FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBELIAN LOGAM MULIA DI PT PEGADAIAN SYARIAH BLANG PIDIE ACEH BARAT DAYA
Abstract
PT.Pegadaian Syariah Blang Pidie merupakan sebuah lembaga keuangan yang menawarkan investasi emas batangan dalam bentuk logam mulia baik secara cash maupun angsuran. Maka salah satu tujuan dari penulisan jurnal ini adalah untuk mengetahui tentang faktor apa saja yang mempengaruhi keinginan masyarakat dalam pembelian logam mulia. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif yaitu suatu penelitian dengan metode pengumpulan data di lapangan, menganalisa dan menarik kesimpulan dari data tersebut. Hasil analisa menunjukan bahwa ada banyak faktor yang mempengaruhi pembelian logam mulia di PT.Pegadaian Syariah Blang Pidie, namun yang menjadi poin penting dalam hal mempengaruhi minat pembelian logam mulia tersebut adalah faktor kualitas pelayanan, faktor lokasi usaha, faktor promosi dan faktor penggunaan sistem syariah, yang mana dengan pengaruh empat faktor tersebut membuat minat dan pembelian logam mulia semakin meningkat setiap tahunnya.
Keywords:
Faktor-Faktor, Mempengaruhi, Pembelian, Logam Mulia
Full Text:
PDFReferences
T. Suharto Frento, 2013, Harga Emas Naik atau Turun Tetap Untung, PT.Alex Media Komputindo, Jakarta.
Suharso, 2016, Marketing In Practice, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Armstrong G dan Kotler P, 2014, Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 Edisi 13, Erlangga, Jakarta.
Agus Harjito dan Martono, 2015, Manajemen Keuangan, Cet 1, Edisi Kedua, Ekonesia, Yogyakarta.
Joko Salim, 2011, Jangan Investasi Dinar Sebelum Baca Buku ini, Visi Media, Jakarta.
Sunariyah, 2013, Pengantar Pengetahuan Pasar Modal, UPP SIMYKPN, Yogyakarta.
Rizka Abdillah, Mukhlis M Nur, Devi Andriyani, 2021,Analisis Pengaruh Pendapatan Bank Syariah dan pendapatan bank konvensional terhadap Profitabilitas Bank (Studi Kasus Pada Bank BRI Syariah dan Bank BRI Umum), Jurnal ekonomika Indonesia volume 10 no 2 2021, DOI : 10.29103/ekonomika.v10i2.6046
Purnomo Serfianto D., dkk, 2013, Buku Pintar Investasi & Gadai Emas, PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.29103/ekonomika.v11i1.7685
Article Metrics
Abstract Views : 405 timesPDF Downloaded : 9 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL EKONOMIKA INDONESIA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.