Upaya Pengelolaan Diabetes Melitus Tipe 2 pada Pasien Perempuan Usia 69 Tahun dengan Pendekatan Pelayanan Kedokteran Keluarga di Puskesmas Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara

Dwi Novlita Rozi, Noviana Zara, Ridhalul Ikhsan, Rahmi Surayya, Sarah Rahmayani Siregar, Cut Ita Zahara, Rahmia Dewi, Zurratul Muna, Bungsu Keumala Sari

Abstract


Pasien perempuan berusia 69 tahun  dengan keluhan lemas sejak 3 minggu ini. Lemas yang dirasakan pasien ketika melakukan aktivitas fisik ringan seperti menyapu dan memasak. Lemas dirasakan sepanjang hari dan kadang hilang saat pasien tidak melakukan aktifitas apapun. Keluhan tersebut disertai dengan nyeri kepala, sering BAK dan kesemutan di kaki dan tangan. Pasien memiliki riwayat DM tipe 2 sejak 4 tahun yang lalu. Pemeriksaan KGDS pada pasien didapatkan 434 mg/dl, menunjukkan pasien mengalami hiperglikemi. IMT pasien didapatkan 19,02 kg/m2ini terkategori normal. Data primer diperoleh melalui anamnesis dan pemeriksaan fisik dengan melakukan kunjungan rumah, mengisi family folder, dan mengisi berkas pasien. Penilaian dilakukan berdasarkan diagnosis holistik awal, proses, dan akhir kunjungan secara kuantitatif dan kualitatif. Intervensi yang dilakukan diantaranya adalah edukasi mengenai pentingnya minum obat rutin untuk mengontrol kadar gula darah, edukasi pola makan pada penderita Diabetes Mellitus, dan edukasi peran keluarga dalam tatalaksana penyakit pasien, edukasi untuk tetap melakukan aktivitas fisik dan olahraga serta menjelaskan komplikasi yang mungkin timbul dari penyakit pasien agar pasien lebih menjaga diri.


Keywords


DM Tipe 2, hiperglikemi, kedokteran keluarga

Full Text:

PDF

References


Utomo, A. A., Rahmah, S. & Amalia, R. Faktor Risiko Diabetes Mellitus tipe2 :Asystematicreview.1,44–53(2020).

Tina L, Lestika M, Yusran S. Faktor Risiko Kejadian Penyakit Diabetes Melitus Tipe 2 di Wilayah Kerja Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Umum 2018. 2019;4(2):25–9.

Kusnadi G, Fitranti DY, Murbawani EA. Faktor Risiko Diabetes Melitus pada Buruh dan Petani. Journal of Nutrition College.2017;6(2):138–48.

Kementerian Kesehatan RI. Hasil utama RIKESDAS 2018.(2018).

PERKENI. Pedoman pengelolaan dan pencegahan Diabete Mellitus Tipe 2 Dewasa Di Indonesia. (PB PERKENI,2019).

Fatimah RN. Diabetes Mellitus tipe 2. Med. J. Lampung Univ. 4, 86–99 (2015).

Sapra, A. & Bhandari, P. Diabetes Mellitus.(2021).

Diabetes, U.K. 2020, Diabetes Risk Factors, The British Diabetic Association, London. Available at: https://www.diabetes.org.uk/preventing-type-2-diabetes/diabetes-risk-factors.

Sudoyo S. 2016. Diagnosis dan Klasifikasi Diabetes Mellitus Terkini Dalam Penatalaksanaan Diabetes Mellitus Terpadu bagi dokter maupun Edukator Diabetes. Tesis. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Jakarta.

Nuraisyah F. Faktor Risiko Diabetes Mellitus Tipe 2. 2018;13(2):120–7.




DOI: https://doi.org/10.29103/jkkmm.v3i3.9990

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dwi Novlita Rozi, Noviana Zara, Ridhalul Ikhsan, Rahmi Surayya, Sarah Rahmayani Siregar, Cut Ita Zahara, Rahmia Dewi, Zurratul Muna, Bungsu Keumala Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2830-6473 (media online)

Flag Counter

 

 

 

 

 

 

View Galenical Stats

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.