KAJIAN PERTUMBUHAN PERMUKIMAN NELAYAN DESA BLANG GEULUMPANG KABUPATEN ACEH TIMUR (STUDI KASUS: DUSUN PANTAI DESA BLANG GEULUMPANG)

Cut Azmah Fithri

Abstract


Sebagai Negara kepulauan Indonesia memiliki daerah pantai yang sangat luas. Diperkirakan 60% penduduk Indonesia hidup dan bermukim di daerah pantai. Dari 64.439 desa di Indonesia, terdapat 4.735 desa yang dapat dikategorikan sebagai desa pantai. Bahkan, masyarakat yang bermukim di wilayah kota pantai sudah mencapai sekitar 100 juta orang. Aktifitas ekonomi di daerah pantai dan laut memberikan kontribusi sebesar 24% pada produk domestik bruto. Di daerah pantai terdapat berbagai macam kegiatan, seperti industri, permukiman, tambak, nelayan, perdagangan, transportasi, pelabuhan, dan rekreasi.Permukiman nelayan Desa Blang geulumpang yang berada di muara Krueng Idi telah melangsungkan kehidupannya sejak masa lalu. Diawali dengan kedatangan keturunan Tionghoa, pendudukan tentara Belanda sampai tiba penduduk nelayan pendatang yang menjadi penduduk asli di permukiman nelayan desa BlangGeulumpang. Pola pertumbuhan terbentuk karena dekat dengan perairan, tambatan kapal/perahu, dermaga dan TPI. Tujuan penelitian ini mengidentifikasi pola permukiman nelayan dan faktor-faktor apa yang mempengaruhi pertumbuhan permukiman nelayan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kausal komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pertumbuhan analisa fisik dan non fisik permukiman nelayan Dapat disimpulkan bahwa pola permukiman nelayan Dusun Pantai desa Blang Geulumpang memanjang mengikuti alur jalan desa dan faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu kemudahan dalam menempati dan memiliki lahan, sarana air bersih, sarana listrik, adanya kekerabatan yang erat karena perkawinan dan satu pekerjaan yaitu nelayan, tingkat pendidikan yang lebih baik dan penghasilan yang sudah meningkat. Peningkatan pelabuhan selain untuk jual beli ikan juga dapat menjadi tempat wisata dan penelitian.


Keywords


Pertumbuhan, permukiman nelayan, pola permukiman,desa, blang geulumpang, pantai

Full Text:

PDF

References


Bahri, Samsul, 1998, Kajian Pembentukan dan Pertumbuhan Permukiman Nelayan di Desa Teuk Pandeglag Jawa Barat,Tesis: Fakultas Teknik Institut Teknologi Bandung.

Baros, Paul, 1978, “Analysis of Housing Production Systems”, makalah seminar Improving Low Income Resiential Areas in Cities of South Asia, Bandung.

Budihardjo, Prof. Ir. Eko,(1991), Tata Ruang Perkotaan, Penerbit PT. Alumni, Bandung.

Doxiadis, Constantinos A. 1968, An Introduction To The Science Of Human Settlements-Ekistics, London: Hutchinson of London. Fakultas Teknik sipil UGM, Teori Pelabuhan, Penerbit Kelompok Mahasiswa Teknik Sipil, Yogyakarta, 1984.

Halim,D. Kurniawan. 2008. Psikologi Lingkungan Perkotan. Jakarta: Bumi Aksara. Khomarudin. 1997, Menelusuri Pembangunan Perumahan dan Permukiman, Jakarta: Yayasan Real Estate Indonesia, PT. Rakasindo, Jakarta.

Kusnadi. 2009. Keberdayaan Nelayan dan Dinamika Ekonomi Pesisir. Jogyakarta: Ar-ruzz Media. Kuswartojo, Tjuk, dkk.,(2005). Perumahan dan Pemukiman di Indonesia, Penerbit ITB, Bandung. Kostof, Spiro. 1991. City Shaped; Urban Patern And Meanings Tough History, Thames and Hudson, LTD London.

Nazir, Muhammad, (1988), Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia. Noberg-Schulz, Christian, 1984, The Cocept od Dwelling, New York: Electe/Rizzoli

Rapoport, Amos, (1969). house Form and Culture, Prentice-Hall Inc, Engelwood Cliffs, N.J. London.

Riduwan. 2005. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula, Bandung : Alfabeta.

Ridlo, Mohamad Agung, 2001, Kemiskinan di Perkotaan, UNNISULA PRESS, Semarang.

Subri, M. 2005. Ekonomi Kelautan. Jakarta : Raja Grafindo Persada. Silas, Johan, 1985, Perumahan dan Permukiman. Surabaya : Jurusan Arsitektur, FTSP-ITS.

Suryabrata, sumandi, 2006, Metodologi Penelitian . PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta. Suprijanto, 2000, Strategi Pembangunan dan Kemiskinan, Jakarta: Rhineka Cipta.

Taylor, Lee. 1980. Urbanized Society. Goodyear Publishing Company, Inc. Santa Monica, California.

Turner,Jhon, (1972),Housing By People,Marion Boyars, London.




DOI: https://doi.org/10.29103/arj.v2i2.1223

Article Metrics

 Abstract Views : 571 times
 PDF Downloaded : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Cut Azmah Fithri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



Indexed in:

Crossref logo  Portal Garuda   Google Scholar      Dimension

Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:
Architecture Program
Universitas Malikussaleh