HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN SELF REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MALIKUSSALEH

diah fadhillah, Ika Amalia, Cut Ita Zahara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan positif antara dukungan sosial dengan self regulated learning pada mahasiswa penerima beasiswa KIP-K angkatan 2020 di Universitas Malikussaleh. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif korelasional dengan teknik non probability sampling. Teknik non probability sampling adalah teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang sama bagi setiap unsur anggota populasi untuk menjadi anggota sampel. Pada penelitian ini untuk pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini sebanyak dua ratus sembilan puluh pada mahasiswa penerima beasiswa KIP-K angkatan 2020 di Universitas Malikussaleh. Analisis data menggunakan korelasi Spearman dengan hasil sebesar 0,535. hasil ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang tinggi dengan arah hubungan yang positif antara dukungan sosial dengan self regulated learning pada mahasiswa penerima beasiswa KIP-K angkatan 2020 di Universitas Malikussaleh. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi dukungan sosial maka semakin tinggi self regulated learning sebaliknya semakin rendah dukungan sosial semakin rendah self regulated learning pada mahasiswa penerima beasiswa KIP-K angkatan 2020 di Universitas Malikussaleh.


Keywords


Dukungan sosial, Mahasiswa, Self regulated learning

Full Text:

PDF

References


Adicondro, N., & Purnamasari, A. (2011). Efikasi diri, dukungan sosial keluarga dan self regulated learning pada siswa kelas VIII (Vol. 8). Universitas Ahmad Dahlan. http://repository.unj.ac.id/20878/

Amseke, F. V. (2018). Pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap motivasi berprestasi. Ciencias: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 65–81. https://ejournal.upg45ntt.ac.id/ciencias/article/view/17

Arikunto, (2009). Prosuder Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta

Azmi, S. (2016). Self regulated learning salah satu modal kesuksesan belajar dan mengajar. Jurnal Seminar Asean, Psychology Dan Humanty, 400–406.

Aziz, A. (2016). Hubungan dukungan sosial dengan self regulated learning pada siswa SMA Yayasan Perguruan Bandung Tembung. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 8(2), 103–113. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jupiis/article/view/5155

Azwar, S. (2017). Metode penelitian psikologi. Pustaka Pelajar

Azwar, S. (2020). Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar.

Byrne, D., & Baron, R. A. (2005). Psikologi sosial. Erlangga.

Handayani, U. (2016). Hubungan Selfie dengan Kecerdasan Sosial Pada Mahasiswa Psikologi di Universitas Medan Area. Skripsi. Universitas Medan Area. http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/5628

Hidayati, K., & Listyani, E. (2010). Pengembangan instrumen kemandirian belajar mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 14(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/1977

Istiqama, N. (2022). Gambaran Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Bosowa Makassar. https://repository.unibos.ac.id/xmlui/handle/123456789/2873

Kurniawan, R. (2013). Hubungan antara self regulated learning dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa jurusan psikologi universitas negeri semarang. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/18396/

Laia, A. (2021). Mekanisme Dan Persyaratan Beasiswa Daerah. Jurnal Abdimas Mutiara, 2(1), 226–236.

http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JAM/article/view/1967

Lubis, R. H., Lubis, L., & Aziz, A. (2015). Hubungan antara Dukungan Sosial dan Kecerdasan Emosional dengan Self-Regulated Learning Siswa. Analitika: JurnalMagister Psikologi UMA, 7(2), 105–117. https://www.ojs.uma.ac.id/index.php/analitika/article/view/825

Maisyarah, M. (2015). Dukungan sosial, kecerdasan emosi dan resiliensi guru sekolah luar biasa. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(03). https://core.ac.uk/download/pdf/291850221

Merisa, A., Rahayu, P. E., & Nastasia, K. (2019). Hubungan antara dukungan sosial dengan self regulated learning siswa SMK. Al-Qalb: Jurnal Psikologi Islam, 10(2),133–140. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alqalb/article/view/956

Maranressy, Y. A., & Rozali, Y. A. (2021). Pengaruh self-regulated learning terhadap penyesuaian akademik siswa smk di jakarta selama pembelajaran online. Psychommunity: Seminar Nasional Psikologi Esa Unggul, 1(9), 78–90. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/SEMNASPSIKOLOGI/article/view/208

Mufidah, A. C. (2017). Hubungan antara dukungan sosial terhadap resiliensi mahasiswa bidikmisi dengan mediasi efikasi diri. Jurnal Sains Psikologi, 6(2), 68–74. http://journal2.um.ac.id/index.php/JSPsi/article/view/1484

Nahdi, D. S. (2017). Self regulated learning sebagai karakter dalam pembelajaran matematika. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(1).

Najah, A. (2012). Self_Regulated Learning Mahasiswi Ditinjau Dari Status Pernikahan. Educational Psychology Journal, 1(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/epj/article/view/2649

Pratama, R. (2021). Hubungan Antara Alexithymia Dengan Kesepian Pada Mahasiswa Di Yogyakarta. http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint

Priyatno, D. (2011). Buku saku analisis statistik data SPSS. Mediakom

Putri, M. N. (2021). Hubungan dukungan sosial dengan self regulated learning pada siswa kelas xii SMK Negri 8 Pontianak Di Masa Pandemi Covid-19. Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim. http://etheses.uin-malang.ac.id/28343/

Ridatama, M., R. (2022). Hubungan Antara Orientasi Masa Depan Dan Dukungan Sosial Dengan Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa. Uin Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20596

Sarason, B. R., Sarason, I. G., & Pierce, G. R. (1990). Social support: An interactional view. John Wiley & Sons.

Sarafino, E., P., & Smith T., W. (2011). Health Psychology: Biopsychosocial Interaction. Seventh Edition : John Wiley & Sons, Inc.

Sugiyana. (2015). Pengaruh Self-Regulated Learning, Self-Efficacy dan Perhatian Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. CV Alfabeta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. CV Alfabeta

Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. CV Alfabeta

Sari, L. I. S., Probonegoro, W. A., Romadiana, P., & Saftari, M. (2021). Sosialisasi, Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan KIP Kuliah di Desa Air Anyir:https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/epj/article

Triwahyuni, H., Chalimy, M. Z. F., & Mufidah, W. (2021). Dukungan Sosial Dan Self Regulated Learning Siswa Dalam Menghadapi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. NiCMa: National Conference Multidisplinary, 1(1), 606–613. https://core.ac.uk/download/pdf/291850221

Widanarti, N., & Indati, A. (2002). Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan self efficacy pada remaja di SMU Negeri 9 Yogyakarta. Jurnal Psikologi UGM, 29 (2),112–123.

Zimmerman, B. J. (2008). Investigating self-regulation and motivation: Historical background, methodological developments, and future prospects. American Educational Research Journal, 45(1), 166–183. https://doi.org/10.3102/0002831207312909

Zimmerman, B. J. (2013). From Cognitive Modeling to Self-Regulation: A Social Cognitive Career Path. Educational Psychologist, 48(3), 135–147. https://doi.org/10.1080/00461520.2013.794676




DOI: https://doi.org/10.2910/insight.v1i2.12396

Article Metrics

 Abstract Views : 150 times
 PDF Downloaded : 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 diah fadhillah, Ika Amalia, Cut Ita Zahara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.