Kesiapsiagaan Bencana Tsunami Aceh Ditinjau dari Perspektif Psikologi

Adam Adam, Nadila Purnama

Abstract


Bencana adalah salah satu peristiwa yang sering terjadi di Indonesia, mengingat letak Indonesia berada pada lingkaran api menyebabkanIndonesia  sebagai Negara yang sering terdampak bencana salah satunya adalah tsunami. Oleh karena itu kesiapsiagaan sangat diperlukan untuk menghadapi bencana. Penulisan ini menggunakan metode literature review dengan identifikasi, evaluasi, serta interpretasi terhadap semua hasil penelitian terkait topik tertentu. Berdasarkan literature review didapatkan hasil bahwa bencana alam telah memberikan dampak yang sangatsignifikan terhadap fisik, psikologis dan sosial. Kejadian bencana mengakibatkan trauma kepada korban bencana. Goncangan batin yang dirasakan seyogyanya dihilangkan dengan segera. Upaya untuk bangkit dari kondisi mental yang tidak menguntungkan atau goncangan psikologis dan menuju kepada kondisi semula diperlukan kemampuan yang dikenal dengan resiliensi.

 

  


Keywords


Bencana, tsunami, kesiapsiagaan.

Full Text:

PDF

References


Niode, D.F., Rindengan, Y.D, Karouw, S. Geographical Information System (GIS) untuk Mitigasi Bencana Alam Banjir di Kota Manado. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, . Vol. 5 No. 2. 2016.

Yulianto, S., Apriyadi, R. K., Aprilyanto, A., Winugroho, T., Ponangsera, I. S., & Wilopo, W. Histori bencana dan penanggulangannya di indonesia ditinjau dari perspektif keamanan nasional. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 180-187. 2021.

Utariningsih, W., & Sofia , R. Individual Household Preparedness in Ujong Blang Village, Lhokseumawe in Facing Tsunami. Jurnal Spatial Wahana Komunikasi Dan Informasi Geografi, 20(1), 22-27. 2020

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

Utariningsih, W., Khairunnisa, Z., & Novalia, F. Pelatihan Evakuasi Bencana Gempa Bumi Dan Tsunami Di Dayah Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe. Global Science Society: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 137-144. 2021




DOI: https://doi.org/10.29103/jkkmm.v1i1.17224

Article Metrics

 Abstract Views : 36 times
 PDF Downloaded : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Adam Adam, Nadila Purnama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2830-6473 (media online)

Flag Counter

 

 

 

 

 

 

View Galenical Stats

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.