Pengaruh Beban Terhadap Losses pada Penyulang Gl.01 Gardu Induk Glugur Menggunakan Software Etap

Rizky Ananda, Andik Bintoro, Muhammad Daud

Abstract


Ketidakseimbangan beban pada suatu sistem jaringan distribusi tenaga listrik selalu terjadi, dan penyebab ketidakseimbangan tersebut adalah pada pengaturan bebanbeban satu fasa pada pelanggan jaringan tegangan rendah. Akibat ketidakseimbangan beban tersebut muncul arus pada netral trafo. Arus yang mengalir pada netral trafo ini menyebabkan terjadinya losses (rugi-rugi), yaitu losses akibat adanya arus netral pada penghantar netral trafo penyaluran energi listrik pada sistem distribusi dimana susut tegangan akan mempengaruhi penyaluran energi listrik kepada konsumen dimana jika terjadi susut tegangan pada sistem distribusi maka energi listrik yang akan disalurkan kepada konsumen akan menjadi tidak standar lagi sesuai dengan SPLN no. 72 tahun 1987, dimana jatuh tegangan yang diperbolehkan dalam penyaluran distribusi hanya boleh sebesar 5% untuk jaringan udara SKTM sebesar 2%, maka itu perlu adanya perhitungan dan penelitian untuk permasalahan jatuh tegangan dalam bentuk persen (%), sehingga dalam penyampaian aliran listrik terhadap konsumen menjadi terpenuhi sesuai dengan standart yang telah ditetapkan. Analisa pada penulisan tugas akhir ini adalah mencakup sejauh mana besar jatuh tegangan di daerah Rayon Kota Palu, mengingat penyulang yang tersebar merupakan penyulang lama. berdasarkan data tahunan dari 2009 sampai 2013. Dimana dikatahui terdapat banyak permasalahan dan kendala yang dihadapai oleh PT. PLN cabang Palu salah satunya jatuh tegangan yang terjadi pada Penyulang yang terdapat di Rayon kota yang di dukung 1 GI (Gardu Induk ) yaitu GI Talise.


Keywords


Losses; Software ETAP; Load Breaker Switch (LBS)

References


S. Khoiriyah, “Analisa Susut Daya dan Energi pada Jaringan Distribusi di Dardu Induk Bringin Penyulang BRG-4 Menggunakan Software ETAP 12.6” Tugas Akhir Strata I. 2018.

Nolki Jonal Hontong and Maickel Tuegeh, “Analisa Rugi â Rugi Daya Pada Jaringan Distribusi Di PT. PLN Palu,” E-Journal Tek. Elektro dan Komputer, vol. 4, no. 1, 2015.

M. Fayyadl, “Rekonfigurasi jaringan distribusi daya listrik dengan metode algoritma genetika,” vol. 8, pp. 1–7, 2011.

G. Turan, Electric Power Distribution Engineering. CRC Press, 2014.

E. Sopyandi, “Tipe-tipe Jaringan Distribusi Tegangan Menengah 20 KV,” Spiderdot, 2011. [Online]. Available: https://electricdot.wordpress.com/2011/08/16/tipe-tipe-jaringan-distribusi-tegangan-menengah/%0D. [Accessed: 01-Aug-2019].

P. Senando, “Analisis Rugi Rugi Energi Listrik Pada Jaringan DistribusI” Tugas Akhir Diploma, Politeknik Negeri Manado, Manado, 2016.

D. D. Yanuarta, S. Prasetyono, and A. Saleh, “Rekonfigurasi Jaringan Distribusi Daya Listrik Pada Penyulang Pakusari Untuk Mengurangi Rugi-Rugi Daya Dengan Metode Ant Colony Optimization (Aco) (Power Distribution Network Reconfiguration on Pakusari Feeder To Reduce Power Losses Using Ant Colony Optim,” vol. 3, 2015.

A. G. Nigara and Y. Primadiyono, “Analisis Aliran Daya Sistem Tenaga Listrik pada Bagian Texturizing di PT Asia Pasific Fibers Tbk Kendal menggunakan Software ETAP Power Station 4 . 0,” vol. 7, no. 1, 2015.




DOI: https://doi.org/10.29103/jee.v11i2.9299

Article Metrics

 Abstract Views : 146 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rizky Ananda, Andik Bintoro, Muhammad Daud

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats