REDESAIN SISTEM PENCAHAYAAN BUATAN PADA LAPANGAN SEPAK BOLA UNIVERSITAS MALIKUSSALEH BERBASIS DIALUX
Abstract
Indonesia merupakan salah satu negara dengan penggemar sepak bola terbanyak nomor 2 di dunia. umumnya pertandingan sepak bola di Indonesia dilaksanakan pada siang hari namun, pertandingan sepak bola dapat dilaksanakan pada malam hari. Pencahayaan (iluminasi) adalah kepadatan berkas cahaya yang menerangi suatu permukaan. Pencahayaan dapat didefinisikan sebagai jumlah dari cahaya yang jatuh pada sebuah bidang objek permukaan. Pencahayaan terdiri atas pencahayaan alami dan pencahayaan buatan. Lapangan sepak bola Universitas Malikussaleh merupakan lapangan utama atau lapangan inti dari kampus. Pengamatan yang telah dilakukan pada lapangan sepak bola Universitas Malikussaleh diketahui bahwa sistem pencahayaan pada lapangan sepak bola Universitas Malikussaleh sudah tidak beroperasi. Metodologi pada penelitian ini berupa eksperimen, yaitu dengan cara melakukan pemodelan kembali sistem pencahayaan buatan lapangan sepak bola Universitas Malikussaleh dengan software DIALux. Lampu yang digunakan yaitu, Philips ArenaVision MVF-403 MHN-LA1000W/230V/956 A1 dan lampu Panasonic NYS12837LF2031 LED Light Stadium. Simulasi redesain sistem pencahayaan buatan lapangan sepak bola Universitas Malikussaleh dilakukan dengan menggunakan software DIALux. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu, konsumsi energi listrik lampu Philips ArenaVision MVF403 MHN-LA1000W/230V/956 A1 dalam sekali pertandingan sebesar 90,56 KWh dan total lumen yang dihasilkan sebesar 5.040.000 lumen. Untuk lampu Panasonic NYS12837LF2031 LED Light Stadium sebesar 57,82 KWh dalam sekali pertandingan. dan lumen lampu yang dihasilkan sebesar 5.760.000 lumen. berdasarkan hasil simulasi, kedua jenis lampu yang digunakan sudah sesuai dengan SNI 03-3647-1994, untuk lapangan pertandingan dibutuhkan minimal 300 lux.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
T. Scotsman, “Sepak bola,” wikipedia, 2023. https://id.wikipedia.org/wiki/Sepak_bola#Sejarah.
V. Adriani and D. Irwandy, “Opini Publik Tentang Penggunaan Teknologi Video Asisten Wasit Sebagai Solusi Kompetisi Liga 1 Sepak Bola Indonesia,” LUGAS J. Komun., vol. 4, no. 2, pp. 49–53, 2020, doi: 10.31334/lugas.v4i2.1218.
L. Psp and M. Dialux, “Perancangan penerangan lampu buatan lapangan psp menggunakan dialux 4.13,” 2022.
Departemen Pekerjaan Umum Yayasan LPMB Bandung, “Tata Cara Perencanaan Teknik Bangunan Gedung Olahraga Departemen Pekerjaan Umum,” Yayasan LPMB, Bandung, p. 28, 1994.
A. F. A. Ghaffar, K. Karnoto, and A. Nugroho, “Perancangan Sistem Pencahayaan Buatan Pada Lapangan Stadion Universitas Diponegoro Dengan Menggunakan Dialux 4,” Transient, vol. 6, no. 3, p. 301, 2017, doi: 10.14710/transient.6.3.301-307.
F. R. Anggara, J. T. Elektro, F. T. Industri, and U. I. Indonesia, “Perancangan Sistem Pencahayaan Buatan Pada Lapangan Sepak Bola Universitas Islam Indonesia,” 2021.
R. Peraturan and S. Bola, “Peraturan Sepakbola Standar Dari Fifa,” 2016.
T. Akhir et al., “Perencanaan Penerangan Pada Gedung Baru Dekanat Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh,” 2023.
FIFA, “FIFA Lighting Guide S tandards , requirem ents and guidance for pitch illum inance s y s tem s at FIFA tournam ent s tadium s and training s ites Vers ion Control,” 2020.
S. Teknik, E. V. A. Risti, J. Teknik, E. Fakultas, and U. Malikussaleh, Rancang Bangun Sistem Monitoring Energi Listrik Pada Gedung Laboratorium Teknik Elektro Berbasis Internet Of Things ( Iot ) Tugas Akhir. 2021.
R. Rudini, E. Priatna, and I. Usrah, “Analisis Pencahayaan Penerangan Jalan Umum Di Jalan Tol Kabupaten Pangandaran Dan Peluang Hemat Energi,” J. Energy Electr. Eng., vol. 3, no. 1, 2021, doi: 10.37058/jeee.v3i1.2693.
P. Ferschin, M. Di Angelo, and G. Suter, “Exploring the Potential of Game Engines for Real-Time Light Simulation,” pp. 499–504, 2009.
DOI: https://doi.org/10.29103/jee.v13i1.14580
Article Metrics
Abstract Views : 58 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 22 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ilham Amiruddn
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats