PREFERENSI DALAM MEMILIH HUNIAN PASCA PANDEMI BERDASARKAN PARAMETER IDEAL HOUSING DI TANGERANG

Yosephine Sitanggang

Abstract


Meningkatnya jumlah penduduk dan semakin berkembangnya kegiatan perekonomian di kota besar mengakibatkan semakin meningkat kebutuhan akan tempat tinggal. Hunian merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Seiring berjalannya waktu, rumah tidak hanya berfungsi untuk memenuhi kebutuhan dasar tetapi juga berfungsi sebagai suatu investasi. Hal ini menimbulkan adanya preferensi dari diri konsumen dalam menentukan hunian mereka. Penelitian dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen dalam memilih hunian mereka khususnya produk properti rumah tinggal bagi kalangan menengah di kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner yang disebar melalui google form dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan parameter ideal housing. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi bahan masukan atau referensi dalam merancang maupun menyediakan arsitektur yang berkelanjutan (sustainable) yang tepat sesuai dengan preferensi konsumen dalam memilih hunian. Berdasarkan hasil penelitian terdapat tiga variabel penting dalam memilih hunian mereka yaitu lokasi, keamanan, dan status kepemilikan. Mayoritas responden memilih lokasi tinggal di pinggiran kota dimana mereka dapat menghindari kepadatan penduduk di kota. Keamanan berkaitan dengan rasa aman yang merupakan kebutuhan dasar manusia sebelum manusia dapat beraktivitas. Dari status kepemilikan, mayoritas responden memilih status kepemilikan hak milik bangunan.

Keywords


Housing Preferences; Hunian; Landed House; Kalangan Menengah

References


BPS Tangerang, Laporan Akhir Kegiatan Penyusunan Kebijakan Strategi Sanitasi Kota Tangerang, Tangerang, Indonesia: Badan Pusat Statistik, 2014.

Wardhani, W., et.al., “Pengaruh Persepsi dan Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Hunian Green Product,” Jurnal Manajemen dan Organisasi IPB, vol. VI, no. 1, pp. 45-63, 2015.

Sitanggang, Y., “Consumer Preferences in Choosing Middle Class Housing in Tangerang,” Lakar: Jurnal Arsitektur, vol. 6, no. 2, pp. 144-158, 2023.

Romdhani, D. R., “Disain Apartemen dalam Bisnis Real Estate” Master Thesis, Universitas Indonesia, Depok, Indonesia, 2014.

Kotler, P., Armstrong, G., Prinsip-Prinsip Pemasaran, 12th ed. Jakarta: Airlangga, 2008.

Aninda, N., “Pandemi Mengubah Kebutuhan Desain Hunian” Accessed: Jul 08, 2023. [Online]. Retrieved from Bisnis Lifestyle: https://lifestyle.bisnis.com/read/20200603/219/1248090/pandemi-mengubah-kebutuhan-desain-hunian.

Rapoport, A., Human Aspects of Urban Form. Oxford: Pergamon Press, 1977.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: CV. Alfabeta, 2018.

Arikunto, S., Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta: 2006.

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: CV. Alfabeta, 2004.

Gay, L., & Diehl, P., Research Methods for Business and Management. New York: Macmillan Publishing Company, 1992.

Champion, D., Basic Statistics for Social Research. New York: Department of Sociology, University of Tennessee, 1981.

Bainana, B. P., et.al., “Identifikasi Preferensi Konsumen dalam Minat Beli Rumah dengan Pendekatan Decision Tree – Studi Kasus: Perumahan Permata Indah Bangkalan,” Jurnal Teknik Industri, vol. 1, no.1, pp. 54-57, 2013.

Tambunan, D. B., “Atribut yang Menjadi Pertimbangan Konsumen dalam Membeli Produk Perumahan,” Integritas Jurnal Manajemen Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 141-153, 2009.

Brahmanto, Y., “Pengaruh Karakteristik Pembeli terhadap Faktor-Faktor Pembelian Unit Rumah di Perumahan Graha Famili” Master Thesis, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya, Indonesia, 2011.

Agustinus, P., & Sugiarto, Y., “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Membeli Rumah (Studi Kasus di Perumahan Bukit Semarang Baru, Semarang)” Undergraduate Thesis, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia, 2010.

Puspitasari, P., & Sodikin, R., “WFH and LFH phenomenon: Redefined active and passive space in residential,” in Proceedings of the First International Seminar Social Science, Humanitites and Education, ISSHE 2020, 25 November 2020, Kendari, Southeast Sulawesi, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.25-11-2020.2306754.

Assael, H., Consumer Behavior and Marketing Action, 4th ed. Boston: PWS-KENT Publishing Company, 1992.

Kotler, P., Amstrong, G., Prinsip-Prinsip Pemasaran, 12th ed. Jakarta: Erlangga, 2006.

Levitt, D., & McCafferty, J., The Housing Design Handbook: A Guide to Good Practice. Abingdon, Oxon: Routledge, 2019.




DOI: https://doi.org/10.29103/arj.v11i2.16343

Article Metrics

 Abstract Views : 70 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yosephine Sitanggang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



Indexed in:

DOAJ  Sinta 4  Portal Garuda  Crossref logo   Google Scholar   Dimension  statcounter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:
Architecture Program
Universitas Malikussaleh