Gambaran Pengetahuan Kesiapsiagaan Ibu Hamil dalam Menghadapi Bencana Banjir di Wilayah Kerja Puskesmas Lhoksukon

Regita Azzahra Nasution, Iskandar Iskandar, Juwita Sahputri

Abstract


Bencana merupakan serangkaian peristiwa yang dapat mengancam keselamatan masyarakat. Sumber bencana dapat berasal dari berbagai faktor, termasuk faktor alam, non-alam, dan manusia. Pada tahun 2022, banjir di Aceh Utara mencatatkan diri sebagai salah satu daerah dengan tingkat banjir tertinggi, khususnya dalam hal jumlah korban jiwa. Beberapa kelompok masyarakat, seperti ibu hamil, dianggap rentan terhadap dampak bencana dan memerlukan bantuan khusus. Dalam konteks kesiapsiagaan menghadapi banjir, pengetahuan yang memadai sangat penting untuk meminimalkan dampak yang timbul, terutama terhadap kesehatan ibu hamil dan janinnya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengetahuan kesiapsiagaan ibu hamil dalam menghadapi bencana banjir di wilayah kerja puskesmas Lhoksukon. Populasi penelitian mencakup 45 ibu hamil yang sedang memeriksakan kehamilan di wilayah puskesmas Lhoksukon. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling, sehingga seluruh populasi menjadi sampel penelitian. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara menggunakan kuesioner. Hasil analisis univariat menunjukkan bahwa sebanyak 42 responden (93,3%) memiliki tingkat pengetahuan baik mengenai bencana banjir, sementara 3 responden (6,7%) memiliki tingkat pengetahuan cukup. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa mayoritas ibu hamil memiliki pengetahuan yang baik dalam menghadapi bencana banjir. Faktor-faktor yang mungkin memengaruhi hal ini antara lain usia matang dan produktif ibu hamil, yang memberikan dasar pengetahuan dan pengalaman yang memadai dalam menghadapi bencana banjir.

Keywords


Kesiapsiagaan, pekerjaan, pendidikan, tingkat pengetahuan, umur

Full Text:

PDF

References


Widayati KP, Husain F. Gambaran Tingkat Pengetahuan Tentang Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Penanggulangan Bencana Banjir. Jurnal Ilmiah Permas. 2023;13(3):887-894

Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Kejadian Bencana Tahun 2021. Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana. 2020

Badan Penanggulangan Benncana Daerah. Rekapitulasi Kejadian Bencana di Provinsi Aceh Tahun 2022. Banda Aceh: Badan Penanggulangan Benncana Daerah. 2022

Kemenkes RI. Pusat Krisis Kesehatan Kementrian Kesehatan RI. 2023

Zalmita N, Fitria A, Taher A. Tingkat Kerugian Ekonomi Pada Bencana Banjir di Aceh Utara Tahun 2014-2019. Jurnal Pendidikan Geografi . 2021(2):61–8.

Fahrevy, Sri AS. Kajian Tingkat Pengetahuan Kepala Keluarga Dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi Di Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Journal of Chemical Information and Modeling. 2017.

Findayami. Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Penanggulangan Banjir di Kota Semarang. Jurnal Geografi. 2015;12(1):103-114

Evi SKN. Antisipasi Kegawatan Ibu Hamil Saat Terjadi Bencana. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. 2021.

Hildayanto A. Pengetahuan Dan Sikap Kesiapsiagaan Masyarakat Terhadap Bencana Banjir di Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Tugu Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang;2020.

Husna C. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapsiagaan Bencana di RSUDZA Banda Aceh. Idea Nursing Journal. 2012;3(2):10-19.

Chairummi, Sari AS, Ridha M. Pengaruh Konsep Diri dan Pengetahuan Siswa Terhadap Kesiapsiagaan Bencana Gempabumi di SDN 27 dan MIN Merduati Banda Aceh. Jurnal Kesehatan Ilmiah Nasuwakes. 2013;6(2):239- 249.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Pedoman Penyusunan Rencana. Penanggulangan Bencana. Jakarta: BNPB. 2008.

Sari M. Studi Kasus: Kesiapsiagaan Keluarga Dengan Kelompok Rentan Ibu Hamil Dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi. Universitas Andalas;2021.

Kamsatun, Meitya, Sukarni. Pemberdayaan Keluarga Ibu Hamil Tanggap Bencana Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengurangi Dampak Bencana Pada Ibu Hamil. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2021;3(1):12-15.

Aprilianti TD. Hubungan Faktor Perilaku Ibu Dengan Kejadian ISPA Pada Balita di Puskesmas Jalan Gedang Kota Bengkulu. Politeknik Kesehatan Kemenkes Bengkulu; 2021.

Priyanti, Devi Gustina Adi. Kesiapsiagaan Warga Dalam Menghadapi Bencana

Banjir Di Desa Kleco Kulon Kabupaten Sragen. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2023;2(1):6-7.

Nastiti, Revy Putri,dkk. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana Banjir Di Kelurahan Kebon Pala Jakarta Timur. Poltekita: Jurnal Ilmu Kesehatan. 2021;15(1): 6-7

Febe, Desti Andini. Hubungan Pengetahuan Dengan Kesiapsiagaan Bencana Ibu Hamil di Puskesmas Jatiwarna, Bekasi. Jurnal Kebidanan. 2021;13(01): 7-8.

Mauyah N, Subki, Burdah. Gambaran Pengetahuan, Umur Kehamilan, Pendidikan, Sikap, Sumber Informasi Ibu Hamil dalam Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Banjir di Wilayah Kerja Puskesmas Blang Mangat Kecamatan Blang Mangat Kota Lhokseumawe. Manuju: Malahayati Nursing Journal. 2023; 5(11):3645-3663.

Notoatmodjo, PDS. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. 2018.




DOI: https://doi.org/10.29103/jkkmm.v3i3.15363

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Regita Azzahra Nasution, Iskandar, Juwita Sahputri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2830-6473 (media online)

Flag Counter

 

 

 

 

 

 

View Galenical Stats

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.