Gambaran Determinasi Diri pada Mahasiswa Unimal yang Mondok di Dayah

Nurwafi Oktari, Widi Astuti, Nur Afni Safarina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran determinasi diri pada mahasiswa Unimal yang mondok di dayah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan analisis univariat yang bertujuan untuk menggambarkan determinasi diri yang dimiliki mahasiswa Unimal yang mondok di dayah. Subjek dalam penelitian ini berjumlah seratus delapan puluh tujuh mahasiswa yang mondok dengan metode simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 47,1% mahasiswa Unimal yang mondok di dayah memiliki determinasi diri yang tergolong tinggi, artinya mahasiswa yang mondok termotivasi, senang berpartisipasi, dan mandiri sehingga para mahasiswa yang mondok mampu optimis dalam menjalani peran sebagai mahasiswa dan juga santri. Walaupun banyak mahasiswa Unimal yang mondok memiliki determinasi diri tinggi, terdapat pula 39% mahasiswa yang mondok tergolong dalam determinasi diri yang rendah. Dilihat dari kategori jenis kelamin, perempuan memiliki determinasi diri yang lebih tinggi dibandingkan laki-laki. Pada aspek determinasi diri ditemukan bahwa aspek otonomi yang paling tinggi dalam mengukur determinasi diri mahasiswa Unimal yang mondok di dayah

Keywords


Dayah; Determinasi Diri; Mahasiswa yang Mondok

Full Text:

PDF

References


Abdullah, N. (2014). Analisis pengaruh iklim lingkungan terhadap motivasi belajar santri dayah berbasis long- life learning di Aceh. Jurnal Pencerahan, 8(2), 122–132. https://jurnal.unsyiah.ac.id/JPP/article/view/2160/2113

Arezah, E., & Haryanta. (2012). Determinasi diri berperan dalam ketangguhan mental pada atlet mahasiswa.Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, Vol. 8 (2): 292. https://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/Pencerah/article/download/2075/1232

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). The “ what ” and “ why ” of goal pursuits : Human needs and the self-determination of behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227–268. https://doi.org/10.1207/S15327965PL1104_01

Fitri, H. Y., & Saraswati, S. (2021). Pengaruh self-determination dan prestasi akademik terhadap kematangan karier siswan ma nu nurul huda. Jurnal Bimbimbingan dan Konseling. Vol. 5 No 2. https://journal.upy.ac.id/index.php/bk/article/view/1570/1103

Haqiqi, A. R. (2016). Pengaruh determinasi diri terhadap kedisiplinan mahasiswa tahun pertam dalam mengikuti kegiatan di Mabna Ibnu Ma’had Al-Jami’ah Uin Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/3731/1/12410145.pdf

lyas, M. (2016). Pendidikan dayah setelah undang-undang pemerintahan Aceh. Kanun Jurnal Ilmu Hukum, 18(3, Desember), 459–484. https://jurnal.usk.ac.id/kanun/article/view/5937/0

Lintang, C. N., & Luthfi, M. J. (2020). Kuliah dan nyatri sebagai penerapan visi integrasi interkoneksi. Prosiding Konferensi Interkoneksi Islam Dan Sains. 2, 275-277. http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/413

Maryuni, S. (2020). Pengaruh self determination terhadap prestasi belajar dengan self regulated learning sebagai variabel mediator. Skripsi. UIN Sunan Gunung Djati Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/37180/

Nabila, N., & Laksmiwati, H. (2019). Hubungan antara regulasi diri dengan penyesuaian diri pada santri remaja pondok pasantren darut taqwa ponorogo. Jurnal Penelitian Psikologi. Vol. 6 (3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/charracter/article/view/29499

Nazaruddin, K., & Matsyah, A. (2021). Aneuk meudagang tradition in dayah (a study on santriwati meudagang at Dayah Al-Ikhlas). Indonesian Journal of Islamic History and Culture. 2 (1), 146-166. https://journal.ar-raniry.ac.id/index.php/IJIHC/article/view/749

Nilamsari, G. A., Sugara, G. S., & Sulistiana, D. (2020). Analisis determinasi diri remaja. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research. 4 (1), 20-33. https://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling/article/view/873

Oktavianda, M., Husen, M., & Nurbaity. (2019). Hubungan determinasi diri dengan sosial support di dayah modern darul ‘ulum Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 4(Desember), 81–87. https://rama.unsyiah.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1656

Priyono (2008). Metode penelitian kuantitatif. Zifatama Publishing.

Rachman, D. N. (2015). Regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa yang memiliki peran banyak. Jurnal Psikologi. Vol 42, No 1. 61-77. https://jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/6943

Rahayu, P. B. (2018). Kajian tentang adaptasi santri baru di pondok pasantren darussalam putri selatan blokagung perspektif psikologi sosial. Jurnal Kreatifitas Mahasiswa, Vol 1, No.1. https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/jkm/article/view/318

Retnaningsih, E. (2017). Rasionalitas mahasiswa menjadi santri di Pondok Pasantren Al-Husna Jl. Kalimantan 10 Tegal Boto Lor-Jember. Skripsi. Universitas Jember. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85056

Rhadiatullah, S. H., & Sinulingga, R. F. (2016). Self determination pada relawan pemerdayaan pemuda. Jurnal Diversita. 2 (1). https://doi.org/10.31289/diversita.v2i1.501

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2017). Self-determination theory basic psychological needs in motivation, development, and wellness. The Guilford Press. https://doi.org/10.1521/978.14625/28806

Schunk, Pintrich, Meece. (2012) Motivasi dalam pendidikan- teori, penelitian, dan aplikasi, Edisi ketiga. Terjemahan. Index

Sholehah, U. (2020). Revitalisasi determinasi diri pada mahasiswa pendidikan agama islam fakultas ilmu agama islama Universitas Islam Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 3, No.1, Maret: 63-75. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/TARLIM/article/view/2982

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. ALFABETA, CV.

Suyanta, S. (2012). Idealitas kemandirian dayah. Jurnal Ilmiah Islam Futura, XI (Februari). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/islamfutura/article/view/52

Tyas, I. A., Komalasari, G., & Wahyuni. E. (2014). Determinasi diri mahasiswa jurusan bimbingan dan konseling universitas negeri jakarta tahun angkatan 2009-2013. Insight: Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol. 3, No. 2: 45-51. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/962721

Wattimena, I., Werdani, Y, D, W., Novita, B, D., & Dewi, D, A, L. (2015). Manajemen laktasi dan kesejahteraan ibu menyusui. Jurnal Psikologi. Vol 42, No.3, Desember: 233. https://journal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/9911

Wardini, M., & Periantalo, J. (2019). Hubungan determinasi diri dan kecerdasan adversitas terhadap konflik peran ganda ibu bekerja di kota jambi. Jurnal Psikologi Jambi, Volume 4 (1): 16-24. https://online-journal.unja.ac.id/jpj/article/view/8781

Wijayanti, M., Hidayatullah, M. S., & Ekaputri, F. K. (2019). Hubungan determinasi diri dengan motivasi berwirausaha pada pedagang jamu di kampung pejabat (pengolah dan penjual jamu loktabat). Jurnal Kognisia, Vol. 2, No. 2, Oktober: 157. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/kog/article/view/1684




DOI: https://doi.org/10.2910/insight.v1i4.10652

Article Metrics

 Abstract Views : 135 times
 PDF Downloaded : 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurwafi Oktari, Widi Astuti, Nur Afni Safarina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.