Hubungan Harga Diri dengan Kesejahteraan Subjektif pada Korban Bullying
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan harga diri dengan kesejahteraan subjektif pada korban bullying di MTs/SMP Langkat, dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis korelasi. Data diperoleh melalui skala harga diri dan kesejahteraan subjektif. Subjek penelitian berjumlah 385 siswa yang menjadi korban bullying di MTs/SMP Langkat, yang diperoleh berdasarkan perhitungan jumlah sampel menggunakan rumus Cochran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan antara harga diri dengan kesejahteraan subjektif pada korban bullying, dengan nilai korelasi positif dimana, jika harga diri korban rendah maka kesejahteraan subjektifnya rendah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arroisi, J., & Badi, S. (2022). Konsep harga diri: studi komparsi perspektif psikologi modern dan islam. Jurnal Psikologika, 27(1), 89-106. https://doi.org/10.20885/10.20885/psikologika.vol27.iss1.art7
Avci, D., Yilmaz, F., & Koc, A. (2012). Correlation between subjective well being and self-esteem levels of College nursing students. JPAIR Multidisciplinary Research is produced by PAIR, 2(1). http://dx.doi.org/10.7719/jpair.v10i1.180
Coopersmith (1967). Antecedents of Self-esteem. Freeman
Daulay, N. (2015). Kesejahteraan subjektif (subjektif well being) dan harga diri pada remaja yang memiliki orang tua tunggal. Jurnal Pendidkan dan Kependidikan, 2(1), 1-17. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6670
Diener, E., Suh, E. M., Lucas, R. E., & Smith, H. L. (1999). Subjective well-being there decades of progress. Psychological Bulletin, 125(2), 277-302. https://psycnet.apa.org/buy/1999-10106-007
Diener, E., Oishi, S., & Lucas, R. E. (2003). Personality, Culture, and Subjective Well-being: Emotional and Cognitive Evaluations of Life. Annual Review of Psychology, 54, 403–425. https://doi.org/10.1146/annurev.psych.54.101601.145056
Diener, E. (2009). The Science of Well-Being (Vol. 37). http://link.springer.com/10.1007/978-90-481-2350-6
Fajriani, I. T., & Suprihatin, T. (2017). Harga diri, kepuasan kerja dan kesejahteraan subjektif pada guru madrasah tsanawiyah. Jurnal Proyeksi, 12(1), 67-76. http://dx.doi.org/10.30659/jp.12.1.67-76
Goswami, H. (2011). Social relationships and children's subjective well being social indicators research. Springer, 107, 575-588 doi:10.1007/s11205-011-9864-z
Hidayati, N. W. (2016). Hubungan harga diri dan konformitas teman sebaya dengan kenakalan remaja. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(2), 31-36
Hurlock, E. B. (1999). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Erlangga
Januarko, W & Setiawati, D. (2013). Studi tentang penanganan korban bullying pada siswa SMP sekecamatan Trawas. Jurnal BK Unesa, 4(2), 383-389. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/7440
Junita, N., Dewi, R., Suzanna, E., Aulia, C. A., & Penggabean, S. M. (2023). Pemberdayaan siswa dalam mengurangi kekerasan bullying di sekolah melalui kelompok teman sebaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 28-33. https;//ojs.unimal.ac.id/ubathatee/article/view.9404
Klocke, A. (2015). Being a victim of bullying reduces child subjective well-being subtstantively: an international comparison. Informationsdienst Soziale Indikatoren, 53, 8-10. https://doi.org/10.15464/isi.53.2015.8-10
Kurnia, I. (2016). Bullying. Relasi Inti Media
Mukaromah, S., Wardatun, S., & Apriana, E. (2018). Perilaku remaja korban bullying dengan harga diri (self esteem) remaja. Jurnal Medika Karya Ilmiah Kesehatan, 3(1), 54-59. https://doi.org/10.35728/jmkik.v3i1.85
Pambudhi, Y. A., & Suroso, T. M. (2015). Efektivitas group cognitive behavior therapy (Gcbt) dalam menurunkan kecemasan menghadapi pelaku bullying ditinjau dari harga diri pada korban bullying. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(1), 18–31. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/view/2124
Papalia, D. E., Feldman, R. D. (2015). Human development. (12th ed.). Salemba Humanika
Safarina, N. A., Munir, A., & Nur'aini. (2019). Hubungan harga diri dan optimisme dengan kesejahteraan subjektif pada mahasiswa magister psikologi universitas medan area. Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 1(1), 39-48. http://jurnalmahasiswa.uma.ac.id/index.php/tabularsa
Shofiyyah., & Borualogo, I. S. (2021). Pengaruh perundungan terhadap subjective well being pada anak dan remaja di panti asuhan, 7 (2), 284-289. http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.28314
Sulistyowati, N. D., & Izzaty, R. E. (2021). Harapan dan kesejahteraan subjektif pada remaja yang pernah menjadi korban perundungan. Jurnal Acta Psyhologia, 3(2), 105-110. http://journal.uny.ac.id/index.php/acta-psychologia
Tirsae, O. V. (2016). Pengaruh Harga Diri Terhadap Kecemasan Sosial Pada Remaja Korban Bullying Di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Skripsi. https://repository.usd.ac.id/6251/2/119114053_full.pdf
Tumon, M. B. A. (2014). Studi deskriptif perilaku bullying pada remaja. jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. 3(1), 1-17. https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1520
Wiyani, N. A. (2012). Save our children from school bullying. Ar-Ruzz Media
Yayasan Semai Jiwa Amani (Sejiwa). (2008). Bullying mengatasi kekerasan di sekolah dan lingkungan sekitar anak. PT Grasindo
DOI: https://doi.org/10.2910/insight.v1i4.11675
Article Metrics
Abstract Views : 243 timesPDF Downloaded : 78 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Safira Umara, Nur Afni Safarina, Ella Suzanna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.