Hubungan Harga Diri dengan Kesejahteraan Subjektif pada Korban Bullying

Safira Umara, Nur Afni Safarina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan harga diri dengan kesejahteraan subjektif pada korban bullying di MTs/SMP Langkat, dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis korelasi. Data diperoleh melalui skala harga diri dan kesejahteraan subjektif. Subjek penelitian berjumlah 385 siswa yang menjadi korban bullying di MTs/SMP Langkat, yang diperoleh berdasarkan perhitungan jumlah sampel menggunakan rumus Cochran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan antara harga diri dengan kesejahteraan subjektif pada korban bullying, dengan nilai korelasi positif dimana, jika harga diri korban rendah maka kesejahteraan subjektifnya rendah.


Keywords


Harga Diri; Kesejahteraan Subjektif; Korban Bullying

Full Text:

PDF

References


Arroisi, J., & Badi, S. (2022). Konsep harga diri: studi komparsi perspektif psikologi modern dan islam. Jurnal Psikologika, 27(1), 89-106. https://doi.org/10.20885/10.20885/psikologika.vol27.iss1.art7

Avci, D., Yilmaz, F., & Koc, A. (2012). Correlation between subjective well being and self-esteem levels of College nursing students. JPAIR Multidisciplinary Research is produced by PAIR, 2(1). http://dx.doi.org/10.7719/jpair.v10i1.180

Coopersmith (1967). Antecedents of Self-esteem. Freeman

Daulay, N. (2015). Kesejahteraan subjektif (subjektif well being) dan harga diri pada remaja yang memiliki orang tua tunggal. Jurnal Pendidkan dan Kependidikan, 2(1), 1-17. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6670

Diener, E., Suh, E. M., Lucas, R. E., & Smith, H. L. (1999). Subjective well-being there decades of progress. Psychological Bulletin, 125(2), 277-302. https://psycnet.apa.org/buy/1999-10106-007

Diener, E., Oishi, S., & Lucas, R. E. (2003). Personality, Culture, and Subjective Well-being: Emotional and Cognitive Evaluations of Life. Annual Review of Psychology, 54, 403–425. https://doi.org/10.1146/annurev.psych.54.101601.145056

Diener, E. (2009). The Science of Well-Being (Vol. 37). http://link.springer.com/10.1007/978-90-481-2350-6

Fajriani, I. T., & Suprihatin, T. (2017). Harga diri, kepuasan kerja dan kesejahteraan subjektif pada guru madrasah tsanawiyah. Jurnal Proyeksi, 12(1), 67-76. http://dx.doi.org/10.30659/jp.12.1.67-76

Goswami, H. (2011). Social relationships and children's subjective well being social indicators research. Springer, 107, 575-588 doi:10.1007/s11205-011-9864-z

Hidayati, N. W. (2016). Hubungan harga diri dan konformitas teman sebaya dengan kenakalan remaja. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(2), 31-36

Hurlock, E. B. (1999). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Erlangga

Januarko, W & Setiawati, D. (2013). Studi tentang penanganan korban bullying pada siswa SMP sekecamatan Trawas. Jurnal BK Unesa, 4(2), 383-389. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/7440

Junita, N., Dewi, R., Suzanna, E., Aulia, C. A., & Penggabean, S. M. (2023). Pemberdayaan siswa dalam mengurangi kekerasan bullying di sekolah melalui kelompok teman sebaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 28-33. https;//ojs.unimal.ac.id/ubathatee/article/view.9404

Klocke, A. (2015). Being a victim of bullying reduces child subjective well-being subtstantively: an international comparison. Informationsdienst Soziale Indikatoren, 53, 8-10. https://doi.org/10.15464/isi.53.2015.8-10

Kurnia, I. (2016). Bullying. Relasi Inti Media

Mukaromah, S., Wardatun, S., & Apriana, E. (2018). Perilaku remaja korban bullying dengan harga diri (self esteem) remaja. Jurnal Medika Karya Ilmiah Kesehatan, 3(1), 54-59. https://doi.org/10.35728/jmkik.v3i1.85

Pambudhi, Y. A., & Suroso, T. M. (2015). Efektivitas group cognitive behavior therapy (Gcbt) dalam menurunkan kecemasan menghadapi pelaku bullying ditinjau dari harga diri pada korban bullying. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(1), 18–31. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/view/2124

Papalia, D. E., Feldman, R. D. (2015). Human development. (12th ed.). Salemba Humanika

Safarina, N. A., Munir, A., & Nur'aini. (2019). Hubungan harga diri dan optimisme dengan kesejahteraan subjektif pada mahasiswa magister psikologi universitas medan area. Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 1(1), 39-48. http://jurnalmahasiswa.uma.ac.id/index.php/tabularsa

Shofiyyah., & Borualogo, I. S. (2021). Pengaruh perundungan terhadap subjective well being pada anak dan remaja di panti asuhan, 7 (2), 284-289. http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.28314

Sulistyowati, N. D., & Izzaty, R. E. (2021). Harapan dan kesejahteraan subjektif pada remaja yang pernah menjadi korban perundungan. Jurnal Acta Psyhologia, 3(2), 105-110. http://journal.uny.ac.id/index.php/acta-psychologia

Tirsae, O. V. (2016). Pengaruh Harga Diri Terhadap Kecemasan Sosial Pada Remaja Korban Bullying Di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Skripsi. https://repository.usd.ac.id/6251/2/119114053_full.pdf

Tumon, M. B. A. (2014). Studi deskriptif perilaku bullying pada remaja. jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. 3(1), 1-17. https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1520

Wiyani, N. A. (2012). Save our children from school bullying. Ar-Ruzz Media

Yayasan Semai Jiwa Amani (Sejiwa). (2008). Bullying mengatasi kekerasan di sekolah dan lingkungan sekitar anak. PT Grasindo




DOI: https://doi.org/10.2910/insight.v1i4.11675

Article Metrics

 Abstract Views : 125 times
 PDF Downloaded : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Safira Umara, Nur Afni Safarina, Ella Suzanna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.