OVERALL THERMAL TRANSFER VALUE Studi Kasus : Ruang Kuliah III Pada Program Studi Arsitektur Universitas Malikussaleh

Muhammad Iqbal

Abstract


Sistem tata udara menggunakan 50-70% energi dari seluruh energi listrik yang digunakan dalam bangunan perkantoran. Beban internal dari gedung internal, yaitu beban yang ditimbulkan oleh lampu, penghuni dan peralatan lain yang menimbulkan panas dan beban eksternal yaitu panas yang masuk dalam bangunan yang diakibatkan oleh radiasi matahari, konduksi dan ventilasi / infiltrasi melalui selubung bangunan. Untuk mengurangi beban eksternal, SNI 03-6389-2000 menentukan kriteria disain yaitu Keseluruhan Thermal Transfer Value (OTTV) harus lebih kecil atau sama dengan 45 Watt / m². Untuk memudahkan perencanaan dalam mendukung konservasi energi, penelitian ini berusaha mencari Window to Wall Ratio (WWR) yang dapat memenuhi OTTV yang diperlukan. Studi dilakukan pada salah satu ruang kuliah sederhana di Prodi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh. Hasil penelitian ini menunjukkan WWR lebih kecil atau sama dengan 0,30 menghasilkan nilai OTTV memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh SNI 03-6389-2000.

Keywords


OTTV, WWR, energi, U value, K Value

Full Text:

PDF

References


. Badan Standarisasi Nasional. Konservasi energi selubung bangunan pada bangunan gedung. SNI 03-6389-2000, Jakarta, Indonesia. 2000.

. Loekita, S. Analisis konservasi energi melalui selubung bangunan pada bangunan gedung perkantoran di Jakarta, Tesis No.01000082/ MTS/2005, Program Pascasarjana Teknik Sipil UK Petra Surabaya, 2005.

. Sumendap, J. Analisis beban pendinginan untuk perancangan sistem air conditioning pada bangunan perkantoran di Jakarta. Tesis no.045/MTS Program Pascasarjana UK Petra, Surabaya. 2002.

. Soegijanto. Standar tata cara perancangan konservasi energi pada bangunan gedung. Seminar Hemat Energi dalam Bangunan, 8 April 1993. FT Arsitektur, UK Petra, Surabaya. 1993.

. ASHRAE Handbook: Fundamentals, American Society of Heating Refrigerating and Air Conditioning Engineers, Inc.Atlanta, 1993.




DOI: https://doi.org/10.29103/arj.v5i5.1227

Article Metrics

 Abstract Views : 398 times
 PDF Downloaded : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Muhammad Iqbal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



Indexed in:

Crossref logo  Portal Garuda   Google Scholar      Dimension

Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:
Architecture Program
Universitas Malikussaleh