doi.org/10.31258/jta.v4i1.73-85




DOI: https://doi.org/10.2910/insight.v2i1.14519

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lailatul Amaniah, Ella Suzanna, Nursan Junita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.