Gambaran Kesiapsiagaan Bencana Pada Mahasiswa/i Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh

Decy Erni Nasution, Muhammad Napitupulu, Khairunnisa Z, Rizka Sofia

Abstract


Negara Republik Indonesia yang berada di lingkaran cincin api Pasific (ring of fire) merupakan negara yang rawan bencana. Pada tahun 2022 tercatat 3.544 kejadian bencana alam di Indonesia yang mengakibatkan  6.144.324 jiwa menderita dan mengungsi, 861 jiwa meninggal dunia, 46 jiwa hilang dan 8.727 jiwa mengalami luka-luka, juga mengakibatkan kerusakan infrastruktur dimana 95.403 unit rumah rusak, 1.983 unit fasilitas umum rusak, 163 unit kantor rusak, dan 342 unit jembatan rusak. Keadaan ini mengakibatkan seluruh komponen  pemerintahan maupun masyarakat harus selalu siaga menghadapi bencana. Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh yang mempunyai visi dan misi untuk menjadi yang terdepan dalam masalah kebencanaan baik secara nasional maupun internasional telah membekali mahasiswa/inya agar siap menghadapi bencana dengan memasukkan mata pelajaran kebencanaan di dalam kurikulum yang diajarkan secara teori maupun praktek. Penelitian ini bertujuan melihat gambaran kesiapsiagaan mahasiswa/i Fakultas kedokteran Universitas Malikussaleh tahun angkatan 2019 s/d 2022 terhadap bencana. Penelitian bersifat deskriptif dengan metode cross sectional, menggunakan  seluruh total populasi sebanyak 379 orang mahasiswa sebagai sampel (total sampling).  Pengukuran tingkat kesiapsiagaan menggunakan kuesioner berstandar LIPI-UNESCO/ISDR yang telah tervalidasi, dengan 5 parameter, yaitu Pengetahuan, Sikap, Rencana Tanggap darurat, Sistem Peringatan Dini dan Mobilisasi Sumber Daya. Pengolahan data dilakukan secara univariat.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari total responden, mayoritas berjenis kelamin wanita (74,67%)  dibandingkan pria (25,33%), dengan total populasi tertinggi terdapat pada tahun angkatan 2022 (100 orang), terendah tahun angkatan 2020 (90 orang). Nilai rata-rata total kesiapsiagaan mahasiswa/i Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh dalam menghadapi bencana tertinggi diperoleh mahasiswa/i tahun angkatan 2019 (88,98%), terendah tahun angkatan  2020 (81,54%). Mahasiswa pria memperoleh nilai rata-rata total  91,94%, lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata total mahasiswi wanita 86,02%.  Secara keseluruhan nilai rata-rata total kesiapsiagaan menghadapi bencana yang diperoleh mahasiswa/i Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh tahun angkatan 2019-2022 sudah tinggi (84,96%).  Semoga nilai tersebut dapat dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi ke depannya.

 

Kata kunci: Bencana, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh, Kesiapsiagaan bencana

 


Keywords


Bencana, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh, Kesiapsiagaan bencana

Full Text:

PDF

References


Widhia Arum Wibawana. Apa itu Ring of Fire? Penyebab Indonesia Rawan dilanda Gempa, Indonesia 2022.

W. Adi, Asfirmanto, Osmar Shalih, Fathia Z. Shabrina, Ahmad Rizqi, Anggara S Putra, Rafa Karimah, Franta Eveline, Afif Alfian, Syauqi, Rizky Tri Septian, Yudhi Widiastomo, Yusuf Bagaskoro, Afifa Nomita Dewi, Irena Rahmawati, Seniarwan, Hanura Ayu Suryaningrum, Dian Ika Purnamasiwi dan Trevi Jayanti Puspasari. Indeks Risiko Bencana Indonesia (IRBI) tahun 2022. Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 2023.

Visi dan Misi Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh. Situs resmi Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh. Lhokseumawe.

Tsunami and Disaster Mitigation Research Center. Mendidik Dokter Agar Memahami Bencana. Aceh; 2017.

Maheswari, Belva Carissa. Peran Mahasiswa dalam wujud Pengabdian kepada Masyarakat di era new normal. 2022.

Firmansyah, Rangga Hadi. Sebaran Bidang Studi Berdasaarkan Jumlah Mahasiswa di Indonesia, Bidang Pendidikan Terbanyak. 2022.

Budiman, Riyanto A. Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan dan Sikap dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika; 2019.

Notoatmojo S. Promosi kesehatan dan Prilaku Kesehatan. PT. Rineka Cipta. Jakarta: PT Rineka Cipta; 2013.




DOI: https://doi.org/10.29103/jkkmm.v2i3.15173

Article Metrics

 Abstract Views : 66 times
 PDF Downloaded : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Napitupulu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2830-6473 (media online)

Flag Counter

 

 

 

 

 

 

View Galenical Stats

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.