PENGARUH KENAIKAN TARIF DASAR LISTRIK DAN MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT PLN-PERSERO (Studi kasus DesaBanda Masen kec. Banda Sakti Kota Lhokseumawe)

AMIYA RADA WASNI YANTI, Ratna Ratna

Abstract


Hasil penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kenaikan tarif dasar listrik dan mutu pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT PLN (Persero) di Desa Banda Masen Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yang bersumber dari 88 responden. Metode penelitian yang digunakan mengunakan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial Kenaikan Tarif Dasar Listrik dan Mutu Pelayanan berpengaruh secara positif terhadap kepuasan pelanggan pada PT PLN (persero) di Desa Banda Masen Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe dan secara bersama-sama juga bepengaruh secara signifikan terhadap variabel kenaikan Tarif Dasar Listrik dan Mutu Pelayanan pada PT PLN (persero) di Desa Bamda Masen Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe.

Keywords


Kenaikan Tarif Dasar Listrik, Mutu Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Aris, B. (2016). Pengaruh Biaya Pelayanan dan mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan, 14(1), 16–23.

Isdinarmiati, T. R. I. (2011). Dampak Negatif Terhadap Perekonomian Indonesia.

Jumilah, J., Andriyani, D., & Nailufar, F. (2021). Pengaruh Inflasi Dan Produk Domestik Regional Bruto (Pdrb) Sektor Pertanian Terhadap Nilai Tukar Petani Di Provinsi Aceh Tahun 2008-2019. Jurnal Ekonomi Pertanian Unimal, 4(1), 9. https://doi.org/10.29103/jepu.v4i1.3787

Malawat, M. S., Umar, M., Putra, M., Asahan, U., Al, U., & Medan, A. (2016). Kajian kebijakan tarif listrik pemerintah terhadap konsumen listrik ditinjau dari tingkat pendapatan masyarakat di kabupaten asahan, 6, 141–148.

Ramadlana, R. L. (n.d.). Analisis Perbedaan Kualitas Pelayanan Listrik Pascabayar dan Listrik Prabayar terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT PLN ( Persero ) Area Ciputat, VII(3), 184–199.

Riau, P. P. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelayanan Pt . Pln. Fisip, 1–9.

Surabaya, S. (2009). ANALISIS, 14(110), 330–349.

Wiharja, Y. T., & Natalia, C. (2013). Dampak Kenaikan Tarif Dasar Listrik Terhadap Institusi Rumah Tangga di Indonesia dengan Model Computable General Equilibrium (Vol. 14).

Zamora, R., Pelanggan, K., & Pendahuluan, I. (n.d.). Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Pembayaran Rekening Listrik B ’ Right Pt . Pln Batam Pada Unit Pelayanan Batam Centre ” ., 1–19.




DOI: https://doi.org/10.29103/ekonomika.v12i2.14466

Article Metrics

 Abstract Views : 257 times
 PDF Downloaded : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 AMIYA RADA WASNI YANTI, Ratna Ratna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.