Dukungan Sosial pada Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Malikussaleh dalam Penyelesaian Skripsi
DOI:
https://doi.org/10.2910/insight.v2i1.14519Keywords:
Dukungan Sosial, mahasiswa, skripsi, teknik mesinAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk dukungan sosial, serta faktor apa saja yang membuat mahasiswa menerima dukungan sosial. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik purposive sampling yang melibatkan lima mahasiswa, dosen pembimbing skripsi, teman dan juga pihak akademik Prodi Teknik Mesin. Hasil penelitian ini menunjukkan bentuk dukungan sosial yang diterima yaitu dukungan emosional berupa perhatian, motivasi dan pengertian. Dukungan nyata yaitu berupa referensi, uang, transportasi, makan, peminjaman laptop dan printer. Dukungan informasi berupa saran, serta dukungan persahabatan yaitu ketersediaan teman ketika sedang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan skripsi. Faktor yang mempengaruhi mahasiswa menerima dukungan sosial yaitu terbuka tentang segala kondisi, memiliki hubungan yang baik dengan orang sekitar, saling membantu, sudah lewat masa studi, stres, dan juga kurangnya minat mengerjakan skripsi. Permasalahan yang dihadapi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi berasal dari faktor internal dan eksternal.
References
Aditama, D. (2017). Hubungan spiritual dan stres pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi. Jurnal Pendididkan Islam. 10,(2). http://journal.uii.a.id/Tarbawi/article/view/11908/8830
Astuti, T.P., & Hartati, S. (2013). Dukungan sosial pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Jurnal Psikologi UNDIP. 12,(1). https://sg.dockworkspace.com/I/sILbA-Z-Aefl-Z0G?sa=00&st=0t
Audhah, M. H. (2016). Hubungan dukungan emosional keluarga dengan keberhasilan pelaksanaan program pengobatan HIV/AIDS. The Indonesian Journal ofi nfectious Disease. 2,(40-44) https//media.neliti.com/media/publications/261803-none-9d4b54bb.pdf
Azizah, J. N., & Satwika, Y. W. (2021). Hubungan antara hardiness dengan stress akademik pada mahsiswa yang sedang mengerjakan skripsi selama pandemic COVID-19. Jurnal Penelitian Psikologi. 8,(1). http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/39116.
Christiana, E. (2020). Burnout akademik selama pandemi covid-19. Seminar bimbingan dan konseling mengukuhkaneksistensi peran BK pasca pandemi covid-19 di berbagai setting pendidikan. http://conference.um.ac.id/index.php/bk2/artile/view/74
Creswell, J. W. (2016). Research Design, Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. 4th ed. Pustaka Belajar.
Dayakisni, T. (2012). Psikologi Sosial. UMM Press.
Desmita. (2013). Psikologi Perkembangan. Remaja Rosdakarya.
Dhitanigrum, M. & Izzati, U.A. (2013). Hubungan antara persepsi mengenai dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajarsisa SMA N 1 Gondang Kabupaten Tulungagung. Jurnal Mahasiswa. 1,(2). http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/1887/5298
Doni, A. M. D & Pedhu, Y. (2022). Kontrol diri dan prokrastinasi akademik mahasiswa. Jurnal Psiko Edukasi. 20(2). http://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/psikoedukasi/article/download/3540/1810/14598
Fiedman, M.M., Bowden, O., & Jones, M. (2010). Buku ajar keperawatan keluarga, EGC. Ghufron, M. N., & Risnawati, S. R. (2011). Teori-teori psikologi. Ar-Ruzz Media.
Johnson, D.W. & Johnson, F.P. (2012). Dinamika Kelompok Teori dan Keterampilan. PT. Indeks.
Lestari, V. P., & Dewi, D. K. (2018). Hubunga efikasi diri dan kontrol diri dengan prokrastinasi skripsi pada mahasiswa Fakultas Imu Pendidikan. Jurnal Penelitian Psikologi. 1(6). http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/charater/article/view/25920
Nurfadilla, Basti, & Mansyur., A.Y. (2022). Hubungan dukungan sosial dosen pembimbing akademik dengan optimism menyusun skripsi pada mahasiswa. Jurnal Talenta Mahasiswa. 1,(4). https://sg.dockworkspace.com/I/slDXA-Z--AZZ251J0G?sa=00&st=0t
Poerwadarminta W.J.S. (2005). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.
Ratnawati, I. (2007). Pendapat mahasiswa jurusan seni dan desain tentang profil dosen pembimbing skripsi yang membantu penyelesaian skripsi. Jurnal bahasa dan seni. 35,(2). http://sastra.um.ac.id/wp-ontent/upload/2009/10/Pendapat-Mahasiswa-Jurusan-Seni-dan- Desain-tentang-Profil-Dosen-Pembimbing-Skripsi.
Ramadhani, D. Y. (2016). Karakteristik, dukungan keluarga dan efikasi diri pada lanjut usia diabetes mellitus tipe 2 di Kelurahan Padang Sari Semarang. Jurnal Ners. LENTERA. 4,(2). https://www.nelti.com/id/publications/231996/karakteristik-dukungan-keluarga-danefikasi- iri-pada-lanjut-usia-diabetes-militus.
Saragih, M., Silitonga, E., T. R., & Mislika, M. (2021). Hubungan dukungna keluarga dengan motivasi belajar mahasiswa selama pandemic covid-19 di program studi Ners Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan Universitas Sari Mutia Indonesia. Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda. 7(1). http:jurnal.uimedan.ac.id/index.pho/JURNALKEPERAWATAN
Sari, M.K. (2019). Dukungan keluarga, motivasi dan ketepatan waktu menyelesaikan skripsi mahasiswa keperawatan STIKES Karya Husada. Jurnal Adi Husada Noursing. 5,(2). https://adihusada.ac.id/jurnal/index.php/AHNJ/article/view/147
Saronson. (2005). Pengaruh Dukungan Sosial Terhdap Perilaku. Penerbit Kencana.
Zain, M. I., Radiusman, Syazali, M. Hasnawati & Amrullah, L. W. (2021). Identifikasi kesulitan mahasiswa dalam penyusunan skripsi prodi PGSD Universitas Mataram. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidika.4,(1). http://dx.doi.org/10.31258/jta.v4i1.73-85
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication and this work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
All articles in this journal may be disseminated by listing valid sources and the title of the article should not be omitted. The content of the article is liable to the author.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
In the dissemination of articles, the author must declare the INSIGHT:Jurnal Penelitian Psikologi as the first party to publish the article.