ANALISIS PERILAKU KONSUMERISME MASYARAKAT PADA DISKON BELANJA ONLINE PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE

Shinta Nur Haliza, Muhammad Alhada Fuadilah Habib

Abstract


The purpose of this study is to find out how consumer behavior affects discounts for Shopee customers who make online purchases. Information technology is developing rapidly, and this has an impact on various people's lives, including internet-based companies. As a result, business people, especially those in the e-Commerce sector, have a fantastic opportunity to expose the market through buying and selling goods online. With the help of a larger network of business partners, e-Commerce now includes all procedures for development, marketing, sales, delivery, service and consumer payments. One of them is the Shopee E-Commerce site which offers the sale of goods and services online so that everyone can do business and compete at a low cost. Therefore, many people are tempted or interested in online shopping using Shopee E-Commerce.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen mempengaruhi diskon bagi pelanggan Shopee yang melakukan pembelian secara online. Teknologi informasi berkembang pesat, dan hal ini berdampak pada berbagai kehidupan masyarakat, termasuk perusahaan berbasis internet. Alhasil, para pelaku bisnis, khususnya yang bergerak di bidang e-Commerce, memiliki peluang fantastis untuk mengekspos pasar melalui pembelian dan penjualan barang secara online. Dengan bantuan jaringan mitra bisnis yang lebih besar, e-Commerce kini mencakup semua prosedur pengembangan, pemasaran, penjualan, pengiriman, layanan, dan pembayaran konsumen. Salah satunya adalah situs e-Commerce Shopee yang menawarkan penjualan barang dan jasa secara online sehingga setiap orang dapat berbisnis dan bersaing dengan biaya yang murah. Oleh karena itu banyak masyarakat yang tergiur atau tertarik untuk belanja online dengan menggunakanne-Commere Shopee.


Keywords


Perilaku Konsumerisme, Diskon Belanja Online, e-Commerce Shopee

Full Text:

PDF

References


Amani, N. K. (2022). Survei: Shopee Jadi E-commerce Paling Diminati di Indonesia. Liputan 6.Com. https://www.liputan6.com/bisnis/read/5049331/survei-shopee-jadi-e-commerce-paling-diminati-di-indonesia

Anggraini, R. T., & Santhoso, F. H. (2019). Hubungan Antara Gaya Hidup Hedonis Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 3(3), 131. https://doi.org/10.22146/gamajop.44104

Bakti, I. S., Nirzalin, & Alwi. (2019). Konsumerisme dalam Perspektif Jean Baudrillard. Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi), 13(2), 147–166. https://doi.org/10.24815/jsu.v13i2.15925

Baudrillard, J. (1998). The Consumer Society Myths and Structures. SAGE Publication.

Bernadi, J. (2013). Aplikasi Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web pada Toko Velg YQ. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 4(2), 731–741. https://doi.org/10.21512/comtech.v4i2.2504

Devica, S. (2016). Pengaruh Harga Diskon Dan Persepsi Produk Terhadap Nilai Belanja. BIP’S :Jurnal Bisnis Perspektif, 7(1), 27–44. https://doi.org/https://doi.org/10.37477/bip.v7i1.269

Ghristian, I. D. (2016). Pengaruh Harga Diskon, Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Iklan Terhadap Minat Beli Celana Jeans Levi’s Di Surabaya. Journal of Business & Banking, 5(2), 319–336. https://doi.org/10.14414/jbb.v5i2.710

Haerulah, E., & Ismiyatih, S. (2017). Aplikasi E-Commerce Penjualan Souvenir Pernikahan Pada Toko “ XYZ .” Jurnal Prosisko, 4(1), 43–47. https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/146

Hermawan, H. (2017). Sikap Konsumen Terhadap Belanja Online. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(1), 136–147. https://doi.org/10.32509/wacana.v16i1.6

Huda, B., & Priyatna, B. (2019). Penggunaan Aplikasi Content Management System (CMS) Untuk Pengembangan Bisnis Berbasis E-commerce. Systematics, 1(2), 81–88. https://doi.org/10.35706/sys.v1i2.2076

James. (2015). Solusi Pencegahan Permasalahan Moralitas dalam Masyarakat. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA), 3(2), 199. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31289/jppuma.v3i2.905

Juniar, A. M., & Jusrianti. (2021). Belanja Online di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Ibu-ibu Rumah Tangga di Kota Makassar. Juenal Emik, 4(1), 37–51. https://doi.org/https://doi.org/10.46918/emik.v4i1.850

Kusnawan, A., Diana, S., Andy, & Tjong, S. (2019). Pengaruh Diskon pada Aplikasi e-Wallet terhadap Pertumbuhan Minat Pembelian Impulsif Konsumen Milenial di Wilayah Tangerang. Sains Manajemen, 5(2), 137–160. https://doi.org/10.30656/sm.v5i2.1861

Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku Konsumtif di Kalangan Remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 1–6. https://doi.org/10.29210/3003210000

Musanna. (2016). Analisis Pengaruh Perilaku Konsumtif Mahasiswa Terhadap Belanja Online (Studi Kasus Belanja Mahasiswa Menggunakan Media Sosial di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala). Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 3(2), 224–236. http://www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP/article/view/7394

Nagadeepa, C., Selvi, J. T., & A., P. (2015). Impact of Sale Promotion Techniques on Consumer’s Impulse Buying Behaviour towards Apparels at Bangalore. 4(1), 116–124. https://www.researchgate.net/publication/%0A331917332_Impact_of_Sale_Promotion_%0ATechniques_on_Consumers’_Impulse_Bu%0Aying_Behaviour_towards_Apparels_at_Ba%0Angalore

Nisrina, D., Widodo, I. A., Larassari, I. B., & Rahmaji, F. (2020). Dampak Konsumerisme Budaya Korea (KPOP) Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Jurnal Penelitian Humaniora, 21(1), 78–88. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/humaniora.v21i1.8085

Octaviana, R. (2020). Konsep Konsumerisme Masyarakat Modern dalam Kajian Herbert Marcuse. Jaqfi: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam, 5(1), 121–133. https://doi.org/10.15575/jaqfi.v5i1.6267

Pertiwi, D., Sejati, F. R., & Prasetianingrum, S. (2020). Analisis Kesuksesan Sistem E-Commerce Yang Berpartisipasi Pada HARBOLNAS. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 6(2), 237–252. https://doi.org/10.34203/jimfe.v6i2.2610

Prastiwi, I. E., & Fitria, T. N. (2020). Budaya Hedonisme dan Konsumtif dalam Berbelanja Online Ditinjau dari Perpektif Ekonomi Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 731–736. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1486

Rachmatunnisa. (2022). Indonesia Juara Se-Asia Tenggara Belanja Online dari HP. Detik.Com. https://inet.detik.com/cyberlife/d-6221485/indonesia-juara-se-asia-tenggara-belanja-online-dari-hp

Rohman, A. (2016). Budaya Konsumerisme dan Teori Kebocoran di Kalangan Mahasiswa. KARSA: Jurnal Sosial Dan Budaya Keislaman, 24(2), 237–253. https://doi.org/10.19105/karsa.v24i2.894

Sahanaya, G. A. (2021). Analisis Perilaku Konsumtif Mahasiswa Sebagai Dampak Perkembangan E-commerce di Indonesia. Proceeding Teknologi Pendidikan Seminar Daring Nasional 2021: Digital Generation For Digital Nation, 1(8), 126–131.

Silalahi, Y., Mesran, Zebua, T., & Suginam. (2017). Penerapan The Extended Promethee II (EXPROM II) Untuk Penentuan Produk Diskon. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), 1(1), 57–63.

Susilawati, A. D., & Fr, D. A. (2018). Dampak Perilaku Konsumen Terhadap Penggunaan Akses Situs On-Line Shop (Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Universitas Pancasakti Tegal). Capital, 1(2), 148–161. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/capital.v1i2.2321

Wening, S. (2015). Membentengi Keluarga Terhadap Budaya Konsumersime dengan Nilai-Nilai Kehidupan dalam Pendidikan Konsumen. Jurnal Keluarga, 1(1), 62–75. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/keluarga.v1i1.567

Yulistia, Y. (2017). Analisis Pengaruh Efektivitas Dan Manfaat E-Commerce Terhadap Sikap Dan Perilaku Pengguna Dengan Menggunakan Metode TAM (Studi Kasus: UKM Kota Palembang). JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 4(1), 93–100. https://doi.org/10.35957/jatisi.v4i1.91




DOI: https://doi.org/10.29103/jsds.v8i2.8971

Article Metrics

 Abstract Views : 1551 times
 PDF Downloaded : 108 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Sosiologi Dialektika Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh: Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh

REDAKSI JURNAL SOSIOLOGI DIALEKTIKA SOSIAL

Gedung Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah, Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia.

Email: jurnalsosiologi@unimal.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats